Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Keuntungan Memahami Dasar-dasar SEO bagi Website

2 min read

Keuntungan Memahami Dasar-dasar SEO bagi Website

Membuat sebuah situs online tidak hanya didasarkan pada keinginan saja, namun harus tahu tentang komponen serta bagaimana mengelolanya. Salah satunya mempelajari secara singkat mengenai dasar-dasar SEO yang sudah menjadi unsur penting dalam pembuatan sebuah website.

Baca juga : cara meningkatkan authority website dengan efektif

Sudah bukan hal asing bagi beberapa website mengenal kegunaan SEO yang sangat krusial. Hal tersebut karena tanpanya, sebuah situs tidak akan mampu bersaing untuk meraih ketertarikan serta mendapatkan banyak pengunjung. Keduanya merupakan pembangun utamanya agar berkembang terus.

Keuntungan Memahami Dasar-dasar SEO

Tanpa menjelaskan secara detail sebenarnya kebanyakan blogger pasti tahu tentang SEO sebagai komponen penting dalam berkembangnya sebuah website. Oleh sebab itu untuk mempelajari dasarnya lebih baik karena mencakup semua tentangnya. Berikut beberapa manfaat SEO untuk situs-situs online.

1. Meningkatkan Penghasilan Website melalui Iklan

Sudah bukan rahasia lagi seorang blogger mendapatkan penghasilan tentunya dari pemasangan iklan dan kerjasama dengan beberapa media sosial juga penyedia iklan. Untuk sampai pada titik tersebut, mereka berusaha agar websitenya berkembang secara sempurna salah satunya dengan SEO.

Semakin SEO yang digunakan bekerja secara optimal, tentunya trafik pengunjung juga ikut meningkat. Hal tersebut lalu akan menggiring beberapa pemasang iklan tertarik karena pengunjung per harinya banyak. Termasuk kerjasama dengan salah satu penyedianya yaitu Google Ads, penghasilannya tinggi.

2. Membuat Trafik Pengunjung Meningkat

Sedikit dijelaskan bahwa kehadiran SEO bertujuan agar website bisa berada dihalaman pertama ketika users mencari berdasarkan kata kunci sesuai tema kontennya. Hal tersebut membuat SEO memiliki manfaat menaikkan trafik pengunjung karena mereka cenderung memilih di urutan pertama.

Baca juga : jasa install plugin elementor pro terpercaya

Berdasarkan pengalaman salah satu search engine yaitu Google, saat seseorang mencari sebuah kata kunci hasil dari pencariannya akan diutamakan urutan pertama. Hal itulah yang membuat SEO meningkatkan trafik pengunjung datang ke halaman website dengan SEO terbaik di antara lainnya.

3. Memudahkan Target Pengunjung menemukan Website

Dengan adanya SEO sesuai dengan tema konten setiap website akan lebih memudahkan pengunjung ketika akan mencari sebuah informasi. Hal tersebut karena telah tersaring secara otomatis melalui pemilihan SEO itu tadi. Sesuai kepanjangannya Search Engine Optimization, mengoptimalkan pencarian.

Tidak berbeda dengan sebuah pasar, dalam marketing mempunyai target segmentasi konsumen sendiri, begitu juga website yang membaginya menggunakan SEO tersebut. Hal tersebut membuat users mudah menemukan website berdasarkan kata kunci keinginannya melalui penyaringan optimalisasi tersebut.

4. Meningkatnya Kredibilitas Website

Semakin bagus SEO yang digunakan trafik pengunjung meningkat dan akhirnya menjadikan sebuah website lebih sering terexpose oleh users. Hal tersebut ke depannya akan memberikan kredibilitas atau kualitasnya semakin meningkat. Hasil pencarian dari search engine tidak pernah gagal sesuai SEO.

Hal tersebut membuat sebuah website direkomendasikan paling atas di halaman utama karena SEO-nya cukup berkualitas. Dari situlah nantinya setiap pengunjung dengan kata kunci sejenis akan selalu mengaksesnya, dan kedepannya meningkatkan jumlah users sehingga kualitasnya mulai mengikuti naik.

5. Meningkatkan Penjualan pada Bisnis yang Dimiliki

Khusus bagi website di bidang usaha, SEO bermanfaat untuk meningkatkan kuantitas pembeli pada bisnis. Tentu saja karena traffic pengunjung akan semakin meningkat dengan penggunaan search engine optimization tersebut. Hal ini menjadi salah satu upaya dalam mendapatkan konsumen baru.

Baca juga : fungsi media nasional bagi masyarakat umum

Meskipun sudah cukup mendapatkan perhatian karena SEO-nya tersebut, namanya juga berbisnis akan selalu mengharapkan seorang pembeli baru yang akhirnya menjadi langganan. Hal itu membuat optimalisasi penggunaan kata kunci sesuai bisnis dibutuhkan dalam mengelola website jualannya.

6. Bagus untuk Bisnis Jangka Panjang

Sudah sedikit dijelaskan bahwa SEO berkualitas terbaik akan memberikan keuntungan pada website yang bersangkutan. Ibarat sebuah tempat makan, walaupun sulit menemukannya karena berada di dalam gang tetap akan dicari serta dikunjungi langganannya. Seperti halnya sebuah situs.

Pada akhirnya SEO akan bergeser jika tidak memperbarui sesuai konten-konten barunya. Namun jika sudah mendapat banyak pengunjung dan iklan, setidaknya keuntungannya masih ada karena manfaat dari SEO pertama yang sudah berhasil menaikkan namanya. Disaat itulah manfaat jangka panjangnya.

7. Mendapatkan Target Pengunjung yang Tepat

Sama seperti segmentasi pasar, website juga sebenarnya mempunyai target pengunjung tersendiri. Dengan menggunakan SEO, setiap situs akan berhasil mendapatkan target-target user sesuai kontennya tersebut sehingga akan sama-sama diuntungkan. Antara pemberi informasi dengan penerima.

Di sisi lain, Anda pun juga bisa menampilkan produk pribadi ataupun mengikuti afiliate agar mendapat keuntungan lebih. Sebab, di era sekarang sudah banyak platfomr yang menawarkan kerjasama. Namun, untuk nominal keuntungan yang didapatkan juga berbeda-beda.

Kesimpulan

Ketujuh manfaat search engine optimization dirasa sangat cukup dalam memahami sebagian dasar-dasar SEO yang digunakan untuk website.

Baca juga : manfaat hosting untuk blog online

Terlepas dari manfaatnya tersebut, penggunaan komponen ini memang sudah selayaknya diterapkan pada situs-situ sehingga user pun akan selalu dimudahkan.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.