Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Mengenal Bunga dan Tipe Tabungan Sebelum Membuka Rekening

2 min read

Mengenal Bunga dan Tipe Tabungan Sebelum Membuka Rekening

Mengenal bunga dan tipe tabungan – Secara umum, kegiatan operasional bank adalah merancang produk pengelolaan tabungan sebagai salah satu produk yang harus dimiliki bank manapun. Dari tabungan yang dibuka nasabah, bank akan menarik sejumlah biaya pengelolaan tertentu yang menjadi bagian dari produk.

Tabungan bisa dianggap sebagai faktor penting yang menjaga keberlangsungan suatu bank. Semakin banyak nasabah yang menggunakan fasilitas pengelolaan uang di bank, maka semakin stabil pula operasional bank tersebut.

Mengenal Apa itu Produk Tabungan

Produk tabungan merupakan simpanan dana milik pihak ketiga perorangan atau badan usaha yang dititipkan pengelolaannya kepada bank. Simpanan tersebut dapat ditarik sewaktu-waktu baik sebagian maupun seluruhnya melalui metode yang tersedia di bank yang bersangkutan.

Namun, meski memiliki fungsi yang kurang lebih sama, umumnya tabungan tidak bisa ditarik menggunakan cek, bilyet giro, ataupun alat sejenis lainnya.

Untuk bisa membuka rekening tabungan, kita perlu mengetahui ketentuan persyaratan yang ditetapkan oleh bank. Biasanya setiap bank memiliki ketentuannya masing-masing.

Setelah menentukan bank yang akan kita gunakan produk tabungannya dan memenuhi syarat pendaftaran, umumnya kita diharuskan untuk datang ke bank yang bersangkutan dan mengikuti prosedur pendaftaran dan pembukaan rekening di sana.

Persyaratan yang berlaku di banyak bank antara lain adalah kepemilikan identitas diri yang berlaku (KTP), dan mengisi formulir pengajuan pembukaan rekening yang tersedia di bank tersebut. Data-data tersebut kemudian akan diproses oleh customer service bank dan tak perlu lama kita sudah bisa memiliki buku tabungan dan/atau kartu ATM untuk penarikan uang dari mesin ATM.

Bunga Tabungan

Sebagai bentuk balas jasa dari bank kepada nasabah karena telah menggunakan produk tabungan yang disediakan, bank akan memberikan bunga dari jumlah tabungan yang disimpan nasabah di bank tersebut.

Bunga bank adalah sejumlah nominal tertentu dari perhitungan persentase terhadap jumlah tabungan nasabah per tahun yang dibayarkan bank kepada nasabah. Dengan kata lain, bunga adalah salah satu keuntungan yang didapatkan nasabah.

Persentase bunga tabungan berbeda-beda antara bank yang satu dengan lainnya. Hal ini juga terkait persaingan perancangan produk tabungan untuk meningkatkan jumlah nasabah yang menggunakan jasa tabungan.

Umumnya perhitungan bunga tabungan masing-masing nasabah memiliki 3 metode yang berbeda seperti dihitung berdasarkan saldo rata-rata, saldo terendah dalam satu tahun dan saldo harian.

Tipe-tipe tabungan

Tiap bank biasanya memiliki beberapa jenis produk tabungan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Hal ini disebabkan tabungan merupakan sumber pendapatan yang besar bagi bank dan karenanya bank akan merancang strategi agar produk-produk tabungan yang tersedia di bank tersebut dapat memenuhi sebanyak mungkin kebutuhan serta mendapatkan sebesar mungkin kepercayaan dari nasabahnya.

Dengan begitu tak heran jika tiap produk tabungan yang tersedia akan memiliki nilai-nilai keunikan dan keuntungannya tersendiri. Meskipun sangat beragam, secara garis besar berdasarkan kepemilikannya tabungan dapat digolongkan ke dalam dua jenis, yaitu:

  • Rekening Tabungan Tunggal

Rekening tabungan tunggal termasuk jenis rekening tabungan yang status kepemilikannya adalah perorangan

  • Rekening Tabungan Gabungan (Joint Account)

Rekening berjenis joint account atau tabungan gabungan ini merupakan tabungan yang kepemilikannya bisa berjumlah lebih satu orang. Jumlah maksimal kepemilikan rekening tabungan gabungan biasanya menyesuaikan kebijakan masing-masing bank.

Menabung dengan Mudah melalui digibank by DBS

Untuk beberapa orang yang memikirkan rencana jangka panjang, sudah tentu tidak asing dengan persoalan menabung di bank. Bukan hanya menyimpan sejumlah dana, menabung di bank juga bisa menjadi slah satu bentuk peningkatan aset melalui investasi.

Salah satu strategi yang digunakan bank adalah dengan menerapkan bunga tabungan dengan persentase tertentu terhadap nasabahnya. Dengan itu diharapkan akan semakin banyak orang yang membuka tabungan di bank tersebut.

Seiring berjalan waktu zaman sudah semakin maju dan sekarang kita berada di era digital, di mana segala urusan bisa diselesaikan hanya dengan menggunakan handphone kita saja.

Bersamaan dengan tuntutan kemudahan yang bermunculan, bank-bank seperti digibank by DBS pada akhirnya harus berinovasi menyediakan layanan yang mudah diakses. Untuk itulah kemudian aplikasi-aplikasi tabungan online mulai bermunculan.

Salah satunya adalah Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini membuat banyak fitur yang mempermudah keperluan perbankan, termasuk di antaranya adalah pembukaan rekening tabungan di digital banking yang sangat sederhana. Produk ini memiliki keunggulan tersendiri, yaitu:

  • Buka rekening tanpa harus pergi ke bank.

Nggak perlu lagi buang- buang waktu dengan menunggu antrean panjang, sekarang semua bisa selesai cuma pakai jempol.

  • Cuma perlu e-KTP dan sidik jari.

Ngga ada lagi berlembar lembar formulir yang harus diisi sebelum bisa mengajukan pembukaan rekening, cukup siapkan e-KTP dan scan sidik jari, semua beres.

  • Bebas biaya transfer di mana saja.

Ribet transfer uang karena perhitungan biaya transfer antar bank? Itu nggak berlaku di Aplikasi digibank by DBS. Jadi, tunggu apa lagi? Buat kalian yang belum buka rekening bank karena males ribet, download Aplikasi digibank by DBS di gawai kamu dan daftar segera!

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya tulis mengenai mengenal bunga dan tipe tabungan bank masa kini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda sebelum memutuskan untuk membuka rekening tabungan. Terimakasih dan sampai jumpa di informasi selanjutnya.

Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.