Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Inilah 7 Fungsi Media Nasional bagi Masyarakat Umum

2 min read

Fungsi Media Nasional bagi Masyarakat Umum

Tidak banyak yang tahu bahwa media nasional ini sama saja dengan media massa dan dalam UUD dikatakan sebagai pers. Perannya tentu saja sebagai pemberi berita terkini tentang beberapa aspek kehidupan di dalam masyarakat. Oleh karenanya fungsi media nasional pun terbilang sama.

Baca juga : pengertian dan fungsi press release media nasional

Meskipun saat ini media-media lebih mengutamakan penyiaran secara online, kehadirannya dalam sebuah tajuk media cetak seperti Koran masih diminati. Tetapi sayangnya sudah semakin menipis, karena terfokus pada pengalihan kemajuan teknologi. Namun masyarakat tetap selalu bisa mengikuti.

Fungsi Media Nasional bagi Masyarakat

Selalu ada di setiap berita terkini, membuat masyarakat mengabaikan fungsinya yang ada di berbagai aspek. Hal tersebut karena tidak semua dari mereka menyukai media, alasannya sudah jelas kemungkinan ada beberapa berita dilebihkan, Tetapi tetap saja mempunyai fungsi-fungsi sebagai berikut.

1. Memberi Kecerian melalui Media Hiburan

Mungkin sebagian masyarakat yang tidak terlalu menyukai berita akan menganggap media nasional selalu memberikan informasi formal. Pada kenyataannya, jaman sekarang beberapa pers tidak lupa menyertakan berita hiburan di akhir atau bahkan di tengah siaran berita-berita formal.

Salah satunya adalah informasi tentang kuliner khas Indonesia dan juga beberapa tempat wisata liburan untuk keluarga. Disitulah fungsi media nasional sebagai pemberi keceriaan melalui media-media hiburan yang disampaikan setiap harinya. Masih ada banyak berita sejenis jika Anda mengikutinya setiap hari.

2. Memantau Perkembangan Negara sebagai Lembaga Ekonomi

Pemberian berita formal memang menjadi formalitas media nasional untuk menyampaikan kondisi terkini perkembangan negara ini khususnya di bidang ekonomi. Fungsinya sebagai lembaga ekonomi tidak hanya dalam lingkup kecil tetapi besar sesuai dengan masalah –masalah perekonomian yang ada.

Baca juga : tips cara mengelola blog online

Pembahasan tentang naik turunnya IHSG saja masuk ke dalam kabar perekonomian negara Indonesia. Tidak hanya itu, untuk sekedar mengabarkan mengapa harga sembako meroket sudah termasuk memantau secara rutin kondisi ekonomi RI. Berita sejenis sangat dibutuhkan seluruh masyarakat.

3. Mengulas Berita Pembelajaran dengan Media Pendidikan

Selain perekonomian, media nasional juga mengabarkan tentang perkembangan pendidikan di Indonesia hingga pelosok nusantara. Hal ini juga masuk ke dalam aspek kehidupan masyarakat tidak hanya Indonesia tetapi juga dunia. Pembahasannya pun tidak ada habisnya termasuk kurikulum terbaru.

Bahkan pers sebagai media pendidikan akan berusaha mencari liputan khusus pendidikan yang ada di pelosok-pelosok nusantara. Hal tersebut ke depannya akan berguna untuk membukakan mata pemerintah agar mulai memikirkan anak-anak putus sekolah juga kekurangan sarana di sekolahannya.

4. Menyuguhkan Berbagai Liputan sebagai Media Informasi

Tentu saja pers berfungsi sebagai media informasi, karena memang berbagai macam jenis berita masuk ke dalam liputannya seperti pembahasan dari poin 1-4. Menjadi salah satu pusat penyedia info terkini yang diandalkan masyarakat, membuatnya menjadi fungsi keempat ini. Penyampaiannya pun informatif.

Dalam artian, saat media menayangkan sebuah berita tidak tanggung-tanggung menyampaikannya. Terkadang mereka turut datang ke tempat berita diambil untuk meliputnya secara langsung. Sudah pasti cocok dengan fungsinya sebagai media informasi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

5. Sebagai Media Kontrol Sosial untuk Masyarakat

Terkadang ada beberapa media-media atau pers nakal memberikan serta menyebarkan berita-berita tidak benar. Dampaknya pun masyarakat menjadi geram, bahkan sampai mengadakan protes. Sebagai fungsi media kontrol sosial, sudah sewajarnya memberikan klarifikasi mengenai beritanya.

Baca juga : manfaat menulis blog bagi pelajar

Klarifikasi tersebut tentu saja bertujuan agar bisa mengontrol masyarakat berhenti melakukan tindakan geram tersebut. Tidak sedikit media-media nakal enggan memberikan berita yang benar, sehingga media nasional berkualitas baik akan maju dengan memberikan hasil kabar sebenarnya.

6. Membantu Masyarakat Memahami Kondisi Terkini Dunia

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa media nasional berfungsi sebagai pusat informasi, sehingga sajian beritanya pun bervariasi tidak hanya dari dalam negeri. Kabar dunia pun selalu ikut serta diberikan secara baik dan benar juga informatif, tentunya juga dalam berbagai aspek kehidupan termasuk hiburan.

Hal itulah akhirnya memberikan fungsi media nasional membantu masyarakat memahami kondisi terkini dunia, termasuk wabah-wabah yang sedang terjadi. Bukan bermaksud menakut-nakuti tetapi agar selalu antisipasi. Aspek ini tentu saja masuk ke dalam media informasi untuk Indonesia agar selalu berhati-hati.

7. Mengupas Informasi secara Tuntas dan Jelas

Selain meliputnya secara langsung, mereka sebagai pers ikut serta dalam pencarian narasumber. Hal tersebutlah yang akhirnya membuat sebuah berita dikupas secara tuntas juga jelas agar masyarakat mendapatkan semua informasi lengkap.

Contohnya mengungkap oknum dengan kamera tersembunyi. Maka, tidak heran kalau ada beberapa kasus penting di Indonesia yang bisa terpecahkan dengan mudah dan dalam waktu singkat.

Penutup

Tujuh fungsi media nasional sudah cukup membuktikan bahwa mereka memberikan informasi kepada masyarakat melalui banyak perjuangan.

Baca juga : manfaat backlink media nasional bagi website

Hal tersebut tentunya bisa dijadikan pelajaran untuk selalu menghargai berita-berita yang setiap hari Anda temukan bahkan lihat di televisi.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.