Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

6 Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online di Era Modern

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Apakah Anda paham terkait kelebihan dan kekurangan belanja online? Memang, seiring dengan perkembangan teknologi yang selalu terjadi peningkatan setiap masa, mempengaruhi perilaku serta kebiasaan pada masyarakat di Indonesia. Salah satunya adalah memunculkan sebuah habit dimana para pengguna kerap menggunakan platform digital untuk berbelanja online.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan e-learning bagi pelajar

Hal ini disebabkan oleh perkembangan sebuah bisnis yang sering kali dilakukan secara online atau para pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka menggunakan berbagai macam platform digital. Terlebih lagi saat pandemi, dimana individu tidak boleh berinteraksi secara langsung sehingga munculah ide tersebut.

Apa Itu Belanja Online?

Mungkinkah masih ada dari kalian yang asing dengan istilah belanja online? Jika benar, kali ini kami akan menyajikan penjelasan mengenai definisi kata tersebut. Ia merupakan sebuah perdagangan dengan menggunakan beberapa perangkat eletronik sebagai media untuk memasarkan produknya.

Tidak hanya itu, penggunaan berbagai media digital diharapkan bisa mengajak calon konsumen untuk membeli produk, baik berupa barang maupun jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan melalui internet. Sebutan lain dari istilah itu adalah e-shop, online shop, web store, dan masih banyak lagi.

Biasanya, sebuah toko online mampu meningkatkan proses pembelian suatu produk atau jasa kepada para distributor dari pusat perbelanjaan (produsen) yang dikenal sebagai online shop. Saat ini, mereka sudah berpartisipasi dengan beberapa e-commerce.

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Berikut dibawah ini pembahasan mengenai beberapa keunggulan dan kelemahan belanja online bagi pengguna masa kini yang perlu diketahui, di antaranya yaitu:

Kelebihan Belanja Online

Setelah memahami definisi belanja online, kali ini kami akan menyajikan beberapa kelebihan dari sistem perbelanjaan tersebut. Sebab, dari setiap penggunaan sebuah metode tentu terdapat keunggulan yang memberikan kemudahan kepada penggunanya.

1. Membuat Transaksi Lebih Praktis dan Efisien

Hal pertama yang membuat belanja online sangat digemari oleh berbagai pengguna ialah kemudahan serta kepraktisannya saat dioperasikan. Kalian hanya membutuhkan smartphone untuk melakukan transaksi. Bahkan, juga dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan akuntansi manual

Selain itu, kegiatan ini juga memberikan efisiensi waktu. Karena mereka tidak memakan surasi yang terlalu banyak. Dalam mengoperasikan toko serta melakukan transaksi belanja online, kalian hanya membutuhkan kurang lebih 8 menit.

2. Memudahkan Pengguna Dalam Menemukan Produk yang Mereka Inginkan

Kelebihan dari berbelanja online yang berikutnya adalah memudahkan para pengguna atau konsumennya dalam menemukan produk (barang) yang memang dibutuhkan oleh mereka dengan lebih cepat. Sebab, dalam aplikasi online shop menyediakan fitur guna mempermudah prosesnya.

Nah, fitur tersebut akan membantu pengguna untuk menemukan barang yang mereka butuhkan dengan mengetik beberapa kata terkait keperluannya. Jadi, tidak heran apabila konsumennya menyukai sistem belanja online ini.

3. Memberikan Berbagai Macam Promosi, Mulai Dari Potongan Harga Hingga Cashback

Di dalam sebuah toko online (e-commerce), sering kali menawarkan beragam prromosi. Hal ini biasanya digunakan sebagai salah satu strategi atau rencana pemasaran yang dipakai untuk menarik perhatian calon konsumen terhadap brand tertentu.

Seperti contoh, pada beberapa aplikasi belanja online layaknya Shopee, Tokopedia, Lazada, dan masih banyak lagi cukup sering mengadakan promosi besar-besaran dengan memberikan potongan harga yang sangat signifikan, bahkan beberapa cashback dalam setiap pembelian produk tertentu.

4. Pembayaran yang Dapat Dilakukan dengan Sangat Mudah

Para pelaku usaha yang mempunyai bisnis online memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi pembayarannya. Terlebih lagi, saat masa pandemi seperti sekarang, guna menghindari penyebaran virus corona. Mereka tidak melangsungkan pembayaran secara tunai.

Baca juga : pengertian dan fungsi trademark bagi bisnis

Sebagai alternatifnya adalah melakukan pembayaran online dengan cara transfer melalui atm atau m-banking, bahkan tidak jarang yang membayar di outlet swalayan serta menawarkan kredit. Namun, dalam sistem cicilan para pembeli mesti memenuhi beberapa persyaratan yang ada.

Kekurangan Belanja Online

Selain mempunyai kelebihan yang memberikan kemudahan kepada para konsumen atau pembelinya. Sistem belanja online juga mempunyai kelemahan yang dapat menurunkan kredibilitas sebuah bisnis. Antara lain:

1. Menumbuhkan Perilaku Hedonisme

Akibat adanya penawaran promosi besar-besaran yang diselenggarakan oleh sebuah toko online. Sehingga membuat para pembeli semakin tertarik dalam membeli suatu barang yang mereka anggap unik dan menarik karena termakan harga yang murah.

Hal ini yang menyebabkan timbulnya perilaku hedonisme atau konsumtif secara berlebihan. Sebab, mereka akan membeli apapun yang menarik perhatiannya secara sengaja maupun tidak. Nah, kebiasaan seperti dapat merugikannya sebab tak mampu mengatur keuangannya.

2. Mudah Terjadi Penipuan

Kekurangan belanja online yang sangat awam adalah rawan sekali terjadi penipuan. Karena mereka mengharuskan pembelinya untuk melakukan transaksi pembayaran terlebih dulu, meskipun barang yang dibeli belum dikirimkan.

Oleh karena itu, tidak jarang dari oknum yang tidak bertanggung jawab menjadikan ini sebagai peluang untuk melakukan penipuan. Salah satunya dengan memberikan contoh testimoni dari bukti transaksi yang palsu untuk menarik pembeli.

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian sistem perdangangan daring untuk memberikan pemahaman dasar kepada penggunanya yang kami sertai dengan beberapa pemaparan secara detail terkait kelebihan dan kekurangan belanja online.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan bisnis online

Akhir kata, sekian pembahasan mengenai keunggulan belanja online serta dampak negatif belanja online. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat, sampai bertemu lagi di pembahasan lainnya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.