Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Cloud Storage: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

2 min read

Pengertian dan fungsi cloud storage

Salah satu pengembangan dari tekonologi Cloud Computing ialah Cloud Storage, atau media penyimpanan komputasi awan. Melalui metode Cloud Storage ini, file pribadi anda dapat bagikan atau bahkan anda akses ulang dari manapun dan kapanpun. Anda tidak perlu lagi khawatir jika flashdisk anda ketinggalan atau bahkan khawatir terhadap serangan virus. Data yang disimpan secara cloud akan relatif aman.

Pengertian Cloud Storage

Cloud storage merupakan salah satu metode penyimpanan data secara virtual melalui jaringan internet. Meskipun dapat diartikan sebagai penyimpanan awan, akan tetapi bukan dalam arti yang sebenarnya. Karena tidak mungkin data anda disimpan di dalam awan.

Baca juga: pengertian dan karakteristik cloud computing

Ini juga berarti anda mengakses beberapa ruang penyimpanan yang disediakan gratis ataupun berbayar secara online untuk menyimpan file data pribadi anda. Data yang sudah diupload pada ruang penyimpanan tersebut dapat anda download kembali suatu saat nanti ketika anda membutuhkannya.

Tentunya dengan satu syarat, yaitu hanya ketika anda sedang terhubung ke internet. Data tersebut sebenarnya disimpan pada suatu media penyimpanan fisik (Data Storage) yang tersusun dari ribuan hardisk yang saling terhubung satu dengan yang lain pada beberapa Datacenter.

Cloud Computing merujuk pada suatu sistem terintegrasi yang dapat diakses secara online dari manapun. Contoh paling sederhana dari Cloud Storage ialah email. Ya betul, data atau berkas termasuk foto dan dokumen yang terdapat dalam email dapat diakses dari manapun selama anda dapat terhubung dengan internet. Meskipun anda tidak pernah tahu di belahan dunia mana hardisk fisik yang menyimpan data-data tersebut.

Fungsi Cloud Storage

Berikut dibawah ini beberapa fungsi utama dari cloud storage bagi pengguna yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Keamanan

Anda tidak perlu khawatir data anda hilang atau terkena virus yang mengakibatkan file anda corrupt. Provider layanan Cloud Storage memberikan jaminan terhadap keamanan data anda.

2. Kemudahan Akses

Selama anda terhubung dengan internet, anda dapat mengakses data yang anda butuhkan tanpa perlu membawa flashdisk ataupun hardisk. Ini akan membuat pekerjaan dan gaya hidup anda lebih efisien.

3. Kolaborasi

Melalui layanan ini, anda bisa saling berkolaborasi dalam sebuah tim untuk mengakses file atau folder yang sama secara bersamaan. Fitur semacam ini memungkinkan kerjasama antar tim lintas wilayah bahkan lintas negara.

4. Backup Data

Para penyedia layanan Cloud Storage selalu menjaga server mereka untuk 100% uptime. Artinya selalu ada server berikut dengan cadangannya yang standby tanpa lelah menyediakan data untuk anda.

5. Multishare

Salah satu fungsi lainnya adalah anda bisa membagikan file yang anda miliki ke banyak orang. Tidak perlu repot-repot untuk melakukan tradisi copy-paste dari satu perangkat ke perangkat lain.

Cara Kerja Cloud Storage

Cara kerja Cloud Storage sebenarnya sangatlah mudah. Yang paling pertama ialah anda perlu terhubung dengan internet. Ketika pengguna (user) sudah terhubung dengan internet, maka pengguna tersebut mengakses server yang telah disediakan oleh pihak ketiga (provider).

Ketika login, maka otomatis sistem billing dari provider akan menentukan alokasi seberapa besar kapasitas penyimpanan yang dapat anda gunakan pada server mereka.

Selama anda dapat mengakses data server tersebut, anda tidak perlu khawatir dengan data anda. Bahkan ketika server tersebut mati (down-time) akan selalu ada server cadangan yang menjadi back-up terhadap data yang anda simpan disana.

Biasanya jika kapasitas yang anda miliki sudah mulai penuh, anda dapat menambah jumlah kapasitas penyimpanannya berdasarkan skema pembayaran tertentu. Jumlah biaya ini sangat relatif tergantung dari masing-masing provider.

Contoh Provider Layanan Cloud Storage

Berikut ini adalah beberapa contoh penyedia layanan Cloud Storage. Beberapa diantaranya ada yang menyediakan fitur layanan secara gratis. Tentunya dengan kapasitas yang terbatas.

 Penutup

Akhir kata, demikian pembahasan singkat yang dapat saya bagikan mengenai penyimpanan awan. Semoga bermanfaat dan dapat anda pahami dengan baik, cukup sekian dan terimakasih.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.