Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal 3 Struktur Press Release pada Media Massa

2 min read

Struktur Press Release

Perlu diketahui istilah press release sudah banyak digunakan oleh Humas di suatu industri untuk memberikan informasi kepada publik. Karena sifatnya resmi, struktur press release harus benar-benar dipahami. Pasalnya tidak semua orang mengerti tentang naskah tersebut.

Baca juga : pengertian dan manfaat press release

Secara garis besar press release berarti suatu naskah resmi yang memuat informasi untuk dipublikasikan melalui media masa. Baik itu secara online maupun offline. Bagi yang berkecimpung dalam dunia jurnalis, pernyataan press release menjadi sebuah teknik untuk menemukan fakta.

Struktur Press Release

Perlu diketahui, tiap naskah press release memiliki tujuan yang berbeda. Mulai dari informasi mengenai layanan lublik, klarifikasi, maupun kebijakan baru yang akan diberlakukan. Data PR ini dinilai akurat karena dikeluarkan secara formal oleh industri terkait.

1. Judul

Seperti surat kabar, press release juga memiliki judul yang harus ditulis dengan kalimat lengkap. Selain itu, diwajibkan menggunakan kalimat aktif seperti menambahkan awalan ber- dan me- pada predikat.

2. Teras (lead)

Poin yang kedua ada lead yang lebih ditekankan pada subjek. Dimana pada struktur kedua inilah sejumlah pertanyaan mulai dari what, who, why, when, where, dan how digunakan.

3. Isi

Setelah mendapatkan poin penting dari hasil press release dengan 5W1H. Maka dibagian isi lebih ditekankan ke arah how dan why. Misalnya tentang bagaimana kronologinya dan mengapa hal itu bisa terjadi.

Tips Menyusun Press Release dengan Professional

Karena memuat kabar yang akurat dan terpercaya, teknik penulisan press release tidak bisa diabaikan begitu saja. Dengan penyusunan serta tata tulis yang baik akan memudahkan tulisan tersebut masuk kualifikasi terbit di media massa. Ini dia beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Mencari Intisari Berita

Teknik penulisan pertama adalah dengan memgetahui intisari atau fokus berita tersebut. Kira-kira masuk dalam kategori apa informasi yang Anda dapatkan tersebut. Tentang klarifikasi permasalahan tertentu, produk baru, atau yang lainnya.

Hal ini bisa disamakan dengan mencari tema suatu berita. Agar lebih menarik bubuhkan kalimat yang sedang jadi trend pada saat itu. Bisa diletakkan pada judul atau subjudul press release. Tentunya kalimat tersebut harus selaras dengan isi dari berita yang akan dimuat.

2. Gunakan Kata Tanya 5W1H

Agaknya penerapan kata tanya ini bukan hal yang asing lagi untuk mendapatkan suatu informasi. 5W1H yang terdiri dari what, who, why, when, where dan how ini bisa menjadi patokan dasar dalam menyusun news lead.

Baca juga : jasa press release media nasional ternama

Dengan menggunakan patokan kata tanya tersebut, informasi yang diperoleh akan lebih terkonsep. Selain itu, penulis juga tidak perlu bingung mengenai apa yang akan dipublikasikan nantinya. Pasalnya isi press release haruslah berdasarkan fakta di lapangan.

3. Pengecekan Ulang

Untuk bisa masuk kualifikasi ke penerbitan media, tirulah gaya artikel di media sasaran. Selain itu, lakukan pengecekan ulang pada press release. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya typo, gaya bahasa, serta keakuratan informasi yang ada di dalamnya.

Di bagian akhir naskah press release, bubuhkan contact person yang bisa dihubungi. Tidak lupa pula nama Anda sebagai penulis informasi tersebut. Pasalnya hasil informasi itu akan dicek kembali untuk memperoleh konfirmasi dari management sebelum masuk ke penerbitan.

4. Menggunakan Struktur Piramida Terbalik

Pada teknik penulisan semacam ini, bagian lead press release ada di bagian paling atas karena berisi kalimat pembuka berita. oleh karenanya bagian tersebut harus merangkum isi dari press release. Kemudian mengikuti di bawahnya hal-hal yang sifatnya lebih umum.

Sistem piramida ini akan memudahkan proses penyusunan. Untuk bagian isi sendiri bisa diberikan subjudul agar lebih menarik. Bagian awal harus berisi informasi penting, terus mengerucut ke hal yang kurang penting.

Macam-macam Press Release

Setelah mengetahui struktur press release juga teknik penulisannya, Anda juga perlu tahu macam-macamnya berdasarkan isi dari naskah tersebut. Ini dia macam press release berdasarkan informasi di dalamnya.

1. Produk Release

Yang pertama ada produk release yang berisikan informasi berkenaan dengan suatu produk tertentu. Di mana hal ini dilakukan untuk memperoleh kepercayaan konsumen. Selain itu, biasanya juga digunakan untuk mempromosikan produk baru ke masyarakat luas.

Oleh karenanya, produk release banyak dimuat pada laman ekonomi dan bisnis. Di dalamnya juga berisi berbagai spesifikasi produk secara detail. Sehingga masyarakat dapat mengetahui keunggulan dari barang tersebut.

2. General News atau Basic Publicity

Selanjutnya ada press release yang menjadi basic dari jenis lainnya. Pasalnya, isinya memuat tentang berbagai informasi dari sebuah perusahaan. Di mana informasi tersebut adalah yang dapat diterima oleh publik.

Baca juga : jasa backlink media nasional melalui press release

Sebelum menulis suatu naskah siaran press ada baiknya tahu dulu mengenai struktur press release dan teknik penulisan yang benar. Dengan begitu hasil dari press release tersebut dapat lebih dipercaya dan mudah dipahami oleh khalayak ramai.

Penutup

Akhir kata, demikianlah informais singkat yang dapat saya bagikan seputar struktur press release pada media massa di Indonesia saat ini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.