Inilah 13 Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam tapi Hidup

5 min read

Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup

Saat ini, penggunaan perangkat laptop telah menjadi kebutuhan bagi setiap orang karena sangat praktis dengan mempunyai ukuran yang kecil dan bisa dibawah kemana saja. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup yang sering terjadi.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan harddisk

Seringkali, penggunaan yang berlebihan dapat membuat pengguna lupa untuk merawat laptopnya dan menimbulkan permasalahan baru, mulai dari loading yang lambat, baterai cepat habis hingga layar laptop blank hitam namun mesin masih menyala (indikator hidup).

Tak perlu panik apabila perangkat laptop yang anda gunakan terjadi error layar laptop blank hitam ketika masuk ke windows. Anda bisa mengikuti cara dan tips yang saya bagikan secara gratis pada pembahasan dibawah ini.

Cara Mengatasi Layar Laptop Blank Hitam tapi Hidup

Berikut dibawah ini beberapa cara dan langkah yang dapat anda terapkan apabila laptop blank hitam ketika dihidupkan, diantaranya yaitu :

1. Memeriksa layar LCD Laptop

Cara pertama yaitu memeriksa layar lcd laptop tersebut. Apabila mesin indikator menyala tapi layar yang ditampilkan blank hitam, kemungkinan penyebabnya ada di lcd. Anda bisa menghubungkan layar laptop ke monitor eksternal lainnya, seperti ke TV atau monitor komputer.

Untuk menghubungkannya anda bisa menggunakan kabel HDMI atau VGA, jika colokannya berbeda, anda bisa menggunakan konverter sesuai jenis kabel tersebut. Apabila ketika dihubungkan ke monitor eksternal dapat tampil layar secara normal, maka dapat dipastikan masalah blank hitam tersebut berasal dari LCD laptop.

Sehingga, langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu mengganti LCD nya sesuai dengan tipe dan merek laptop tersebut. Anda bisa membawanya ke toko komputer ataupun ke reparasi komputer, umumnya garansi LCD yang dipasang memiliki garansi hingga satu bulan.

2. Mengatur ulang resolusi layar yang digunakan

Layar blank pada laptop juga dapat terjadi ketika resolusi layar yang diterapkan melebihi spesifikasi laptop. Hal ini juga mempengaruhi jika spesifikasi laptop yang anda miliki cukup rendah, sehingga anda perlu mengaturnya melalui fitur safe mode.

Baca juga : cara masuk safe mode windows dengan mudah

Untuk cara memasuki safe mode dengan cepat, anda bisa merestart laptop kemudian klik tombol f8 atau f12 secara berulang kali. Dalam hal ini, tombol untuk memasuki safe mode pada setiap laptop juga berbeda-beda, anda bisa mencobanya menekan tombol antara f5 hingga f12. Atau untuk lebih jelas, anda bisa melihatnya melalui situs resmi merek laptop tersebut. Setelah mengatur resolusi layar, silahkan restart kembali laptop anda.

3. Melepaskan baterai

Terkadang, masalah layar laptop blank hitam juga dapat diatasi dengan melepaskan baterai yang terpasang, lepas baterai sementara dan mulai nyalakan kembali laptop anda menggunakan chargernya. Hal ini disebabkan karena baterai yang terpasang memiliki sedikit masalah, seperti baterai bocor, konslet atau hal lainnya.

4. Memasang ulang dan membersihkan ram

Cara yang selanjutnya yaitu memasang ulang dan membersihkan ram yang terpasang. Sebelum melakukan langkah ini anda perlu melepaskan baterai laptop terlebih dahulu supaya tidak terjadi hubungan arus pendek ketika membersihkan komponen RAM.

Namun, cara ini tidak saya sarankan apabila anda tidak memahami komponen bagian dalam laptop. Apabila sudah yakin anda bisa membongkar dan melepas secara perlahan body laptop tersebut, terkadang pada merek laptop tertentu komponen ram sangat mudah untuk dilepas melalui bagian belakang laptop dengan membuka dua baut yang terpasang.

Apabila anda belum yakin tentang hal ini, serahkan pada teknisi komputer dan coba untuk membersihkan semua ram yang terpasang pada bagian tembaga dan sisi slot-nya menggunakan kuas atau penghapus. Pastikan untuk membersihkan secara perlahan dan satu arah agar tidak terjadi kerusakan pada komponen ram tersebut.

Setelah membersihkan komponen RAM dan slot-nya dari debu, silahkan pasang kembali secara perlahan dan restart laptop anda. Apabila masih tetap blank dan tidak ada perubahan, maka kemungkinan masalah ada di bagian hardware lainnya. Untuk ini saya sarankan dibawah ke toko reparasi komputer agar tidak menambah kerusakan.

5. Mengatur ulang memori cmos laptop

Cara memperbaiki laptop blank hitam yang selanjutnya yaitu mengatur ulang memori cmos. Untuk melakukannya, anda perlu masuk ke pengaturan BIOS dengan cara merestart laptop dan klik salah satu tombol pada keyboard seperti DEL (delete) atau F2, f10, f12 berkali-kali.

Hal ini juga tergantung dari tipe laptop yang anda gunakan, ada yang harus menekan DEL, ada juga yang perlu menekan tombol f2 atau f10 dan lainnya. Sehingga, anda perlu mencobanya satu persatu agar berhasil masuk ke sistem BIOS tersebut.

Setelah berhasil masuk ke bios, tekan tombol keyboard kanan dan arahkan ke tab save & exit, kemudian pilih restore defaults lalu pilih yes dan tekan tombol enter. Perlu anda ketahui, sistem bios yang ada pada laptop cukup berbeda-beda, sehingga anda perlu memahaminya terlebih dahulu.

Atau anda juga bisa memilih load optimal default atau load setup default yang memiliki artian sama yakni mengembalikan bios ke pengaturan awal. Setelah mengaturnya, jangan lupa klik save & exit lalu klik yes, silahkan restart kembali laptop anda, semoga berhasil.

6. Reset windows

Terkadang masalah blank hitam pada layar laptop ini juga bisa berasal sistem operasi windows yang terpasang, anda bisa memperbaikinya dengan menggunakan fitur reset windows. Akan tetapi cara ini akan menghapus semua data dan file tersimpan, jadi pertimbangkan terlebih dahulu semua data anda sebelum mencoba cara ini.

Untuk menerapkan cara ini anda perlu masuk ke safe mode dan masuk ke Settings, lalu pilih bagian Update & Security. Selanjutnya pilih bagian Recovery dan klik Get started pada bagian Reset This PC.

7. Periksa kabel fleksibel lcd laptop

Kabel fleksibel yang bermasalah juga bisa menjadi salah satu penyebab layar laptop blank hitam, seperti terputus, rusak, tidak terpasang dengan baik dan hal lainnya. Apabila anda memahami hardware laptop dengan baik, anda bisa mencoba untuk membongkar laptop tersebut di bagian LCD, periksa dengan baik apakah kabel fleksibel lcd-nya mengalami masalah.

Apabila rusak anda bisa segera menggantinya dengan membeli kabel fleksibel terlebih dahulu melalui toko komputer atau toko reparasi komputer. Terkadang, laptop dengan tipe lama cukup sulit untuk mencari komponen kabel fleksibel yang sesuai dengan perangkat laptop tersebut.

8. Hapus program yang mencurigakan

Kemudian, anda bisa menguninstall program yang mencurigakan. Hal ini bisa menyebabkan virus masuk ke sistem windows laptop anda. Untuk melakukan cara ini anda bisa melalui safe mode dan mulai hapus beberapa aplikasi yang dirasa mencurigakan. Setelah menghapusnya, silahkan restart laptop anda dan saya harap bisa normal kembali.

9. Memeriksa registry windows

Cara selanjutnya yaitu anda bisa memeriksa registry windows tersebut. Umumnya, kejadian layar laptop blank ini dapat disebabkan oleh sistem internal yang terjadi masalah di bagian windows explorer. Anda bisa memperbaikinya dengan menghapus beberapa file melalui registry editor.

Langkah pertama yaitu anda harus masuk ke safe mode terlebih dahulu, setelah menyala silahkan klik kombinasi tombol Windows + R, lalu tulis regedit kemudian klik tombol enter dan klik yes untuk melanjutkan.

Pada tahap ini anda bisa langsung masuk ke bagian Computer\HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer dan cari file bernama ExplorerStartupTraceRecorded, setelah menemukannya anda bisa langsung menghapus file tersebut dengan cara klik kanan lalu pilih delete. Kemudian, silahkan restart laptop anda dan semoga berhasil.

10. Install ulang windows

Install ulang sistem operasi windows bisa menjadi opsi bagi anda yang terkena error blank hitam ini. Hal ini disebabkan karena kemungkinan spesifikasi laptop anda tidak mendukung sistem operasi yang terinstall, sehingga membuat tampilan blank ketika dihidupkan.

Oleh sebab itu anda perlu menginstall sistem operasi windows yang sesuai dengan spesifikasi laptop anda. Contoh lain anda menggunakan windows 10 versi terbaru, nah anda bisa melakukan instalasi ulang ke windows 8.1 (downgrade os).

Dalam studi kasus ini, beberapa orang berhasil mengatasi layar blank hitam ini dengan menerapkan langkah instalasi windows ke versi yang lebih rendah. Untuk menginstalnya, anda bisa menggunakan flashdisk bootable melalui bantuan program rufus. Lihat tutorialnya disini: cara membuat flashdisk bootable dengan rufus.

11. Bersihkan komponen bagian dalam laptop

Meskipun terdengar sepele, anda perlu mencoba cara ini yaitu membersihkan semua komponen bagian dalam laptop dari debu yang menempel menggunakan kuas kecil. Berdasarkan pengalaman saya, cara ini cukup efektif untuk mengatasi berbagai masalah internal laptop agar mendapatkan performa yang optimal.

Anda bisa memulainya dengan membongkar badan laptop secara perlahan dan bersihkan semua komponen satu persatu hingga bersih. Apabila telah selesai, anda bisa merestart laptop kembali, semoga berhasil.

12. Ganti komponen VGA

Vga yang bermasalah juga bisa menjadi salah satu penyebab layar laptop blank hitam. Perlu anda ketahui, vga cukup berpengaruh pada tampilan visual dan grafis pada perangkat laptop, oleh sebab itu tak ada salahnya untuk memeriksa komponen vga tersebut.

Dalam hal ini, saya sarankan untuk membawanya ke tukang servis atau ahli komputer terdekat anda agar tidak menambah kerusakan yang tidak diinginkan. Umumnya, proses penggantian komponen VGA disertai dengan mengganti motherboardnya juga.

13. Mengganti komponen lcd layar laptop

Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup yang terakhir yaitu mengganti komponen lcd laptopnya, langkah ini perlu anda lakukan apabila semua cara diatas tadi tidak berhasil anda lakukan karena memang yang bermasalah atau rusak yakni komponen LCD nya.

Umumnya, harga lcd ini bervariasi tergantung merek dan tipe laptop anda. Mulai dari 400 ribu hingga 1.5 juta rupiah. Untuk menggantinya anda bisa membawa laptop tersebut ke toko komputer atau tempat reparasi terdekat.

Penutup

Akhir kata, demikianlah tutorial yang dapat saya bagikan mengenai cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup. Saya harap bisa bermanfaat dan dapat anda pahami dengan baik, apabila ada pertanyaan terkait hal ini jangan segan untuk berkomentar. Cukup sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *