Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Cara Membersihkan Sampah di Android dengan Aplikasi

2 min read

Cara Membersihkan Sampah di Android

Banyak dari pengguna smartphone android sering mengeluhkan masalah cache atau file sampah menumpuk yang menyebabkan berbagai error seperti lag, hang, kinerja lambat dan sebagainya. Nah pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai beberapa metode cara membersihkan sampah di android dengan mudah.

Baca juga : rekomendasi aplikasi desain rumah android untuk pemula

Perlu anda ketahui, file cache digunakan oleh beberapa aplikasi untuk menyimpan dan memproses informasi. Umumnya file sampah berasal dari aplikasi browser, namun pada dasarnya semua aplikasi yang terinstall dapat menghasilkan sampah ketika tidak digunakan. Jadi, anda perlu membersihkannya secara rutin paling lama seminggu sekali agar performa android selalu optimal.

Di tutorial ini saya menggunakan bantuan beberapa aplikasi alat pembersih yang tersedia gratis di layanan google playstore. Tentunya aplikasi tersebut aman digunakan untuk membersihkan cache di smartphone android anda. Agar lebih jelas, simak pembahasannya dibawah ini.

Cara Membersihkan Sampah di Android

Berikut dibawah ini beberapa metode dalam menghapus file sampah di smartphone android anda menggunakan bantuan aplikasi pembersih sampah terbaik, diantaranya yaitu:

1. AVG Cleaner

Aplikasi pembersih sampah yang pertama yaitu AVG Cleaner, aplikasi ini mempunyai berbagai fitur dan kemampuan yang cukup bagus dalam menghapus file sampah dan membersihkan cache pada memori RAM smartphone anda.

Selain itu, AVG Cleaner dapat meningkatkan kinerja smartphone android agar lebih optimal. AVG sendiri memiliki berbagai produk lain berupa AVG antivirus, anda dapat mengunakannya dengan melakukan instalasi melalui google playstore.

2. DU Speed Booster

Aplikasi ini cukup powerfull dalam membersihkan file sampah di smartphone android yang dapat anda manfaatkan untuk membantu meningkatkan ruang kosong hingga up to 60% pada penyimpanan internal ataupun eksternal seperti SD Card.

Baca juga : cara withdraw binomo dengan benar

Lebih dari itu, aplikasi pembersih DU Speed Booster ini dapat dijalankan untuk menjadi program antivirus dalam mencegah dan menghapus infeksi virus pada ponsel android yang anda gunakan.

3. CC Cleaner

Cara membersihkan sampah file sampah di android yang selanjutnya yaitu menggunakan CC Cleaner, aplikasi ini dirancang khusus untuk membersihkan file sampah di perangkat ponsel yang dapat anda gunakan secara gratis dengan mendownload melalui google playstore.

4. Avast Clean Up and Boost

Aplikasi ini merupakan alat pembersih sampah untuk android yang dilengkapi kemampuan proses pembersihan cepat. Avast Clean Up and Boost dapat membersihkan beragam file sampah yang menghambat ponsel anda dengan hanya satu kali tap, anda bisa mencobanya dengan menginstall melalui playstore.

Tentu aplikasi ini dapat meningkatkan penggunaan memori menjadi lebih maksimal karena didukung fitur booster. Sehingga, anda tak perlu khawatir lagi terkait masalah lemot atau memori penuh pada ponsel android anda.

5. Clean Master

Mungkin anda telah mengenal aplikasi Clean Master ini yang didesain untuk membersihkan sampah pada android anda. Aplikasi ini cukup ringan dan dapat anda gunakan secara gratis dengan menginstallnya melalui google playstore.

Didalamnya, Clean Master dilengkapi berbagai fitur serbaguna yang bisa anda jalankan dengan gratis seperti download manager, penghemat baterai, reparasi file foto, pengunci aplikasi dan sebagainya. Fitur unggulan aplikasi ini yaitu 1 tap boost yang dapat mempercepat kinerja perangkat android anda agar lebih maksimal.

6. Norton Clean, Junk Removal

Aplikasi buatan norton ini terbukti ampuh untuk membasmi file sampah pada ponsel smarphone pengguna, anda bisa mulai menjalankannya dengan menginstall-nya terlebih dahulu melalui google playstore.

7. Phone Cleaner

Cara menghapus sampah di android yang terakhir yakni menggunakan bantuan aplikasi Phone Cleaner, aplikasi ini dapat diandalkan untuk meningkatkan performa ponsel android anda. Phone Cleaner sendiri cukup populer dan memiliki rating cukup tinggi karena memiliki berbagai kelebihan, salah satunya yakni sangat ringan ketika dijalankan.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat mengenai beberapa metode menggunakan aplikasi mengenai cara membersihkan sampah di android yang dapat anda lakukan dengan mudah. Cukup sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.