Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Manfaat Hosting untuk Blogger yang Perlu Diketahui

2 min read

Manfaat Hosting untuk Blogger

Keberadaan hosting terkadang disepelekan bukan karena sengaja tetapi tidak tahu bahwa sangat penting bahkan krusial jika terlupakan. Manfaat hosting untuk blogger sangat mempunyai makna sebagai keberhasilan sebuah situs agar mudah dijangkau beberapa pengunjung di seluruh dunia.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan blogspot

Hosting sendiri merupakan layanan online yang berguna sebagai pengelolaan data-data pada website oleh pengguna melalui internet. Penyimpanan data-data tersebut meliputi video, gambar, email, script, aplikasi dan database. Mungkin jika pada Hp seperti memori Internal dan RAM dengan jumlah besar.

Manfaat Hosting untuk Blogger

Sama seperti komponen lainnya pada sebuah situs, terkadang terabaikan bukan karena sengaja tetapi tidak tahu manfaat serta kegunaan pastinya. Dari situ lah mengapa kegunaannya harus dibahas secara singkat namun jelas sehingga blogger khususnya pemula mengetahuinya. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Sebagai Penyimpanan Data pada Website Online

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit mengenai perumpamaan sebuah hosting untuk situs adalah seperti RAM dan memori internal pada HP. Digunakan untuk menyimpan data-data pada website atau situs sehingga kinerja dan performanya semakin baik ketika diakses oleh beberapa pengunjung.

Semakin besar dan kualitas hostingnya baik, tentu saja website juga bekerja secara sempurna sehingga tidak ada kata error saat mengaksesnya. Terkadang sebuat situs terkenal mempunyai banyak iklan dan menjadikannya lembat, jika Anda memikirkan hosting terbaik tentu terhindar dari masalah serupa.

2. Melindungi Website dari Serangan Hacker

Saat sebuah website mempunyai hosting, akan aman dari serangan hacker karena semua data aman diletakkan di dalamnya. Jadi pada sebuah situs hostingnya dapat diibaratkan menjadi rumahnya, sehingga meletakkan segala jenis barang apapun di sana. Kasus ini berarti barangnya tersebut adalah data-data.

Baca juga : cara mengelola blog dengan efektif

Nah, tentu saja Anda akan merasa aman jika berada di rumah sama seperti sebuah website yang sangat aman dengan mempunyai hosting sebagai hunian data-datanya. Hal tersebutlah nantinya menghindarkan situs tersebut dari kenakalan hacker-hacker tidak bertanggung jawab di luar sana.

3. Meningkatkan Performa SEO Website

Semakin tinggi atau bagus kualitas hosting yang dimiliki website tentu saja performa juga mengikutinya secara konstan. Hal tersebut akan lebih memudahkan pengunjung ketika mengaksesnya melalui hasil pencarian di mesin pencari. Dari situlah otomatis SEOnya bekerja maksimal lalu mengingkat.

Tingginya tingkatan tersebut tentu saja akan mempengaruhi jumlah traffic setiap harinya yang akan mengikuti. Semakin tinggi SEO bekerja, website juga sangat diuntungkan dengan bertambahnya pengunjung karena kemudahan mengakses informasi tanpa ada masalah eror dan sejenisnya.

4. Mempermudah Pengunjung dalam Mengakses Website

Performa sebuah website pada dasarnya akan ditentukan oleh seberapa bagus hosting yang digunakan, oleh sebab itu saat menggunakannya pengunjung akan dimudahkan. Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa kegunaannya adalah penyimpanan data pada situs sehingga meringankan kinerjanya.

Dari situlah pada akhirnya pengunjung tidak dipersulit saat mengakses meskipun adanya banyak iklan yang terpajang di sana. Informasi penting serta informative penyampaiannya tentu akan sering dijadikan andalan, pada saat itulah hosting bekerja mempermudah pengaksesan agar tidak terjadi masalah.

5. Membuat Alamat Email yang Lebih Profesional

Jika sebuah website mempunyai hosting otomatis akan memiliki domain juga, namun keduanya berbeda. Ibarat rumah dan domainnya adalah alamat sehingga ketika mempunyainya tentu akan mengikuti, begitu juga dengan manfaat kelima ini menjadikan situs lebih profesional melalui email.

Baca juga : mengenal teknik SEO blogger masa kini

Biasanya sebuah website resmi akan mempunyai alamat email sendiri yang akan disesuaikan oleh hosting dan domain itu tadi. Hanya dengan sebuah email pribadi tersebut situs Anda akan lebih terlihat profesional di mata beberapa pengunjung. Hal tersebut juga akan meningkatkan traffic pengunjung.

6. Menjadikan Website mempunyai Performa Tinggi

Semakin mahal dan terbaik hosting yang digunakan performa akan mengikutinya. Seperti pada HP, jika mempunyai RAM serta internal berkapasitas besar pasti kinerjanya bagus terjamin tidak akan mengalami sistem lamban. Begitu juga pada situs dengan hosting-hosting terbaik pilihan mereka.

Jenis-jenis dari hosting memang sangat banyak, salah satunya ditentukan berdasarkan harga, jenis websitenya, serta disk space. Dari situ lah nanti pada akhirnya situs Anda cocok menggunakan hosting model seperti apa. Memutuskan disesuaikan dari budget juga tidak masalah karena memang tidak gratis.

7. Menjamin Website dengan Kondisi Baik

Tentunya mempunyai ruang penyimpanan data sendiri, sebuah website akan mempunyai kondisi baik. Hal tersebut berhubungan pada performanya, semakin kondisinya terkendali tentu saja pengaksesannya juga tidak akan bermasalah kedepannya.

Akan tetapi, Anda pun juga harus mengeluarkan beberapa biaya untuk membelinya. Untuk nominalnya memang bervariasi, namun tetap terjangkau tentunya.

Penutup

Manfaat hosting untuk blogger di atas sudah cukup bisa meyakinkan bahwa memang jika Anda fokus terhadap website, harus memikirkan budgetnya. Hal tersebut karena manfaatnya tidak sekedar bermain-main saja tapi tentang membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi secara mudah.

Baca juga : fungsi backlink bagi website online

Akhir kata, demikianlah pembahasan tentang fungsi hosting bagi blog secara umum yang perlu Anda ketahui. Cukup sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat ya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.