12 Kelebihan dan Kekurangan Handphone Bagi Pengguna

3 min read

Kelebihan dan kekurangan handphone

Saat ini teknologi terus mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal ini dibuktikan dengan adanya perangkat komunikasi modern seperti telepon genggam atau sering dikenal dengan handphone (HP) yang mempermudah banyak orang dalam berkomunikasi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih lanjut mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan handphone bagi pengguna yang perlu anda ketahui, simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Handphone

Handphone atau smartphone merupakan alat komunikasi elektronik masa kini yang dilengkapi dengan jaringan telepon nirkabel seperti GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan jaringan sistem CDMA (Code Division Multiple Access). Didalamnya juga terdapat berbagai fitur dan aplikasi modern yang dapat digunakan sesuai kebutuhan penggunanya seperti menyimpan data, berbagi file, melakukan panggilan, bermain game dan hal hal lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Handphone

Penggunaan perangkat handphone sangat mempermudah banyak orang dalam melakukan komunikasi dengan cepat, hal ini disebabkan karena perangkat telepon genggam di era modern saat ini mempunyai ukuran yang fleksibel dan portable yang berarti bahwa perangkat ini dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan handphone yang menarik untuk diulas.

Kelebihan Handphone

Kelebihan handphone

Tentu kehadiran perangkat handphone sangat membantu setiap kehidupan manusia dalam beraktivitas sehari hari. Berikut dibawah ini merupakan ulasan mengenai beberapa kelebihan handphone bagi pengguna yang perlu diketahui, diantaranya yaitu :

1. Mempermudah komunikasi dan interaksi sosial

Kelebihan handphone atau smartphone yang pertama ialah mempermudah komunikasi dan interaksi sosial antar manusia. Dengan adanya teknologi komunikasi seperti perangkat smartphone ini akan lebih mempermudah interaksi sosial antar manusia, baik itu saudara, tetangga, teman dan sebagainya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft access

Hal ini memiliki artian bahwa para pengguna dapat berkomunikasi atau dengan mudah tanpa perlu keluar rumah ataupun bertemu secara langsung dengan lawan bicara, maka dari itu manfaatkan teknologi ini dengan sebaik-baiknya.

2. Lebih fleksibel dan portable

Keunggulan handphone yang berikutnya ialah lebih fleksibel dan portable, mungkin anda telah mengetahui hal ini bahwa perangkat handphone di era modern saat ini mempunyai ukuran dan bentuk yang kecil dan pas saat digenggam. Tentu hal ini merupakan kelebihan handphone yang dapat dengan mudah dibawa kemana saja dan bisa digunakan kapanpun sesuai kebutuhan penggunanya.

3. Mempermudah mendapatkan informasi

Saat ini, di perangkat handphone yang sedang anda gunakan pasti terdapat sosial media seperti youtube, facebook, instagram ataupun twitter. Dengan adanya sosmed tersebut tentu akan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi terkini dengan cepat dan tanpa ribet.

4. Terus mengalami perkembangan

Kemudian, perangkat handphone juga terus mengalami sejumlah perkembangan yang sangat signifikan. Pastinya fitur dan komponen yang ada dalam perangkat ini terus mengalami peningkatan, seperti komponen prosesor, kamera, ram dan hal lainnya yang memiliki spesifikasi yang semakin tinggi setiap tahunnya.

5. Dapat digunakan oleh semua kalangan

Kelebihan dari handphone yang terakhir ialah dapat digunakan dengan bebas oleh semua kalangan, baik anak-anak, remaja ataupun orang tua. Tentu hal ini tidak terlepas dari harga yang dimiliki perangkat handphone saat ini yang relatif leboh murah.

Kekurangan Handphone

Kekurangan handphone

Setiap hal yang ada didunia ini pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan handphone yang juga terdapat beberapa kekurangan didalamnya yang menarik untuk diulas lebih lanjut. Berikut dibawah ini beberapa kekurangan handphone bagi pengguna yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Radiasi yang dapat mengganggu kesehatan pengguna

Kekurangan handphone yang pertama ialah terdapat efek radiasi yang dapat menganggu kesehatan pengguna apabila digunakan terus menerus tanpa henti. Hal ini perlu anda ketahui juga bahwa perangkat handphone yang kita gunakan saat ini mengeluarkan radiasi dalam tingkat kecil yang dapat masuk ke jaringan tubuh manusia. Maka dari itu, anda harus lebih bijak dan ingat waktu saat menggunakan perangkat handphone ini, karena yang berlebihan itu tidak baik.

2. Penyebaran HOAX menjadi semakin cepat

Hoax atau berita palsu kehadirannya memang sangat meresahkan masyarakat, mudahnya penggunaan sosial media yang ada diperangkat handphone juga mempercepat penyebaran berita yang belum tentu terbukti benar. Maka dari itu, anda harus lebih teliti dalam membaca dan menyebarkan berbagai berita yang muncul di sosial media yang digunakan.

3. Sering terjadi tindakan penipuan

Tindak kejahatan seperti penipuan seringkali terjadi pada pengguna yang tidak teliti ataupun gaptek. Umumnya tindak kriminal digunakan melalui sms ataupun telepon, namun sosial media baru baru ini juga menjadi sasaran empuk bagi sindikat kriminal dalam melancarkan aksinya.

Maka dari itu, anda harus lebih waspada dan ekstra berhati-hati apabila seseorang yang tidak dikenal menghubungi anda. Bila perlu selalu tanyakan pada saudara atau teman dekat anda yang paham betul tentang hal tersebut serta hindari melakukan login sembarangan dan klik link palsu yang ada diinternet. Tetap waspada dan semoga kita selalu terhindar dari hal hal tersebut.

4. Dapat mempengaruhi perilaku dan sikap pengguna

Kekurangan perangkat handphone yang selanjutnya ialah dapat mempengaruhi perilaku dan sikap pengguna, khususnya anak-anak atau remaja. Kurangnya kontrol dan pengawasan orang tua dalam menggunakan handphone tentu dapat mengubah perilaku seseorang yang belum cukup umur, hal ini disebabkan karena berbagai konten dewasa tersebar dengan cepat dan dapat diakses dengan mudah.

Maka dari itu, bagi anda para orang tua harus mengawasi aktivitas dan penggunaan smartphone tersebut. Bila perlu pasang aplikasi google family link (tersedia diplay store) pada perangkat tersebut untuk memantau dan membatasi aktivitas anak anda dari jarak jauh.

5. Tidak ada kontak fisik

Kelemahan handphone berikutnya ialah tidak ada kontak fisik. Dalam menggunakan handphone dalam berkomunikasi tentu anda tidak bisa melakukan kontak fisik seperti bersalaman, bercanda gurau atau hal lainnya. Maka dari itu apabila terdapat hal yang dirasa penting, lebih baik bertemu secara langsung dengan lawan bicara agar meminimalisir terjadi salah paham saat berkomunikasi.

6. Pengeluaran menjadi lebih banyak (pemborosan)

Dengan mempunyai perangkat handphone atau smartphone ini dapat membuat pengeluaran menjadi lebih banyak, hal ini disebabkan karena sebelum menggunakannya anda harus membeli layanan internet yang berlaku setiap 30hari atau sebulan sekali. Maka dari itu, anda harus menggunakan smartphone dalam hal yang positif supaya pengeluaran tidak menjadi sia sia.

7. Menganggu perkembangan anak

Dampak negatif menggunakan handphone yang terakhir ialah dapat menganggu perkembangan anak. Dengan canggihnya fitur yang ada dalam perangkat handphone masa kini akan membuat pengguna menjadi candu khususnya pada anak-anak dan pelajar, tentu hal ini akan menganggu aktivitas sekolah dalam menerima pelajaran.

Hal seperti bermain game, menerima sms, melakukan panggilan ke teman atau lainnya dapat menganggu aktivitas belajar mengajar, apalagi anda mungkin pasti mengetahui hal ini bahwa siswa di Indonesia seringkali ketahuan bermain game saat guru tengah menjelaskan pelajaran. Maka dari itu, saya harap anda tau waktu dan lebih bijak dalam menggunakan handphone, tetap sopan pada guru dan jadilah generasi yang berbudi luhur.

Penutup

Nah itu tadi pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan handphone bagi pengguna yang perlu diketahui, semoga penjelasan diatas tadi dapat dicerna dengan baik dan bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dari saya dan terimakasih telah berkunjung di blog mas dzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *