Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Tips Cara Mengatasi Format Video Tidak Didukung

2 min read

Cara mengatasi format video tidak didukung

Umumnya, video memiliki format yang bervariasi seperti MP4, MKV, 3GP dan sebagainya. Namun seringkali, banyak pengguna mengalami error berupa keterangan format video tidak didukung, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa metode dalam cara mengatasi format video tidak didukung (the file format is not supported).

Baca juga : cara menghilangkan background gambar otomatis

Error format video tidak didukung ini sering dialami oleh banyak pengguna, baik itu di smartphone android ataupun komputer. Hal ini juga pernah saya alami ketika mengirim file video melalui whatsapp atau memutar video dengan format berbeda.

Permasalahan ini dapat anda atasi ketika mengetahui apa itu penyebabnya. Seperti contoh, format video mkv yang diperoleh dari teman kamu, awalnya memang video tersebut lancar dan normal ketika diputar di smartphone temanmu. Namun ketika diputar di smartphone anda, video tersebut tidak bisa dibuka dengan pesan format video tidak didukung, kasus serupa sering terjadi pada platform lain seperti aplikasi kinemaster, snapchat, instagram atau situs web tertentu.

Penyebab Format Video Tidak Didukung

Penyebabnya tak lain yakni karena aplikasi yang anda gunakan tidak mendukung format video tersebut atau file video mengalami kerusakan (korup). Sehingga anda perlu menggunakan format video yang lain dan mengecek kembali apakah video sudah benar (tidak rusak).

Baca juga : cara memperkecil ukuran foto dengan efektif

Untuk error format video tidak didukung ketika berbagi ke whatsapp, anda bisa membungkusnya terlebih dahulu menggunakan ZIP/RAR melalui aplikasi Zarchiver (tersedia di playstore) dan mengirimnya melalui fitur pengiriman dokumen whatsapp.

Cara Mengatasi Format Video Tidak Didukung

The file format is not supported

Berikut dibawah ini beberapa metode cara memperbaiki error format tidak didukung pada video yang dapat anda prakktekkan dengan mudah, diantaranya yaitu:

1. Gunakan aplikasi lain yang mendukung format video tersebut

Cara yang pertama yaitu menggunakan program atau aplikasi lain yang support untuk memutar format video tersebut. Cara ini cukup mudah, anda hanya perlu menginstall aplikasi seperti KM Player yang tersedia diplaystore, aplikasi ini mendukung berbagai format video seperti .mkv, .mp4, .3gp dan sebagainya.

Dalam hal ini, format .mkv memiliki resolusi yang cukup tinggi dan berat. Sehingga ketika anda memutarnya menggunakan komputer atau laptop dengan spesifikasi rendah, maka video kemungkinan tersendat-sendat (lag) atau tidak dapat diputar sama sekali.

2. Ubah format file menggunakan alat konverter

Selain menggunakan aplikasi tambahan, anda juga bisa mengubahnya ke format video yang didukung oleh perangkat anda. Umumnya, format video yang didukung banyak perangkat yaitu .mp4, cara tercepat bisa menggunakan alat pengubah online di situs convert-video-online.com, semoga berhasil.

Contoh lain ketika anda mempunyai sebuah file gambar dengan jenis format .webp yang akan dikirim ke kontak Whatsapp teman anda, namun whatsapp tidak mendukung format tersebut.

Nah untuk mengatasi hal tersebut atau perlu mengubah formatnya terlebih dahulu dari .webp ke format .png atau.jpg melalui situs konverter online seperti cloud-convert.com, ilovepng.com dan sebagainya.

3. Kompress menjadi ZIP atau RAR menggunakan Zarchiver

Cara mengatasi format video tidak didukung yang selanjutnya yaitu dengan mengompressnya menjadi file ZIP atau RAR, cara ini dapat anda terapkan ketika ingin mengupload banyak file ke website, perangkat lain, Whatsapp dan sebagainya.

Baca juga : cara mengubah foto ke pdf dengan mudah

Seperti contoh di website tertentu semacam facebook hanya mendukung fomat pdf, rar dan zip. Namun, file yang akan anda upload berformat .docx alias ms word. Karena mendukung format RAR atau ZIP, maka cara terbaik yakni anda bisa mengkompressnya ke file arsip melalui aplikasi winrar atau zarchiver yang tersedia di playstore.

4. Simpan dengan format video lain

Cara yang terakhir yakni menyimpannya ke format lain yang didukung perangkat anda. Hal ini berlaku bagi anda selaku pembuat video, jika anda bukan pembuatnya, maka bisa mengabaikan metode ini.

Ketika hendak menyimpannya, pastikan telah mengetahui berbagai format video yang didukung perangkat anda. Anda bisa mengeditnya kembali menggunakan aplikasi sejenis kinemaster atau power director dan menyimpannya kembali menjadi format video yang didukung oleh perangkat (eksport).

Penutup

Akhir kata demikianlah tips dan trik singkat yang dapat saya bagikan kepada anda mengenai cara mengatasi format video tidak didukung ketika memutar video atau berbagi file ke aplikasi Whatsapp.

Semoga penjelasan diatas tadi bisa bermanfaat dan dapat anda pahami dengan baik, jangan segan untuk bertanya apabila ada pertanyaan terkait hal ini melalui kolom komentar yang tersedia dibawah artikel ini. Cukup sekian dan seperti biasa terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

One Reply to “4 Tips Cara Mengatasi Format Video Tidak Didukung”

  1. Thanks for the great guide.

    In this section “Change the file format using the converter tool”, you mentioned various tools and no doubt they are good but when it comes to privacy, I think AnyWebP should be in the list since we can convert images with it without uploading to their server.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.