Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

3 Langkah Cara Mengatasi Kursor Hilang di AutoCAD

2 min read

Cara Mengatasi Kursor Hilang di AutoCAD

Saat menggunakan aplikasi AutoCAD, tidak jarang kursor tiba-tiba hilang dengan sendirinya. Tentu saja, hal tersebut akan menyebabkan pekerjaan yang dilakukan menjadi sangat terganggu. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi kursor hilang di AutoCAD.

Baca juga : cara mengatasi kode telegram tidak muncul

Seperti yang diketahui, kursor merupakan salah satu komponen paling penting. Pasalnya, apabila Anda kehilangan keberadaan kursor tersebut pada monitor tentu saja akan membingungkan dan memicu banyak masalah. Tanpa adanya kursor, maka seseorang tidak akan mengetahui apa yang dituju.

Mengenal Apa Itu AutoCAD

Sebuah kursor sangat penting digunakan untuk mengoperasikan AutoCAD. AutoCAD sendiri merupakan salah satu aplikasi yang sering dimanfaatkan untuk mendesain atau menyusun model dalam bentuk 3D maupun 2D. Aplikasi ini sendiri dapat diunduh oleh siapa saja termasuk pelajar secara gratis.

Keberadaan AutoCAD juga pada dasarnya dapat dimanfaatkan untuk membuat perancangan. Terlebih, aplikasi tersebut juga menyediakan banyak fitur beserta fasilitas yang cukup lengkap. Khususnya untuk pemodelan objek desain dengan begitu banyak digunakan oleh teknik sipil, arsitek, dan sejenisnya.

Terlebih, aplikasi AutoCAD juga sudah sering digunakan untuk membuat desain rumah oleh para arsitek. Tentu, tidak salah juga jika Anda sebagai pemula menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini tidak lain agar nantinya dapat menghasilkan desain dengan lebih maksimal dibandingkan yang lainnya.

Keunggulan menggunakan AutoCAD

Tentu tidak salah jika ada banyak orang dengan latar belakang dan profesi berbeda lebih memilih untuk menggunakan AutoCAD untuk membuat desain. Hal tersebut tidak lain karena adanya berbagai keunggulan dari aplikasi tersebut. Di bawah ini beberapa keunggulannya yang bisa Anda ketahui:

1. Tingkat Akurasi Tinggi

Perlu Anda ketahui bahwa AutoCAD dapat digunakan untuk membuat gambar ataupun desain dengan presisi yang sangat pas. Tidak hanya sampai disitu saja, gambar yang dihasilkan dari aplikasi ini juga memiliki tingkat akurasi yang terbilang cukup tinggi dibandingkan lainnya.

Baca juga : contoh kesimpulan laporan PKL siswa SMK

Dengan begitu, seolah-olah gambar yang dibuat tersebut dapat mendekati aslinya. Tentu saja hal tersebut akan menciptakan kesan Anda tidak menggambar melainkan menyalin objek tersebut karena tingkat kemiripannya yang begitu tinggi. Oleh karena itu, jangan ragu lagi saat ingin menggunakan aplikasi ini.

2. Proses Editing Mudah

Anda juga perlu mengetahui bahwa aplikasi AutoCAD juga menawarkan kemudahan dalam menjalankan proses editing bagi setiap pengguna setianya. Tentu saja, hal tersebut menjadi alasan banyak orang mengapa mereka lebih memilih untuk menggunakannya dibandingkan dengan yang lain.

Pasalnya, nantinya setiap pengguna tidak akan mendapatkan kesulitan yang berarti saat ingin menjalankan proses editing sebuah desain. Bahkan mereka juga dapat melakukan editing sesuai dengan keinginan dengan memanfaatkan berbagai fitur lengkap yang sudah disediakan.

3. Proses Menggambar Singkat

Dapat dikatakan bahwa AutoCAD merupakan salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk membuat gambar atau objek dalam waktu yang cukup singkat. Dengan begitu, tentu akan sangat cocok bagi siapa saja yang memang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan pekerjaan desain.

Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan aplikasi AutoCAD agar proses desain nantinya dapat dilakukan dengan waktu yang jauh lebih cepat. Tentu saja saat menggunakannya tidak perlu khawatir akan memakan waktu yang jauh lebih lama. Dengan begitu, siapa saja akan lebih mudah menghemat waktu.

4. Gambar Mudah Didokumentasikan

Aplikasi AutoCAD juga sudah dilengkapi dengan adanya fitur untuk memudahkan para penggunanya saat ingin mendokumentasikan hasil gambar yang diinginkan. Tentu saja, dengan adanya fitur tersebut akan lebih memudahkan pengguna dalam melakukan proses ploting.

Baca juga : mengenal apa itu string repeater whatsapp Android

Dengan begitu, gambar yang sudah dibuat tersebut dapat langsung disimpan dengan baik pada sebuah folder. Terlebih, folder tersebut juga bisa diberi nama sesuai dengan keinginan. Agar nantinya akan lebih mudah saat ingin mencari atau menemukan file yang diinginkan tersebut.

Cara Mengatasi Kursor Hilang di AutoCAD

Sebagai seorang pemula yang baru saja menggunakan aplikasi AutoCAD, mungkin saja Anda menemui beberapa masalah. Salah satu yang paling sering ditemui secara umum adalah kehilangan kursor pada monitor. Hal tersebut umumnya dikarenakan spesifikasi komputer yang kurang memadai.

Langkah Memperbaiki Kursor Hilang di AutoCAD

  • Pilih menu option.
  • Selanjutnya masuk pada tap system,
  • Lalu klik menu performance settings. Pada menu tersebut pilih manual tune.

Setelah itu, Anda bisa melakukan setting manual performance tuning. Caranya adalah dengan melakukan ceklis pada kolom enable hardware acceleration. Setelah itu, ubah pada bagian transparancy quality menjadi faster atau low. Jika sudah, terakhir langsung pilih saja apply.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi kursor hilang di AutoCAD yang bisa Anda lakukan. Dalam hal ini sendiri sangat penting untuk menggunakan komputer dengan spesifikasi memadai. Hal ini dilakukan agar nantinya tidak akan ada masalah lagi mengenai kursor yang hilang tersebut.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.