Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

8 Fungsi Backlink sebagai Komponen Pembangun Website

2 min read

Fungsi Backlink sebagai Komponen Pembangun Website

Tidak semua orang tahu tentang bagaimana penggunaannya, tetapi pada dasarnya semua orang pernah menggunakannya. Fungsi backlink sendiri mendorong beberapa blogger untuk lebih giat agar mendapatkan yang berkualitas dari situs-situs terbaik juga sehingga tingkat kredibilitas meningkat.

Baca juga : tips cara mengelola blog online dengan efektif

Jika Anda masih bingung bagaimana model dari backlink adalah saat membuka sebuah website atau tulisan berwarna biru yang nantinya bisa di klik lalu masuk ke halaman website lain. Itulah penerapan backlinknya pada sebuah website, memberikan pintu masuk pada informasi lain sejenis.

Fungsi Backlink bagi SEO Website

Keberadaan SEO dalam menjalankan sebuah website tentunya menuntut beberapa komponen agar proses kinerja sempurna. Salah satunya adalah pemanfaatan backlink sebagai pendukung sebuah situs menjadi semakin, dan berikut ini beberapa fungsinya dilihat dari pandangan SEO untuk websitenya.

1. Peringkat Pencarian menjadi semakin Meningkat

Semakin banyak sebuah website mempunyai backlink di dalam websitenya tentu saja peringkat pencariannya menjadi meningkat dibanding dengan situs sejenis lainnya. Hal itu karena traffic pengunjung ikut meningkat, yang berarti SEOnya berjalan secara sempurna melalui backlink.

Backlink ini merupakan salah satu komponen pendukung dari SEO sehingga jika sebuah website memasukkan tautan backlinknya sesuai pembahasan konten serta keywordnya tentu SEO juga mengikutinya. Oleh karenanya keberadaannya memiliki fungsi meningkatkan peringkat pencarian.

2. Meningkatkan Traffic Pengunjung Website

Sebuah website tidak begitu saja mendapatkan backlink, para blogger harus melakukan berbagai cara agar websitenya mendapatkan backlink-backlink berkualitas. Hal tersebut tentunya didukung dengan adanya SEO, oleh sebabnya adanya komponen ini akan meningkatkan traffic pengunjung pada website.

Baca juga : jasa backlink media nasional Indonesia ternama

Semakin backlink yang diletakkan pada website berkualitas, tentu saja pengunjung akan lebih menyukainya karena mendapat tambahan informasi. Setelah mendapatkan pengalaman tersebut mereka membagikan tautan websitenya sehingga menarik user lainnya menjadikan traffic meningkat.

3. Optimalisasi dari Proses SEO dalam Website

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa backlink merupakan komponen dalam proses kinerja SEO sehingga fungsinya adalah lebih mengoptimalkan prosesnya tersebut. Dengan penambahan komponennya tersebut, sebuah website akan lebih mudah menjalankan SEO karena terbantu.

Terbantu dalam hal memberikan keyword dalam bentuk tautan berkelanjutan, sehingga SEO ini secara disengaja berjalan sempurna untuk mencapai tujuan bersama. Tentu saja tujuannya adalah menampilkan website di halaman depan hasil pencarian dan berada di urutan pertama.

4. Meningkatkan Kredibilitas dan Reputasi

Salah satu cara blogger mendapatkan backlink dengan little struggle adalah menjalin hubungan pertemanan bersama blogger-blogger lainnya. Tentunya harus memilih teman dengan website berkualitas sehingga dapat berpengaruh pada situs Anda. Dari situlah nanti kredibilitasnya naik.

Backlink yang didapatkan menampilkan halaman website lain dengan informasi berkualitas tentunya akan berpengaruh pada situs utamanya. Hal tersebut secara kebetulan akan meningkatkan kredibilitas dan reputasi untuk website-website melalui penilaian dari setiap pengunjung lalu mengklik backlinknya.

5. Memaksimalkan Pasif Income dengan Traffic Meningkat

Semakin banyak backlink berkualitas yang ada di dalam website, traffic pengunjung meningkat sehingga juga akan memaksimalkan pasif income atau pendapatan melalui iklan-iklan. Sudah bukan rahasia lagi, website-website bertrafik tinggi mendapatkan pemasukkan secara konstan dari iklan di dalamnya.

Baca juga : tips cara meningkatkan authority website

Pastinya pemasang iklan akan tertarik menampilkan iklannya di dalam website karena pengunjung atau traffic disana baik sehingga banyak yang akan melihat iklannya. Logika masuk akal tentang marketing. Selain itu, blogger dengan website berkualitasnya juga akan mendapat dari Google Ads.

6. Meningkatkan Traffic Rujukan yang Berkelanjutan

Memasukkan backlink ke dalam website tentunya bersifat berkelanjutan yang memang akan menguntungkan pengunjung juga pemilik websitenya. Berbeda dengan memberikan tautan biasa, backlink-backlink ini akan bekerja memberikan informasi tambahan secara terus menerus.

Hal tersebut tentunya karena semakin banyak komponen tersebut berpencar di dalam website akan meningkatkan traffic pengunjung dan pada akhirnya banyak blogger lain akan memasukkan linknya disana. Itulah yang membuat trafficnya berkelanjutan hingga ada link-link baru dengan informasi fresh.

7. Meningkatkan Angka Penjualan dan Pendapatan

Untuk website e-commerce atau penjualan digital adanya backlink ini akan meningkatkan penjualan mengikuti pendapatannya. Cara kerja yang sama pada memaksimalkan pasif income, bedanya situs belanja mendapatkan pelanggan dengan melakukan pembelanjaan menggunakan websitenya tersebut.

Berbeda dengan menggunakan aplikasi belanja, jika melalui website pemilik toko tidak memberikan potongan khusus misalnya seperti gratis ongkir. Hal itulah yang sekiranya dapat meningkatkan angka pendapatan dan mengikuti penjualannya karena semakin banyak yang mengenali produknya.

8. Memperluas Jangkauan Lingkup Sesama Blogger Online

Dengan mencari backlink tentunya seorang blogger akan melakukan berbagai cara salah satunya menjalin hubungan atau link dalam lingkup sesama blogger.

Baca juga : manfaat backlink media nasional Indonesia

Ini juga termasuk hal yang positif karena dari backlink-backlink, jangkauan pertemanan jadi semakin luas dan authority website semakin kuat.

Penutup

Beberapa fungsi backlink di atas sudah sangat bisa membuktikan perannya dalam dunia SEO untuk memajukan perkembangan pada sebuah website.

Walaupun penting, ada beberapa blogger yang masih menganggap fungsinya tidak begitu berpengaruh di websitenya sehingga mengabaikannya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.