9 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft SQL Server

2 min read

Kelebihan dan kekurangan microsoft SQL Server

Jika Anda menempuh pendidikan ilmu teknologi, pasti akan mengenal yang namanya database. Dalam pengelolaannya, terdapat sistem yang mempermudah pengguna dalam mengatur atau melakukan maintenance pada database, contohnya yaitu Microsoft SQL Server. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Microsoft SQL server.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft SQL Server

Untuk kualitasnya, tidak perlu diragukan lagi karena dikembangkan langsung oleh perusahaan teknologi sekelas Microsoft. Di dalam sebuah sistem, fungsi microsoft sql server sangat penting untuk manajemen database.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft windows

Programmer yang mengembangkan sebuah sistem bisa melakukan manajemen database dengan menggunakan perintah SQL. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca informasi mengenai beberapa keunggulan dan kelemahan microsoft sql server di bawah ini.

Kelebihan Microsoft SQL Server

Berikut dibawah ini beberapa kelebihan microsoft SQL pada operasi sistem windows yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Memiliki kinerja yang sangat baik pada OS Windows

Seperti yang kita tahu, sistem operasi Windows dan Microsoft SQL Server sama-sama dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Sudah barang tentu keduanya akan lebih maksimal jika digabungkan. Microsoft SQL Server memiliki kinerja yang sangat baik untuk diterapkan pada aplikasi-aplikasi berbasis Windows.

2. Terdapat fitur recovery dan restore data

Dalam kondisi tertentu, data yang ada pada database bisa bermasalah karena berbagai hal. Programmer perlu melakukan recovery maupun restore agar data kembali ke tempat semula.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan windows server

Nah, Microsoft SQL Server ini memiliki kedua fitur ini, sehingga akan lebih memudahkan programmer mendapatkan data kembali. Programmer tidak perlu khawatir lagi jika banyak data tiba-tiba tidak ada pada lokasi yang semestinya. Meski begitu, data memang harus tetap di backup agar benar-benar aman.

3. Mempermudah pengelolaan database

Microsoft SQL Server menerapkan pengelolaan terpusat yang akan meringankan pekerjaan programmer. Pengelolaan terpusat jelas akan meminimalisir gangguan atau error yang terjadi.

Apalagi ini berhubungan dengan data-data penting yang mestinya harus dikelola dengan baik karena merupakan suatu tanggung jawab yang besar. Kelebihan ini akan membuat programmer lebih cepat untuk mengetahui masalah yang terjadi pada sql server sehingga bisa langsung memperbaikinya.

4. Mempermudah proses pengelompokan database

Untuk lebih mudah dalam pengelolaan, pengelompokan data perlu untuk dilakukan pada sql server. Dengan melakukan pengelompokan data, pekerjaan akan lebih sederhana, dalam artian tidak begitu rumit.

Jika tidak dilakukan pengelompokan, programmer akan kesulitan untuk mengelola data tertentu. Microsoft SQL Server memiliki kelebihan dalam hal ini, programmer benar-benar akan dimudahkan pekerjaannya.

5. Keamanan yang lebih terjamin

Berbicara mengenai keamanan, produk-produk dari Microsoft dikenal sangat tangguh terhadap gangguan dari luar. Hal ini juga berlaku pada Microsoft SQL Server dimana, sistemnya dirancang untuk lebih memudahkan dalam manajemen kata sandi. Pengaturan ini memang penting karena menjadi digunakan untuk masuk ke sistem database.

Kekurangan Microsoft SQL Server

Setelah membahas kelebihan dari microsoft sql server, kali ini saya akan membahas mengenai beberapa kekurangan microsoft sql server yang juga perlu anda pahami. Diantaranya yaitu:

1. Memiliki harga lisensi yang cukup mahal

Seperti produk Microsoft pada umumnya, Microsoft SQL Server juga merupakan software berbayar. Meskipun ada versi gratis yang disediakan, namun fitur yang didapat sangat terbatas.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft excel

Untuk versi berbayarnya, pengguna perlu membayar mulai dari ratusan dollar hingga ribuan dollar Amerika Serikat. Angka ini tentu tidak sesuai untuk project-project yang terbilang masih kecil. Dan alternatifnya menggunakan versi gratis dengan fitur yang tidak lengkap.

2. Hanya bisa digunakan untuk sistem operasi windows

Kekurangan lain pada Microsoft SQL Server ada pada ketersediaan untuk sistem operasinya. Jenis sql server yang satu ini, hanya bisa digunakan untuk sistem operasi Windows saja. Hal ini membuat project yang menggunakan Linux ataupun MacOS harus mencari alternatif lain.

3. Kurang sesuai untuk banyak bahasa pemrograman

Microsoft SQL Server paling cocok jika dikombinasikan dengan bahasa Java .net. Akan tetapi, jika programmer menggunakan bahasa lain, dipastikan akan sedikit kerepotan untuk menyesuaikan. Penyesuaian ini mungkin akan membuat proses pengerjaan maupun pengelolaan menjadi lebih lama.

4. Kurang cocok diterapkan untuk skala besar

Jenis sql server ini dikenal kurang bagus jika diaplikasikan ke database yang berskala besar. Sebagian besar programmer mungkin akan memilih sql server lain untuk project yang membutuhkan resource lebih besar. Hal ini yang membuat peminat Microsoft SQL Server lebih rendah dibandingkan Oracle atau sejenisnya.

Cara Kerja Microsoft SQL Server

Pada dasarnya, cara kerja Microsoft SQL Server sama seperti sql server lainnya. Meskipun semuanya ada kelebihan dan kekurangannya yang membuat programmer memiliki opsi untuk memilih.

Microsoft SQL Server akan bekerja dengan menjalankan perintah yang diberikan oleh pengguna. Dengan bantuan sql server ini, akan membuat beban akses dari pengguna lebih ringan saat mengakses server.

Penutup

Dengan membaca artikel ini diharapkan Anda bisa memahami mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan Microsoft SQL Server. Banyaknya kelebihan dan kekurangan yang ada pada sql server ini bisa menjadi pertimbangan anda dalam memilihnya.

Karena Anda harus bisa memastikan program berjalan dengan baik jika menggunakan sql server ini agar nantinya tidak diperlukan banyak perbaikan atau penyesuaian. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *