Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

8 Macam Aplikasi Berbasis Cloud Computing Masa Kini

1 min read

Aplikasi berbasis cloud computing

Di era modern saat ini, banyak perusahaan dan bisnis mulai menjalankan aplikasi berbasis cloud computing yang dirasa lebih efisien dalam mengelola pekerjaan penggunanya. Nah pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai beberapa macam aplikasi cloud computing populer yang sering digunakan saat ini.

Baca juga : pengertian dan 5 karakteristik cloud computing

Perlu anda ketahui, cloud computing atau yang dalam bahasa indonesianya yakni komputasi awan ialah teknologi yang mampu memproses berbagai program dan pekerjaan secara digital. Teknologi ini hasil penggabungan dari pengembangan teknologi komputer dengan jaringan berbasis Internet.

Aplikasi Berbasis Cloud Computing

Berikut dibawah ini beberapa macam aplikasi cloud computing populer yang sering dijalankan untuk perusahaan dan bisnis, diantaranya yaitu:

1. Dropbox

Dropbox ialah platform online yang menyediakan fitur penyimpanan data dan file sharing professional dengan pengguna aktif lebih dari 400 juta orang, 200 ribu diantaranya merupakan kalangan bisnis. Anda bisa menggunakan layanan ini dengan mengakses alamat dropbox.com, di pendaftaran pertama anda akan diberikan penyimpanan gratis sebesar 2GB.

2. Adobe Creative Cloud

Layanan ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh Adobe Inc, adobe creative cloud menyediakan fitur untuk mengakses berbagai program khusus desain grafis, fotografi, pengembangan web, video editing seperti Photoshop, Adobe Premier, After Effect dan masih banyak lagi.

3. Office 365

Office 365 termasuk layanan cloud dari Ms Office Suite, ini merupakan aplikasi kantor yang berfungsi untuk mengedit dan membuat dokumen. Didalamnya terdapat berbagai akses ke microsoft office seperti ms word, power point, excel dan sebagainya.

4. Slack

Slack ialah platform berbasis awan yang menyediakan layanan untuk berkolaborasi dan berkomunikasi antar tim. Layanan ini dibuat oleh Serguei Mourachov, Eric Costello, Stewart Butterfield dan Cal Henderson. Slack sendiri dapat anda gunakan secara gratis atau berbayar sesuai dengan paket berlangganan yang dipilih.

5. Box

Aplikasi berbasis cloud computing yang selanjutnya yaitu Box, layanan ini menawarkan fitur untuk berbagi file dan penyimpanan data secara online yang memiliki kesamaan seperti Dropbox.

6. Github

GitHub merupakan layanan berbasis cloud computing online yang menjadi sarana dalam mengatur dan berbagi source code dari berbagai aplikasi yang dibuat oleh developer atau pengembang aplikasi. Hingga kini, GitHub memiliki pengguna aktif lebih dari 20 juta akun pribadi dan 110 ribu diantaranya ialah akun bisnis.

Baca juga : memahami tipe aplikasi database masa kini

Github sendiri telah sukses menyimpan repositori source code lebih dari 70 juta data yang berhasil mencapai pendapatan tahunan dengan nominal sekitar $200 juta untuk fitur premiumnya.

7. Google Suite

Aplikasi cloud computing Google Suite ialah alat produktivitas yang dibuat oleh perusahaan Google. Layanan ini termasuk Spreadsheet, Hangouts, Google Dokumen, Google + dan beragam alat digital lainnya.

Aplikasi di G suite yang paling populer yaitu Gmail yang merupakan layanan email gratis milik Google. Gmail sendiri memiliki banyak pengguna aktif bulanan hingga lebih dari 1 miliar pada tahun 2016 dan akan terus tumbuh setiap tahunnya.

8. Salesforce

Salesforce merupakan platform berbasis cloud yang menyediakan fitur CRM (Costumer Relationship Management). Layanan ini mencakup berbagai alat khusus untuk pemasaran, penjualan, jasa, e-commerce dan sebagainya. Hingga saat ini banyak perusahaan di berbagai belahan dunia telah menggunakan produk cloud milik Salesforce yang diperkirakan mencapai 150 ribu perusahaan terdaftar.

Penutup

Akhir kata, demikian pembahasan singkat mengenai beberapa aplikasi berbasis cloud computing populer yang sering digunakan perusahaan dan bisnis. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda, cukup sekian dan terimakasih.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

3 Replies to “8 Macam Aplikasi Berbasis Cloud Computing Masa Kini”

  1. Thank you a bunch for sһaring this with all people you really
    recognize what yoս are talking approximately!

  2. Great blog you have got here.. It’s difficult to find quality writing like yours nowadays. I really appreciate people like you!, Take care!!

  3. Appreciating the commitment you put into your blog and detailed information you present. It’s good to come across a blog every once in a while that isn’t the same old rehashed information. Wonderful read! I’ve saved your site and I’m including your RSS feeds to my Google account.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.