Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Saran dan Contoh Kesimpulan Laporan PKL SMK

2 min read

Saran dan Contoh Kesimpulan Laporan PKL

Rasa lega dan bahagia tentu akan terlintas saat seorang siswa sudah berhasil melaksanakan PKL. Akan tetapi, jangan tenang dahulu pasalnya Anda harus segera membuat laporannya. Saat ini sendiri sudah ada banyak contoh laporan yang bisa dijadikan referensi. Termasuk contoh kesimpulan laporan PKL.

Baca juga : tujuan mempelajari rekayasa perangkat lunak

Umumnya, membuat laporan yang satu ini merupakan sebuah kewajiban dari sekolah. Oleh karena itu, pastikan untuk membuatnya dengan baik dan benar. Pada laporan tersebut nantinya akan terdapat pembukaan, kata pengantar, isi dan yang terakhir adalah bagian penutupnya.

Contoh Kesimpulan Laporan PKL Pertama

Seseorang mungkin merasa kesulitan saat membuat laporan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menjadi contoh laporan tersebut. Baik itu pada bagian pembukaan, isi, maupun penutupnya. Untuk bagian penutup sendiri umumnya terdiri dari kesimpulan dan saran. Di bawah ini contoh kesimpulan tersebut.

Setelah saya melaksanakan PKL pada PT tersebut, saya memperoleh manfaat. Termasuk pengetahuan, pengalaman, dan hal-hal lain yang terkait dalam dunia kerja. Hal tersebut dapat membuat wawasan saya bertambah dibandingkan dengan sebelumnya.

Dengan melakukan praktek secara langsung tersebut, saya dengan mudah mengetahui seperti apa kemampuan yang diperoleh dari sekolah. Dengan begitu, suatu saat ketika saya memasuki dunia kerja tentu tidak akan ragu lagi melakukannya. Pasalnya, sudah memiliki pengalaman yang cukup.

Contoh Kesan Laporan PKL Pertama

Ketika mengikuti PKL, saya merasa sangat senang karena bisa memperoleh pengalaman pekerjaan. Meski diakui masih ada banyak kekurangan dari pengalaman tersebut. Akan tetapi, saya terus berusaha dengan baik agar dapat mengikuti seluruh sistem kerja yang diberlakukan.

Baca juga : tugas dan keahlian teknisi jaringan komputer

Saya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh karyawan PT. Setiap karyawan bahkan sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbagi pengetahuan kepada kami. Mereka juga tidak sungkan dalam membagikan pengalamannya secara langsung kepada setiap siswa PKL.

Tentu saja, pengalaman ini merupakan hal yang paling berharga bagi saya. Terlebih mengenai sifat kekeluargaan yang ada sehingga membuat suasana kerja menjadi lebih cair dan nyaman. Semoga pengalaman ini bisa menjadi momen untuk lebih siap dalam bersaing di dunia kerja yang sesungguhnya.

Contoh Saran Laporan PKL Pertama

Berdasarkan hasil saat melakukan kegiatan PKL, saya sedikit memberikan saran agar para peserta mempersiapkan diri lebih lanjut. Hal ini dapat dilakukan dengan menguasai pelajaran yang diterapkan dalam industri. Dengan begitu, praktek kerja lapangan dalam sebuah perusahaan nanti akan lebih mudah.

Tidak hanya itu saja, saya juga ingin memberi saran khususnya kepada pihak perusahaan yang sudah menerima kami untuk dapat melaksanakan kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan) dengan lancar dan baik. Saya sarankan tidak perlu lagi sungkan kepada setiap anak PKL yang praktek di perusahaan tersebut.

Saya juga memiliki harapan kepada pihak perusahaan agar dapat memberikan tugas dengan melakukan bimbingan terlebih dahulu kepada setiap siswa. Terutama sebelum tugas tersebut dilaksanakan. Hal ini dilakukan agar nantinya setiap anak yang melakukan PKL bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih baik.

Contoh Kesimpulan PKL Kedua

Setelah melaksanakan kegiatan PKL di PT tersebut, kini saya dapat mengambil beberapa kesimpulan Apabila saat berada di sekolah seorang siswa diajarkan mengenai teori, maka teori tersebut dapat digunakan sebagai dasar saat melakukan kegiatan secara langsung atau praktek.

Baca juga : harga paket internet ICON PLN di Indonesia

Selain itu, untuk mengikuti ujian nasional, sangat penting bagi seorang siswa untuk melakukan PKL. Dengan mengikuti kegiatan tersebut maka mereka akan lebih mudah dalam mendapatkan pembelajaran serta pengalaman yang lebih banyak khususnya dalam dunia kerja secara langsung.

Setiap siswa bahkan mendapatkan peluang untuk belajar lewat bekerja secara langsung dengan cara mengerjakan pekerjaan yang sesungguhnya. Dengan adanya PKL tersebut, saya juga dapat merasakan sendiri bagaimana pelaksanaan praktek di lapangan yang dibimbing langsung oleh pihak industri.

Contoh Saran Laporan PKL Kedua

Terdapat beberapa saran yang saya tujukan kepada setiap siswa PKL lainnya. Bagi siswa maupun siswi yang melakukan kegiatan PKL ini ada baiknya untuk terus menjaga nama baik sekolah. Terutama saat berada di tempat pelaksanaan kegiatan praktek kerja tersebut sesuai dengan peraturan perusahaan.

Sementara itu, saran untuk sekolah adalah sebaiknya baik siswa maupun siswi yang akan diterjunkan ke sebuah perusahaan dengan keperluan PKL diberikan pengenalan terlebih dahulu tentang pekerjaan yang akan dilakukan terlebih dahulu. Dengan begitu, mereka akan lebih siap secara fisik dan juga mentalnya.

Saya juga menyadari bahwa dalam pelaksanaan PKL ini terdapat banyak kekurangan. Akan tetapi, tetap berusa memberikan yang terbaik. Terlebih, laporan ini juga cukup jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, saya menerima juga saran yang membangun agar dapat lebih baik dan optimal lagi.

Penutup

Itulah beberapa contoh kesimpulan laporan PKL yang bisa Anda ketahui. Tentu tidak ada salahnya apabila saat membuat laporan mencari banyak referensi kesimpulan terlebih dahulu. Agar nantinya dapat membuat laporan tersebut dengan lebih maksimal sesuai dengan apa yang diinginkan.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.