Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Mengenal 7 Jenis Baut dan Mur yang Sering Digunakan

2 min read

Jenis Baut dan Mur yang Sering Digunakan

Seperti yang kita ketahui bersama, penggunaan baut dan mur tidak dapat dipisahkan di kebutuhan sehari-sehari, apalagi yang berhubungan dengan alat teknik professional. Nah di artikel ini, saya akan membahas seputar beberapa jenis baut dan mur yang sering digunakan.

Apa Itu Baut dan Mur?

Bolt atau dikenal dengan nama baut ialah benda batangan berbagai ukuran dengan bentuk spiral di permukaan utamanya, sedangkan mur adalah pasangannya.

Baca juga : mengenal fitur terbaru whatsapp di Android

Dalam penggunaannya, dua benda yang saling berkaitan ini memiliki fungsi utama untuk menggabungkan beragam jenis komponen yang terpisah agar menjadi satu bagian dengan sifat tidak permanen. Sehingga, sambungan pada baut dan mur dapat dipasang dan dilepas kembali dengan mudah tanpa harus merusak benda yang digabung.

Umumnya, mur dan baut diterapkan sebagai penyambung komponen terpisah yang digunakan dengan memutarnya searah jarum jam, ini seringkali disebut dengan istilah ulir kanan. Namun, di kebutuhan tertentu lainnya seperti pedal sepeda, penggunaan baut dan mur diputar dengan berlawanan dengan arah jarum jam (ulir kiri).

Jenis-jenis Baut

Ada banyak jenis baut dan mur yang dimanfaatkan di industri konstruksi bangunan dan otomotif. Kebanyakan dapat ditemui pada bagian kendaraan bermotor seperti motor atau mobil, lalu juga turut menjadi bagian yang berperan penting dalam pembuatan struktur jembatan dan beragam jenis konstruksi lainnya. Tak hanya itu, kedua komponen ini turut dipakai dalam pembuatan mesin di industri otomotif.

Berikut dibawah ini beberapa jenis baut dan mur secara umum yang sering digunakan di berbagai industri, diantaranya yaitu:

1. Carriage Bolts

Carriage Bolts

Jenis ini sering diterapkan pada penggabungan benda berjenis kayu. Di bagian lehernya, baut carriage bolts mempunyai struktur persegi empat dan berbentuk kubah di bagian kepalanya. Kedua bentuk ini berfungsi sebagai pengerat komponen yang bertujuan untuk menggabungkan dua komponen terpisah dengan kuat.

2. Square Head Bolts

Square Head Bolts

Jenis baut selanjutnya yaitu Square Head Bolts yang hingga kini menjadi favorit bagi banyak orang untuk digunakan. Baut square head bolts memiliki kepala dengan bentuk segi empat yang biasanya dimanfaatkan pada beragam pekerjaan konstruksi dan industri berat.

3. Flange Bolts

Flange Bolts

Jenis baut flange bolts ialah baut yang di sisi bawah kepalanya memiliki struktur bubungan (flens). Bubungan ini dirancang agar menghasilkan kekuatan lebih pada sambungan baut, contohnya yaitu menggunakan washer. flange bolts tersusun atas beragam material, mulai dari baja hitam hingga elemen besi biasa.

4. Hex Bolts

Type hex bolts

Jenis baut yang sering digunakan selanjutnya yaitu hex bolts yang banyak dipakai di beragam pekerjaan reparasi dan pekerjaan konstruksi. Hex bolts mempunyai bentuk kepala segi enam (hexagonal). Umumnya, jenis hex bolts tersusun dengan bahan baku tertentu, ini tergantung dari komponen yang hendak digabungkan.

Baca juga : mengenal harga bahan bangunan di Indonesia

Adapun material pada pembuatan baut jenis ini yaitu ; alloy steel, stainless steel dan carbon steel yang juga disusun dengan bahan seng plating (kadium) untuk mencegah terjadinya korosi.

Penggunaan baut dengan kepala segi enam jenis hex bolts ini sangat beragam, mulai dari konstruksi, otomotif, perbaikan, eksterior, wilayah pesisir (kelautan) dan lingkungan dengan suhu cukup tinggi.

Jenis-jenis Mur

Penggunaan mur juga sangat penting dalam berbagai hal, mur sendiri mempunyai beragam model dengan bentuk yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan konstruksi atau teknis.

Berikut dibawah ini beberapa jenis mur dengan tipe kepala berbeda yang sering digunakan dalam banyak hal, diantaranya yaitu:

1. Mur Segi Enam

Mur Segi Enam

Jenis mur yang sering digunakan pertama yaitu mur segi enam yang mempunyai bentuk segi enam (hexagonal plain nut), mur ini umumnya dipakai pada seluruh keperluan industri.

2. Castellated Nut

Castellated Nut

Mur ini memiliki kepala bagian atas bentuk mahkota dengan slot pengunci yang termasuk jenis mur yang mempunyai mekanisme penguncian (castellated nut & slotted nut).

Perlu Anda ketahui, kepala berbentuk mahkota ini berfungsi dalam mengatur dan mengunci posisi mur agar tidak perpindah posisi yang telah diatur sebelumnya.

3. Mur Pengunci

Mur Pengunci

Dan yang terakhir yaitu lock nut atau mur pengunci, ini termasuk mur dengan dimensi lebih tipis daripada jenis mur yang lainnya. Mur jenis lock nut ini umumnya berfungsi sebagai pengunci di bawah mur utama dalam menghubungkan bagian yang terpisah.

Informasi Tambahan

Saya harap beberapa penjelasan seputar jenis baut dan mur diatas tadi dapat membantu Anda lebih memahami jenis-jenis dan penggunannya. Semoga bermanfaat ya.

Baca juga : cara diliput media online ternama di Indonesia

Jika Anda sedang mencari tempat untuk membeli kedua benda ini, Anda bisa langsung mengunjungi monotaro Indonesia yang menyediakan berbagai baut dan mur sesuai kebutuhan Anda.

Ada beragam harga baut dan mur yang sangat terjangkau di monotaro Indonesia, Anda bisa menghubungi customer monotaro di alamat @csmonotaro.id

Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.