7 Fungsi dan Tujuan Mempelajari Rekayasa Perangkat Lunak

3 min read

Rekayasa perangkat lunak

Banyak dari kita mungkin belum mengetahui seputar istilah rekayasa perangkat lunak atau yang disingkat RPL ini, pada umumnya rekayasa perangkat lunak merupakan jurusan SMK yang belajar mengenai ilmu pemrograman dasar yang menginduk pada ilmu komputer. Dalam bahasa inggris rekayasa perangkat lunak lebih dikenal dengan sebutan Software Engineering. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih lanjut mengenai fungsi dan tujuan mempelajari rekayasa perangkat lunak yang menarik untuk diketahui, simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa perangkat lunak ialah cabang ilmu komputer yang berfokus pada konsep pembuatan dan pengembangan (develop) sebuah program perangkat lunak (software) pada sistem komputer. Dengan mempelajari ilmu ini, tentu siapapun dapat memahami lebih lanjut seputar pemrograman dalam mengembangkan suatu perangkat lunak komputer.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft excel bagi pengguna

Dalam mempelajari ilmu ini, tentu terdapat berbagai manfaat yang berhubungan dengan ilmu komputer dan keberadaannya saat ini dibutuhkan di banyak bidang pekerjaan, khususnya komputer. Hal ini disebabkan karena komputer membutuhkan program atau software tambahan yang sebelumnya telah dirancang oleh pengembang (developer) untuk dapat digunakan dengan baik. Akan tetapi, komponen sistem operasi seperti windows, linux, macos atau yang lainnya juga ikut berperan penting dalam penggunaan perangkat komputer tersebut.

Fungsi dan Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak

Fungsi dan tujuan mempelajari rekayasa perangkat lunak

Saat ini jurusan RPL atau singkatan dari rekayasa perangkat lunak terus mengalami perkembangan yang cepat, Berikut dibawah ini pembahasan lengkap mengenai beberapa fungsi dan juga tujuan dari rekayasa perangkat lunak yang perlu diketahui, diantaranya yaitu :

1. Mengembangkan perangkat lunak yang bermanfaat

Fungsi dan tujuan dalam mempelajari rekayasa perangkat lunak yang pertama ialah dapat mengembangkan suatu sistem perangkat lunak yang bermanfaat bagi penggunanya. Dalam hal ini seseorang yang mempelajari ilmu ini dituntut untuk bisa membuat spesifikasi perangkat lunak yang dirancang khusus sesuai bidang yang dipilih, seperti pengelolaan data siswa, data rumah sakit dan hal lainnya.

Tanpa mempunyai fungsi yang spesifik sebuah perangkat lunak tidak akan digunakan oleh banyak pengguna. Maka dari itu, dengan mempelajari ilmu rekayasa perangkat lunak dapat membuat anda menjadi lebih mengerti seputar pengembangan dan perancangan software dengan fungsi tertentu, agar penggunaannya menjadi lebih maksimal.

2. Mampu melakukan pemeliharaan dan perawatan pada perangkat lunak yang telah dibuat

Kemudian, mampu untuk melakukan pemeliharaan dan perawatan pada sistem perangkat lunak yang telah dibuat. Saat mempelajari rekayasa perangkat lunak, anda tidak hanya fokus dalam pembuatan sistem software saja, akan tetapi juga memahami lebih lanjut mengenai maintance dan perawatan perangkat lunak tersebut. Maintance atau perawatan juga sangat diperlukan, karena tanpa hal tersebut perangkat lunak akan mengalami beberapa kendala dan tidak dapat digunakan dikemudian hari.

Perlu diketahui juga bahwa setiap pengembang sistem perangkat lunak yang ada saat ini dapat dipastikan akan melakukan perawatan setiap beberapa minggu sekali atau sebulan sekali. Hal ini dilakukan karena untuk mengetahui kerusakan atau bug dalam sistem perangkat lunak, kemudian pengembang akan menutup bug dan meningkatkan keamanan sistem perangkat lunak tersebut.

3. Meningkatkan kemampuan dan fitur perangkat lunak menjadi lebih baik

Terkadang sistem perangkat lunak yang telah dibuat juga memerlukan pembaruan sistem atau update secara berkala, hal ini diperlukan karena fungsi dan fitur pada perangkat lunak tersebut bisa saja usang atau terdapat berbagai kendala saat dijalankan oleh pengguna.

Maka dari itu, dengan mempelajari lebih lanjut mengenai ilmu rekayasa perangkat lunak dapat membuat seseorang lebih paham dan mampu dalam mengembangkan serta memperbarui perangkat lunak menjadi lebih baik ketika digunakan.

4. Menciptakan perangkat lunak yang mudah dipahami (user friendly)

Saat ini, banyak dari pengguna lebih menyukai desain perangkat lunak yang tidak ribet saat digunakan. Dalam hal ini, sistem perangkat lunak yang dapat dikatakan user friendly ialah memiliki interface yang teratur serta tataletak fitur yang tidak membingungkan pengguna.

Bagi mereka yang telah mempelajari ilmu rekayasa perangkat lunak dapat dikatakan telah paham dan mengerti tentang hal ini, sehingga dapat lebih membantu mereka dalam hal merancang dan mengembangkan suatu sistem software atau perangkat lunak dengan tampilan desain yang user friendly serta dapat digunakan dengan mudah oleh banyak pengguna.

5. Dapat menerapkan langsung atau integrasi dari sistem perangkat lunak ke berbagai alat mekanikal yang dibutuhkan

Di era modern saat ini ada beberapa alat mekanikal modern yang diperlukan dalam bidang pekerjaan, contohnya seperti robotic yang memerlukan integrasi dengan layanan perangkat lunak yang dibuat supaya dapat berjalan dan bekerja dengan baik.

Bagi mereka yang mempelajari ilmu rekayasa perangkat lunak dapat dikatakan sudah mengetahui hal ini, dengan keahlian yang telah dipelajari dari ilmu tersebut dapat membuat seseorang lebih paham dan mampu dalam melakukan integrasi data sistem perangkat lunak kedalam berbagai peralatan mekanikal yang dibutuhkan, sehingga kegiatan operasional dan pengembangan data dari alat tersebut dapat berjalan dengan optimal.

6. Mempelajari berbagai bahasa pemrograman

Rekayasa perangkat lunak juga berhubungan dengan banyak bahasa pemrograman, seperti PHP, codeigniter, dino, C++, laravel dan bahasa program lainnya. Oleh karena itu anda dapat mengasah dan mempelajari ilmu pemrograman lebih dalam melalui jurusan rekayasa perangkat lunak ini.

7. Menciptakan inovasi perangkat lunak yang dibutuhkan banyak orang

Fungsi dan tujuan dalam mempelajari rekayasa perangkat lunak yang terakhir ialah dapat menciptakan inovasi perangkat lunak yang kehadirannya dibutuhkan banyak orang. Dengan adanya ilmu ini dapat membuat seseorang menjadi lebih terdorong dalam membuat inovasi baru yang luar biasa.

Contohnya saja seperti sistem robot kecerdasan buatan (AI) yang saat ini terus dikembangkan oleh banyak perusahaan besar dunia yang memiliki kemampuan berbicara seperti manusia pada umumnya. Bukan tidak mungkin, anda juga bisa menjadi pengembang perangkat lunak yang inovatif dengan mempelajari rekayasa perangkat lunak ini.

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat dari saya mengenai fungsi dan tujuan mempelajari rekayasa perangkat lunak yang perlu anda ketahui, semoga penjelasan diatas tadi dapat berguna dan menambah wawasan anda. Sekian dari saya dan seperti biasa terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *