Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Rekomendasi Aplikasi Kompres Video PC Gratis

1 min read

Aplikasi Kompres Video PC

Anda pasti telah mengetahui apa itu file video, terkadang file video yang disimpan memiliki ukuran yang cukup besar dan memakan penyimpanan internal PC anda. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengkompressnya menggunakan beberapa rekomendasi aplikasi kompres video PC yang akan saya bahas dalam artikel ini.

Baca juga : aplikasi desain rumah android terbaik

Perlu anda ketahui, besar ukuran suatu file video dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya yaitu besar resolusi dan jenis format file video yang digunakan seperti MKV, MP4, 3GP dan sebagainya.

Kompres sendiri bertujuan untuk mengecilkan ukuran file video, namun tidak semua aplikasi kompres dapat mengecilkan ukuran file tanpa mengurangi kualitas asli atau resolusi dalam video tersebut.

Aplikasi Kompres Video PC

Berikut dibawah ini beberapa rekomendasi mengenai aplikasi kompres video PC professional yang dapat digunakan secara gratis, diantaranya yaitu:

1. HandBrake

HandBrake ialah software yang mampu melakukan kompres video hingga 80% dari ukuran aslinya, yang menarik dari software ini yaitu tetap menjaga kualitas audio dan video aslinya. Sehingga, program handbrake saya rekomendasikan untuk digunakan dalam mengecilkan ukuran file video yang anda miliki.

Program ini memiliki lisensi penggunaan freeware yang sepenuhnya gratis untuk digunakan tanpa perlu biaya apapun. Selain itu, program ini mendukung format encode H264 dan hanya mampu membaca jenis format MP4 dan AVI saja.

2. VLC Media Player

Mungkin anda telah mengetahui program ini, VLC Media Player dikenal sebagai alat pemutar video pada komputer windows. Namun, ternyata program ini bisa anda manfaatkan dalam menkompres file video.

Baca juga : aplikasi edit video tanpa watermark khusus android

Didalamnya, terdapat fitur save/convert yang dapat anda akses secara gratis dalam mengecilkan bitrate atau frame guna memperkecil ukuran file video tersebut.

3. Shotcut

Aplikasi kompres video PC yang selanjutnya yaitu shotcut, program ini termasuk aplikasi edit video professional yang juga dapat digunakan dalam melakukan kompress file video di komputer atau laptop anda.

Sama seperti handbrake, program shotcut mampu memperkecil ukuran hingga 80% dari sebelumnya tanpa mengurasi kualitas resolusi video yang dipilih.

4. Adobe Premier

Adobe Premier ialah program khusus editing yang mendukung berbagai format video, program ini mendukung format encode H264 yang bisa anda gunakan untuk mengkompress ukuran video.

Sebelum melakukannya, anda perlu mengimportnya terlebih dahulu dan simpan kembali atau export ke format file MP4 tanpa mengurangi kualitas video. Namun program ini tidak gratis dan memerlukan lisensi berbayar sebelum menggunakannya, sebagai alternatif anda bisa memilih program HandBrake.

Penutup

Akhir kata, cukup sekian pembahasan singkat yang dapat saya bagikan mengenai beberapa rekomendasi aplikasi kompres video PC professioal. Semoga bermanfaat dan terimakasih, sampai bertemu lagi di pembahasan selanjutnya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.