Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Kode Telegram Tidak Muncul

2 min read

Cara Mengatasi Kode Telegram Tidak Muncul

Selain Whatsapp, Telegram juga menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan. Untuk mendaftarkan akun pada aplikasi tersebut sendiri umumnya dengan memakai kode OTP. Akan tetapi, bagaimana jika kode Telegram tidak muncul? Dalam hal ini, penting bagi Anda untuk mengetahui apa penyebabnya.

Baca juga : fungsi komponen SSD pada komputer

OTP sendiri merupakan kumpulan angka yang nantinya akan dikirimkan lewat SMS saat Anda masuk ke aplikasi. Cara tersebut dilakukan untuk verifikasi kepemilikan akun. Setelah kode OTP diterima dan diverifikasi dengan benar, maka setiap pengguna baru bisa masuk ke akun Telegram yang diinginkan.

Penyebab Kode Telegram Tidak Muncul

Saat sebuah aplikasi menggunakan metode keamanan berupa kode OTP, maka mereka hanya akan mengizinkan seseorang masuk ke dalam akun saat berhasil memasukkan kode tersebut dengan benar. Sayangnya, tidak semua orang mendapatkan kode tersebut. Mungkin berikut beberapa penyebabnya:

1. Nomor Tidak Aktif

Seperti yang diketahui, SMS hanya akan masuk pada nomor hp yang dalam keadaan aktif. Apabila nomor yang digunakan tersebut tidak aktif, maka tentu saja setiap SMS yang dikirim tidak dapat diterima dengan baik. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan nomor hp yang masih digunakan dan aktif.

Agar nantinya, kode OTP dapat dikirim dan diterima dengan baik. Jika nomor yang digunakan tidak dalam keadaan aktif, maka tentu saja kode OTP tersebut tidak dapat diterima. Dengan begitu, kode tersebut tidak mau muncul saat pengguna membutuhkannya.

2. Nomor HP Salah

Sangat penting bagi Anda untuk memasukkan nomor hp dengan benar dan tepat. Pasalnya, kode OTP yang akan digunakan tersebut nantinya dikirimkan ke nomor hp yang sudah dimasukkan sebelumnya. Oleh karena itu, jangan sampai salah dalam memasukannya.

Baca juga : fungsi dan cara kerja FTP server

Apabila Anda salah dalam memasukkan nomor hp tersebut, maka bisa jadi hal inilah yang menjadi penyebab mengapa kode OTP tidak mau muncul saat diperlukan. Hal ini memang sering terjadi dan dialami oleh pengguna Telegram saat mereka ingin masuk ke aplikasi tersebut.

3. Server Sedang Down

Adapun penyebab lain yang mungkin saja terjadi sehingga kode OTP lewat SMS tidak masuk adalah adanya server Telegram yang sedang bermasalah. Contohnya ketika server tersebut sedang maintenance ataupun sedang down. Itulah mengapa sangat penting juga untuk mengecek keadaan servernya.

Pasalnya, saat server bermasalah tentu bermasalah juga operasi dari Telegram tersebut. Dengan begitu, tidak heran apabila kode OTP yang diperlukan tersebut tidak dapat diterima oleh pengguna yang memerlukannya. Oleh karena itu, Anda bisa mencobanya di lain waktu.

4. Aplikasi Tidak Diperbarui

Penyebab lain yang membuat kode OTP pada aplikasi Telegram tidak mau muncul adalah aplikasi yang tidak diperbarui. Oleh karena itu, jika nomor hp yang digunakan sudah dipastikan benar dan aktif maka Anda bisa mencoba untuk memperbarui aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Cara ini tentu sangat mudah untuk dilakukan. Ada baiknya untuk tidak melewatkan cara ini agar nantinya lebih mudah mengetahui apakah penyebab dari kode OTP Telegram yang tidak masuk adalah aplikasi yang tidak diperbarui. Jika kode tersebut dapat masuk setelah diperbarui maka itulah penyebabnya.

Cara Mengatasi Kode Telegram Tidak Muncul

Apabila Anda mengalami masalah kode OTP Telegram tidak mau muncul, maka tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara yang diulas pada penjelasan di bawah ini. Agar nantinya kode tersebut dapat muncul kembali lewat SMS.

1. Pastikan Nomor Benar

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa nomor hp yang digunakan tersebut sudah benar. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengeceknya terlebih dahulu. Jika terdapat kesalahan, maka ada baiknya untuk segera memperbaikinya dengan benar.

Tidak hanya itu saja, pastikan juga nomor yang dipakai masih dalam keadaan aktif. Dengan begitu, tentu akan jauh lebih mudah dalam menerima kode OTP yang diperlukan. Jika tidak, maka tentu saja SMS kode tersebut tidak akan dapat diterima.

2. Perbarui Aplikasi

Selanjutnya, pastikan juga bahwa aplikasi Telegram sudah diperbarui. Cara ini dilakukan apabila cara pertama tidak dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ada. Dengan begitu, bisa saja penyebab kode tidak muncul adalah aplikasi yang memang belum diperbarui.

Baca juga : rekomendasi bot telegram yang berguna

Cara untuk memperbarui aplikasi tersebut sendiri sangatlah mudah. Anda bisa langsung membuka aplikasi Google Playstore. Selanjutnya, ketik Telegram pada kolom pencarian yang sudah tersedia. Kemudian, pilih menu perbarui pada aplikasi tersebut dan tunggu sampai proses selesai.

3. Pastikan Server Baik

Sangat penting juga bagi Anda untuk memastikan bahwa server dari aplikasi Telegram dalam keadaan baik atau tidak sedang down. Hal ini berarti, Anda bisa masuk ke akun Telegram tersebut saat server dapat diandalkan dan tidak bermasalah.

Apabila server Telegram tersebut sedang keadaan down atau bermasalah, maka ada baiknya untuk menunggu terlebih dahulu. Hingga server dari aplikasi tersebut pulih kembali. Agar nantinya lebih mudah dalam mendapatkan kode OTP yang diperlukan.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kode Telegram tidak muncul. Setiap cara tersebut ada baiknya dilakukan tanpa ada yang terlewat. Apabila belum berhasil juga, maka cobalah untuk membersihkan cache pada aplikasi tersebut pada hp.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.