Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing Masa Kini

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Setiap sistem komputerisasi pasti akan selalu mempunyai tantangan yang akhirnya menimbulkan resiko lain saat digunakan. Tetapi dibalik itu semua, juga terselip kelebihna sehingga dipilih seseorang untuk menjalan suatu program. Termasuk kelebihan dan kekurangan cloud computing dalam penggunaannya.

Baca juga : manfaat hosting untuk website blogger

Meskipun tidak banyak, tetapi poin-poin tersebut dirasa sangat rentan untuk dimasukkan ke dalam sebuah perusahaan sehingga mereka terkadang banyak pertimbangan. Sudah merupakan hal wajar karena memang mereka akan memberikan semua data serta dokumen kepada pihak ketiga.

Kelebihan Cloud Computing bagi Perusahaan

Dibalik kekurangannya yang dijadikan salah satu perusahaan sebagai alasan menolak menggunakannya, ada kelebihan untuk dijadikan bahan pertimbangan lagi. Cloud computing cenderung mempunyai resiko dan keuntungan seimbang, sehingga sebenarnya saling melengkapi, berikut beberapa kelebihannya.

1. Memudahkan dalam Manajemen Bisnis

Sudah banyak dibahas dari fungsinya, memang menjadi kelebihan penggunaan cloud computing pada perusahaan adalah memudahkan dalam manajemen bisnis. Hal tersebut tentu saja karena sistem akan membantu dalam pengolahan data dan dokumen secara otomatis, menyimpannya di ruang virtual.

Perusahaan tidak perlu repot dalam mengatur segala macam manajemen data dan dokumen karena sudah terwakilkan dengan penggunaan sistem tersebut. Adanya bantuan komputerisasi memang digunakan untuk memudahkan kinerja karyawan agar menghasilkan pekerjaan yang lebih baik.

2. Biaya Cenderung Lebih Hemat

Menggunakan cloud computing memang sangat hemat, perusahaan tidak perlu mengeluarkan investasi yang besar untuk membuat sebuah sistem sendiri. Hal tersebut karena cara kerjanya di dalam ruang virtual dari beberapa software khusus lalu disambungkan kepada jaringan setiap komputer.

Baca juga : mengenal 5 karakteristik cloud computing

Perusahaan hanya membayar upah penggunaan ruang virtual tersebut sesuai kapasitas yang diinginkan, sehingga tidak membebankan biaya lain. Jika penggunaan dirasa melebihi dapat meminta lagi dinaikkan atau ditambahkan besarnya ruangan. Hal ini menjadi salah satu poin terpentingnya pada bisnis.

3. Mempunyai Fitur Back-up dan Pemulihan Data

Salah satu fitur kelebihan pada cloud computing adalah back-up atau pemulihan. Gunanya tentu saja, saat terjadi kesalahan teknis atau misalkan perangkat rusak otomatis akan tersimpan dalam ruangan tertentu. Setelah itu, ketika ada penggantiannya data dan dokumen akan kembali lagi tanpa kurang.

Kelebihan sistem satu ini memang menjadi andalan perusahaan ketika memutuskan untuk memilihnya sebagai pihak ketiga menyimpan data serta dokumen. Fitur pemulihan ini secara otomatis akan berjalan ketika perangkat baru mulai terkoneksikan lagi dan memback-up saat terjadi kerusakan pada sistemnya.

4. Memiliki Kapasitas Penyimpanan tanpa Batas

Seperti yang sedikit dijelaskan dalam poin kedua bahwa perusahaan berhak mendapatkan kapasitas penyimpanan tanpa batas sesuai kebutuhan data dan dokumennya. Pihak ketiga atau penyedia jasa cloud computing memang memiliki kelebihan tersebut saat akan memberikan layanan pada klien.

Kapasitas ruang penyimpanan yang membutuh ruang raksasa juga tetap bisa dilayani karena tanpa batas itu tadi. Hal ini menjadi poin plus ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk menggunakannya, karena tentunya akan memiliki banyak data dan dokumen mengenai pekerjaan bersangkutan.

Kekurangan Cloud Computing bagi Perusahaan

Namanya saja sebuah sistem komputerisasi, pasti akan cenderung mempunyai kekurangan karena mereka hanya mesin tergantung pada jaringan. Hal tersebut membuatnya sangat lemah ketika dihadapkan pada resiko bocor data atau lainnya, dan berikut ini beberapa kekurangannya.

1. Adanya Ancaman Keamanan untuk Perusahaan

Kekurangan pertama akan dipikirkan lagi oleh perusahaan saat menggunakan cloud computing adalah adanya ancaman keamanan. Hal tersebut karena pihak klien akan memberikan semua informasi data dan dokumen penting kepada pihak ketiga yang kemungkinan baru dikenal untuk penyedia jasa.

Baca juga : jenis-jenis aplikasi database masa kini

Adanya pihak ketiga tersebut tentu saja sangat rawan sekali resiko bocornya data dan dokumen perusahaan yang kadang rahasia. Penyedia jasa terpercaya tidak akan melakukannya tetapi mereka hanya manusia memiliki banyak klien sehingga kemungkinan ketidaksengajaan sangat tinggi terjadi.

2. Menimbulkan beberapa Isu Teknis

Isu teknis ini juga selalu menjadi sumber kekurangan pada sistem-sistem terkoneksi internet pada komputerisasi perusahaan. Adanya pemadaman dan maintenance sangat bisa terjadi di tengah perusahaan melakukan pekerjaannya sehari-hari. Hal tersebut akan menghambat kepentingan kerja.

Selain itu, namanya saja sistem tentu saja tidak akan bisa sempurna karena digerakkan oleh mesin dan pengguna hanya perlu menggunakan kemudahannya. Poin itulah yang menyebabkan timbulnya isu teknis, tidak berbeda dari menulis dalam program tiba-tiba komputer mati tetapi data belum tersimpan.

3. Harus Tersambung dengan Koneksi Internet

Kelebihan menggunakan cloud computing adalah dapat mengakses dimana saja tetapi harus ada koneksi internet. Ternyata kelebihannya tersebut menjadi boomerang yang menjadikannya kekurangan, karena ketika pengguna berada di sebuah area jauh dari sinyal tentu saja menghambat pengaksesannya.

Kesimpulan

Beberapa kelebihan dan kekurangan cloud computing di atas bisa dijadikan bahan pertimbangan ketika akan menggunakannya di perusahaan Anda. Ada solusi untuk mengurangi kekurangannya yaitu dengan proteksi ganda terhadap data-data penting perusahaan.

Baca juga : pengertian dan fungsi cloud storage

Meski demikian, penggunaan cloud computing dalam manajemen bisnis terbukti efektif dan sangat aman, ini juga tergantung dari kebijakan setiap perusahaan. Semoga bermanfaat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

One Reply to “7 Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing Masa Kini”

  1. Ηey! Do you know if they make ɑny plugins to assist with Search Engine Optimization? I’m trying tߋ get my blog tⲟ rɑnk for some tаrgetеd keywords but I’m not seeing very good gains.

    If you knoԝ of any please share. Many tһanks!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.