Memahami Pengertian dan 7 Fungsi Internet Bagi Pengguna

3 min read

Pengertian dan fungsi internet

Informasi umum mengenai pengertian dan fungsi internet memang sudah banyak diketahui oleh orang. Sayangnya tidak sedikit juga di antara mereka justru masih awam akan istilah satu ini. Tentu hal ini cukup disayangkan karena menjadikan teknologi ini kurang dimanfaatkan dengan baik.

Pengertian Internet

Internet ialah suatu jaringan komunikasi yang berfungsi untuk menghubungkan satu media elektronik dengan yang lainnya. Sementara standar teknologi pendukung akan menggunakannya secara global, yakni berupa TCP/ IP yakni Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite.

Sedangkan TCP/ IP ini ialah protokol jaringan yang berfungsi sebagai pertukaran paket yang dalam istilah asingnya disebut dengan Switching Communication Protocol. Sistem ini dapat digunakan bagi miliaran pengguna di seluruh dunia. Sementara itu, istilah mengenai internetworking yaitu cara dan proses untuk menghubungkan internet.

Banyak sektor di dunia yang sudah memanfaatkan adanya internet. Teknologi canggih ini tidak jarang justru memisahkan orang-orang dengan teman dekatnya. Anda bisa melihat contoh kecilnya ketika seorang pengunjung café bertanya password Wi-Fi daripada menghabiskan waktu bersama keluarga.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Ada beberapa pendapat ahli yang menjelaskan mengenai pengertian internet ini. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi untuk memahami lebih terkait definisinya sehingga akan paham sebelum menggunakannya dengan baik. Berikut ulasannya:

1. Supriyanto, 2006

Supriyanto (2006) menyampaikan bahwa internet merupakan sebuah hubungan antar berbagai jenis komputer serta jaringan di dunia dimana memiliki sistem operasi sekaligus aplikasi yang beragam jenisnya. Hubungan ini akan memanfaatkan kemajuan perangkat telekomunikasi seperti telepon.

Baca juga : fungsi switch dalam jaringan komputer

Tidak hanya telepon, namun juga menggunakan perangkat berupa satelit untuk menerapkan protokol standar guna melakukan hubungan selama berkomunikasi. Hal ini berkaitan dengan TCP dan IP yakni Transmission Control atau Internet Protocol.

3. Harjono, 2009

Sementara pendapat menurut Harjono menjelaskan bahwa internet merupakan kumpulan dari berbagai komputer yang jumlahnya sangat banyak. Bahkan sampai mencapai jutaan perangkat untuk digunakan secara bersamaan. Beberapa PC ini saling terhubung dan terkoneksi satu sama lain.

Komputer yang saling terhubung satu sama lain ini memerlukan adanya media untuk bisa menghubungkannya. Biasanya, digunakan dalam bentuk kabel, serat optic, sambungan telepon, atau juga satelit.

3. Drey Heywood, 1996

Pendapat lain dari Drey Heywood (1996) menyampaikan bahwa internet merupakan istilah teknologi yang awalnya muncul di akhir tahun 1960-an terutama I masa DOD atau United States Department of Defense. Kala itu sedang memakai standar baru untuk melakukan komunikasi berupa internetworking.

Standar baru ini harus berupa standar yang sanggup untuk menghubungkan berbagai jenis komputer pada DoD tersebut khususnya pada komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian maupun Lembaga di universitas guna mengadakan karya ilmiah. Jaringan ini harus dirancang secara kuat.

Fungsi-fungsi Internet

Saat ini internet bisa dikatakan mampu memenuhi kebutuhan primer manusia karena digunakan oleh sebagian besar dari mereka. Hal ini dilakukan mulai dari hal kecil sampai rumit sekalipun sehingga bisa dapat dikendalikan atas bantuan dari jaringan canggih tersebut. Lantas apa saja fungsinya?

1. Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan dan Wawasan di bidang Pendidikan

Sangat bertolak belakang dengan masa lalu, hanya sebagian kecil orang yang mempunyai akses baik untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan. Hal ini karena zaman dahulu hanya bisa diperoleh dari sekolah lokal saja sehingga harus memerlukan usaha besar untuk dapat bersekolah.

Lain halnya dengan zaman sekarang, dimana kebanyakan orang kini sudah bisa menggunakan internet untuk memudahkan segala kebutuhan mereka. Salah satunya yakni keperluan para pelajar untuk mendapatkan berbagai jawaban dan wawasan baru ketika sedang kesulitan memahami pelajaran.

2. Memudahkan Proses Pelaksanaan Akademik

Internet tidak hanya berfungsi di bidang komunikasi atau hiburan saja, melainkan sudah memiliki fungsi tersendiri untuk pelaksanaan akademik. Banyak tenaga pengajar maupun pelajar bisa memakainya guna memudahkan pengaturan sistem pendidikan sehingga dapat diurus dari mana saja dan kapanpun

Hal ini bisa dilihat contoh kecilnya dari proses penerimaan peserta didik baru. Mereka tidak harus datang langsung ke sekolah melainkan hanya perlu mengisi dokumen secara online sesuai dengan instruksi yang sudah diberikan. Ada banyak hal yang sudah dilakukan seperti rekrut pegawai dan ujian.

3. Menghemat Waktu dan Biaya

Tentu fungsi satu ini tidak sepenuhnya disadari oleh banyak orang sehingga mereka hanya mendapat efek negatif dari internet saja. Menariknya lagi, penggunaan teknologi canggih ini mampu digunakan untuk berkomunikasi dan mengurus berbagai hal khususnya pada segi kepraktisannya.

Internet yang Anda gunakan bisa berfungsi untuk menghemat waktu sekaligus biaya. Pasalnya mampu mengirim dokumen dan data lain dalam waktu singkat. Lain halnya apabila harus menggunakan jasa kurir pengiriman untuk mengantarkan surat penting dimana memerlukan selama beberapa hari.

4. Untuk Menjaga Keamanan Warga dalam Naungan Pemerintah

Tidak hanya berfungsi untuk perorangan saja, internet ini juga memiliki fungsi hingga mencakup kawasan yang cukup luas bahkan negara. Masyarakat bisa menggunakan berbagai macam fasilitas di bawah beberapa aturan pemerintah namun masih akan tetap terjaga keamanannya.

Pemerintah nyatanya mempunyai tanggung jawab penuh untuk mensejahterakan warga di dalam suatu negara. Jadi manfaat internet dalam cakupan daerah negara ini bisa dikatakan akan lebih fokus kepada kemudahan akses publik guna menjaga keamanan dan privasi, misal saja seperti pemantauan CCTV.

5. Efektif untuk Memudahkan Jalannya Usaha atau Bisnis

Internet mempunyai manfaat yang cukup besar atau biasa dikenal dengan istilah internet of things. Artinya yaitu konsep baru ini berguna untuk memperluas fungsi sekaligus manfaat dari jaringan tersebut dimana telah terhubung dalam waktu lama. Hal ini berkaitan dengan segala aspek lewat media virtual.

Fokus utama dari adanya internet of things ini telah mencakup hampir keseluruhan aspek di dalam kehidupan yang sifatnya nyata. Misalnya saja di bidang usaha atau bisnis. Misalnya pemilik UKM bisa mengiklankan produk melalui situs web sekaligus berinteraksi secara mudah dengan calon konsumen.

6. Memperluas Lingkup Pertemanan dan Relasi

Fungsi internet secara umum memanglah sangat banyak, termasuk juga sebagai media yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah teman atau relasi di bidang pekerjaan. Tentu hal ini terbilang cukup menarik lantaran memberikan manfaat positif bahkan tidak perlu bertemu secara langsung.

Anda bisa mengenal banyak sekali orang melalui internet ini bahkan yang memiliki jarak hingga ribuan kilometer. Ruang pertemanan ini tidak hanya dapat diakses secara publik melainkan diatur private untuk keamanan data pribadi. Beberapa aplikasi seperti WhatsApp, Twitter, IG, Facebook dan lainnya.

7. Sebagai Media Untuk Mencari Hiburan

Seperti yang kita tau bahwa saat ini telah banyak platform media sosial modern, seperti Facebook, Twitter, Youtube, Instagram dan sebagainya. Sehingga dengan adanya hal ini akan mempermudah pengguna dalam mencari hiburan dikala bosen melalui Internet. Oleh sebab itu, manfaatkan teknologi Internet ini dengan sebaik-baiknya.

Penutup

Itu tadi ulasan mengenai pengertian dan fungsi internet yang sampai saat ini memiliki peran cukup besar bagi kehidupan manusia. Kini banyak dari mereka justru bergantung dengan jaringan canggih ini sehingga tidak sedikit mendapat efek negatifnya. Hal ini tentu perlu dihindari dan harus diantisipasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *