Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

FTP: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Kelebihannya

2 min read

Pengertian FTP

Pengertian FTP – Bagi Anda yang sudah sering mendalami dunia komputer tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah FTP. Tanpa adanya FTP tersebut tentu seseorang tidak dapat mengunduh, menonton video, hingga melakukan browsing. Tentu saja, terdapat pula kelebihan dan kekurangan FTP.

Baca juga : fungsi dan karakteristik jaringan WAN

FTP sendiri memiliki tugas sebagai jembatan informasi komputer. Oleh karena itu, keberadaannya akan berhubungan langsung dengan setiap aktivitas yang Anda lakukan. Tidak heran jika protokol ini juga memiliki banyak fungsi yang pastinya sangat bermanfaat untuk setiap penggunanya.

Pengertian FTP

FTP atau File Transfer Protocol merupakan protokol yang memiliki tugas untuk menjembatani pertukaran informasi dalam sebuah komputer. Contohnya saja saat Anda melakukan pengunggahan file, maka seluruh aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan adanya bantuan protokol yang satu ini.

Dalam FTP sendiri memiliki dua hal penting diantaranya seperti FTP client dan FTP server. FTP Clien merupakan komputer yang Anda pakai untuk mengerjakan berbagai aktivitas. Pada komputer yang satu ini haruslah terhubung dengan FTP server untuk saling menukar file.

Hal tersebut termasuk juga dalam melakukan aktivitas seperti upload, delete, download, rename, dan lainnya. Sementara FTP server adalah server yang menjalankan software untuk memberikan layanan penukaran file. keberadaan FTP server tersebut selalu siap jika terdapat permintaan dari FTP client.

Fungsi File Transfer Protocol

Setelah mengetahui apa itu FTP, maka ada baiknya Anda juga mengetahui mengenai fungsi dari protokol tersebut. Tentu saja, keberadaan protokol yang satu ini sangat bermanfaat untuk setiap penggunanya. Di bawah ini merupakan beberapa fungsi yang bisa diketahui tersebut:

1. Mengirim Dua Arah

Apabila Anda memahami lebih lanjut mengenai pengertian FTP yang sudah dijelaskan sebelumnya, tentu saja akan lebih mudah menyadari apabila layanan tersebut dapat dimanfaatkan untuk melakukan pengiriman informasi maupun data secara dua arah.

Sebagai contohnya saat FTP tersebut digunakan di sebuah universitas. Seorang dosen dapat mengirimkan file yang diperlukan kepada asisten dosen ataupun mahasiswa dengan cara yang lebih mudah. Sedangkan asisten dosen dan mahasiswa juga dapat mengirimkan kembali kepada dosen tersebut.

2. Pertukaran File

Perlu Anda ketahui, bahwa FTP dapat berfungsi untuk pengguna website. Adanya layanan tersebut menjadikan pengguna website dapat melakukan pencadangan data web lebih mudah. Tidak heran jika keberadaannya sangatlah penting untuk digunakan.

Baca juga : fungsi protokol jaringan komputer

Terlebih saat terjadi koneksi yang tiba-tiba putus di tengah jalan ketika terdapat upaya pengiriman informasi dan data lewat FTP, maka Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai data-data tersebut. Pasalnya, dipastikan tidak akan hilang dan tetap aman.

3. Transfer Data dengan Efisien

Sebenarnya, terdapat satu hal yang menjadikan keberadaan FTP tersebut cukup populer. Yakni dapat berfungsi membuat transfer file dan data menjadi jauh lebih efisien. Pasalnya, saat seseorang ingin mengirimkan sebuah data atau file pengguna tidak perlu lagi melakukan proses yang rumit.

Tidak hanya itu saja, setiap pengguna juga dapat menggunakan layanan FTP yang disediakan tersebut. baik secara implicit remote computer hingga indirect. Tentu saja, file serta data yang ingin dikirimkan dapat lebih teratur dengan baik dibandingkan dengan lainnya.

Cara Kerja FTP – File Transfer Protocol

Pada dasarnya, FTP dapat bekerja dengan cara mengandalkan autentikasi standar. Yakni meminta pengguna komputer terlebih dahulu untuk memasukkan password beserta username agar dapat mengakses data. Dengan begitu, saat Anda ingin melakukan aktivitas maka perlu akses dari FTP.

Nantinya, password beserta username tersebutlah yang akan menjadi kunci akses dalam mengakses datanya. Dengan keberadaan password dan username tersebut, pengguna akan lebih leluasa dalam menyalin, memindahkan, menghapus, hingga membuat data pada direktori penyimpanan.

Hanya saja, sebelum hal tersebut terjadi FTP client perlu melakukan permintaan koneksi dengan FTP server. Jika sudah terhubung maka aktivitas yang diinginkan dapat dilakukan dengan baik. Dari sini dapat disimpulkan bahwa FTP memang memiliki peran yang cukup penting di dalam komputer.

Kelebihan dan Kekurangan FTP

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa FTP dapat digunakan untuk menjadi jempatan dalam proses pertukaran informasi komputer. Adapun kelebihan dari protokol tersebut adalah mempunyai sistem keamanan enkripsi pada jaringannya. Dengan begitu, tidak perlu khawatir saat menggunakannya.

Baca juga : pengertian dan fungsi UDP dalam jaringan komputer

Selain itu, FTP juga dapat dimanfaatkan sebagai penyimpanan. Dengan begitu, saat data dikirimkan tidak akan ada yang hilang dari perangkat komputer ataupun lainnya. Protokol ini juga dapat melakukan backup file maupun data, termasuk restore website sekalipun.

Lantas apa saja kekurangannya? Beberapa kekurangan tersebut seperti FTP sangat bergantung dengan sistem keamanan enkripsi. Tanpa keberadaan sistem tersebut maka keberadaannya terbilang kurang aman digunakan. Desainnya sendiri juga tidak terlalu kuat sehingga dapat membahayakan administrator.

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian FTP mulai dari fungsi, cara kerja hingga kelebihan dan kekurangan FTP. Tanpa adanya protokol tersebut, kemungkinan setiap aktivitas komputer yang biasa Anda lakukan dapat terganggu. Oleh karena itu, jangan menyepelekan penggunaan dari FTP yang satu ini.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.