Inilah 15 Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database

2 min read

Kelebihan dan kekurangan oracle database

Oracle database sendiri merupakan Relation Database Management System atau RDBMS yang dibuat oleh oracle corporation. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan oracle database yang perlu anda ketahui agar bisa memanfaatkannya dengan baik. Pasalnya, oracle database sendiri biasa digunakan untuk membangun sistem secara berkala.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft sql server

Untuk yang belum mengetahui apa itu RDBMS, yaitu merupakan sistem manajemen database yang membantu kita untuk mengidentifikasi dan mengakses relasi yang dibuat. Sistem ini mudah dimengerti dan digunakan, maka tak heran jika menjadi database yang paling banyak digunakan.

Kemampuan Oracle Database

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan oracle database, ada baiknya Anda mengetahui kemampuan oracle terlebih dahulu. Pasalnya oracle server menjadi solusi yang efektif dan efisien dalam hal berikut:

  • Bisa bekerja pada client atau server dengan pemrosesan yang tersebar
  • Dapat mengelola space serta basis data yang cukup besar
  • Memiliki performa proses yang cukup tinggi
  • Mampu melakukan akses data pada database secara simultan
  • Memiliki lingkungan yang tereplikasi
  • Ketersediaan database dapat dikontrol dengan mudah

Kelebihan Oracle Database

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai oracle database, Anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan oracle. Pasalnya oracle menjadi pilihan penggunaan dan pengimplemantasian dari sistem database yang digunakan banyak orang. Adapun berikut ini merupakan beberapa kelebihan database oracle, di antaranya yaitu:

1. Kemampuan manajemen sistem database yang baik

Oracle adalah database yang memiliki kemampuan manajemen sistem yang baik. Sehingga tugas yang dilakukan oleh user dan programmer dapat berjalan dengan baik dan lancar serta sistem database diatur dengan baik maksimal.

2. Mampu menghandle data dan angka yang besar

Kelebihan oracle database selanjutnya yaitu dapat menghandle data dan angka yang sangat besar. Maka jangan heran jika database oracle dinilai efektif untuk digunakan perusahaan berskala besar dan multicorporate. Dengan begitu, maka seluruh data yang dimiliki perusahaan besar tersebut bisa dihandle dengan cepat dan mudah.

3. Bisa diakses di berbagai sistem operasi komputer

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan oracle, database ini juga bisa digunakan di berbagai sistem operasi, hal ini tentu saja menjadi kelebihan bagi penggunanya, di mana user bisa mengakses atau melakukan aktivitasnya di berbagai sistem operasi kapan saja tanpa terganggu dengan perbedaan sistem operasi.

4. Memiliki fitur client server environment

Oracle Database juga menyediakan fitur client server yang memudahkan pemisahan proses antara database server dengan aplikasi yang digunakan oleh client.

Dengan begitu, server dan client bisa melakukan aktivitasnya masing-masing, di mana server berfokus pada semua hal yang berkaitan dengan database sedangkan client fokus pada proses aplikasi yang menampilkan data dari database. Dengan begitu, proses yang dilakukan database bisa berjalan dengan lancar tanpa mengalami kemacetan.

5. Fitur high transaction processing performance

Oracle database juga memiliki Fitur High Transaction Processing Performance yang dapat mempercepat proses transaksi yang berjalan. Sehingga seberapa banyak transaksi atau proses yang dilakukan pada database akan tetap berjalan cepat tanpa menunggu lama.

Kelebihan lain Oracle Database

  • Selalu diperbarui (uptodate)
  • Memiliki kemampuan flashback (backup data realtime)
  • Multi Platform
  • Multi User
  • Lebih cepat dan akurat
  • Dapat diakses penuh selama 24 jam

Kekurangan Oracle Database

Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan oracle, maka Anda juga harus mengetahui kekurangan oracle. Berikut beberapa kekurangannya, diantaranya yaitu:

1. Memiliki harga yang mahal

Salah satu kekurangan oracle database yaitu memiliki harga yang cukup mahal, mengingat kegunaan dan manfaatnya sangat banyak dan kompleks, serta dapat mendukung kinerja perusahaan Anda. Namun harga yang diberikan tidak merugikan, karena Anda bisa merasakan kemudahannya.

2. Spesifikasi minimum hardware tergolong tinggi

Oracle database memiliki manfaat yang cukup banyak dan fungsi besar sehingga harus memiliki kemampuan yang tinggi dalam memanajemen dan mengelola suatu database.

Oleh sebab itu, hal ini berpengaruh terhadap spesifikasi minimum yang yang dibutuhkan komputer untuk menjalankan software database. Pasalnya tidak semua spesifikasi PC memiliki performa yang tinggi sehingga tidak semua PC dapat menggunakan database Oracle dengan baik.

3. Pengaplikasiannya yang cukup Rumit

Dalam prosesnya, database Oracle memiliki kekurangan dimana user atau programer harus benar-benar mengerti cara kerja database ini, mengingat pengaplikasiannya yang cukup rumit.

Database Oracle juga memiliki fitur yang tinggi sehingga harus digunakan oleh operator berpengalaman untuk melakukan manajemen database.

4. Tidak direkomendasikan untuk perusahaan kecil

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan oracle database, bisa disimpulkan jika database ini tidak cocok untuk perusahaan kecil. Mengingat jika spesifikasi fitur dan harganya yang mahal ini dinilai terlalu tinggi untuk perusahaan kecil menengah. Ditambah, Oracle database juga cukup rumit untuk mengaplikasikannya sehingga kurang direkomendasikan untuk perusahaan atau instansi kecil.

Penutup

Itulah beberapa hal mengenai database Oracle, mulai dari kemampuan, kelebihan dan kekurangan database Oracle yang perlu Anda ketahui. Sebelum menggunakan database ini, Anda harus menyesuaikannya sesuai kebutuhan Anda, dan pastikan Anda bisa mengaplikasikannya dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *