Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

14 Daftar Harga Bahan Bangunan Terbaru di Indonesia

2 min read

Harga Bahan Bangunan Terbaru

Dalam membuat suatu bangunan, pasti dibutuhkan berbagai bahan material yang kompleks seperti semen, pasir, besi dan lainnya. Nah di kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai beberapa harga bahan bangunan terbaru yang perlu Anda ketahui.

Berbagai bangunan seperti gedung, rumah, sekolah atau lainnya dapat dibuat dengan kokoh apabila dibuat dengan bahan bangunan yang berkualitas. Tentu, pembangunan dapat dilakukan ketika tersedia bahan material yang diperlukan, sehingga Anda perlu memahami macam harganya.

Baca juga : teknik pemasaran modern dengan digital marketing

Perlu dipahami, penggunaan material yang seadanya dapat membuat kekuatan bangunan menjadi kurang efektif, seperti penggunaan material batu dan pasir yang didalamnya tidak ditaburi semen dengan baik. Seiring berjalannya waktu, struktur bangunan bisa saja tidak lagi kokoh dan mudah rapuh.

Penggunaan berbagai bahan bangunan secara lengkap dan benar, akan menghasilkan struktur bangunan yang berkualitas. Oleh sebab itu, Anda harus memahami hal ini agar kedepannya tidak salah dalam membangun suatu bangunan.

Jika saat ini Anda memerlukan pemborong dalam melaksanakan pembangunan atau renovasi gedung atau rumah, Anda bisa mengontak whatsapp kami melalui link ini, kami dengan sepenuh hati akan membantu Anda. Khususnya daerah kota Surabaya, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jakarta.

Jenis Bahan Bangunan

Sebelum memahami estimasi harga bahan bangunan, Anda perlu mengetahui beberapa jenis dari material bahan yang sering digunakan untuk membuat bangunan, diantaranya yaitu:

1. Semen

Semen termasuk salah satu bahan bangunan penting yang menjadi faktor keberhasilan dalam membuat pondasi dan dinding dalam bangunan.

Bahan material semen berfungsi untuk menyatukan dan pengeras dengan berbagai material lainnya. Selain itu, semen juga berperan dalam menghaluskan material tersebut.

Umumnya, semen dicampurkan dengan jumlah kecil atau lebih sedikit dibanding penggunaan material lainnya. Dengan menggunakan semen, mampu menjadikan bangunan terlihat lebih rapi serta tidak kasar saat proses pencampuran dengan material yang lain.

2. Batu Kecil

Daftar bahan bangunan selanjutnya yaitu batu kecil yang cukup penting di sebuah bangunan. Seringkali, berbagai batu kecil di gunakan pada struktur model skala kecil, seperti jalan setapak yang terdapat di area pedesaan.

3. Batu Besar

Batu besar pun dibutuhkan ketika membangun sebuah bangunan atau tempat. Umumnya, batu besar diterapkan sebagai pondasi bagian bawah ketika membuat suatu rumah.

Tentu, selain batu kecil, penggunaan batu besar wajib Anda ketahui ketika ingin membuat pondasi atau berbagai bangunan dengan skala besar.

4. Batu Bata

Saat ini, tersedia banyak jenis batu bata dengan berbagai bentuk yang dapat Anda gunakan untuk membuat bangunan. Salah satu diantaranya yaitu seperti batako, bata roster, batu bata pasir, batu bata merah dan sebagainya.

Setiap jenis batu bata tersebut mempunyai keunggulan dan kelebihannya sendiri, ada yang kokoh dan ada juga yang cukup rapuh. Sehingga, Anda perlu teliti dalam memilih jenis batu bata.

5. Pasir

Pasir juga termasuk salah satu material bangunan yang keberadaannya sangat penting di sebuah bangunan, proses dan struktur bangunan dapat tidak terbentuk dengan baik ketika tidak menggunakan pasir.

Bahan bangunan pasir berperan sebagai perekat selain semen dari berbagai campuran didalamnya dan menjadikan bangunan yang dibuat lebih halus dan kokoh. Secara umum, bahan ini diperoleh di sungai besar melalui hasil tambang.

6. Baja dan Besi

Proses pembangunan membutuhkan kedua bahan satu ini sebagai penguat dan pondasi. Untuk memperkuat struktur sebuah bangunan, Anda harus menggunakan material baja dan besi. Tanpa keduanya, tentu bangunan yang dihasilkan akan sangat rapuh.

7. Asbes

Asbes cukup penting sebagai bahan bangunan ketika membuat rumah yang diperlukan untuk pemasangan genteng agar lebih sejuk dan asri. Selain itu, pemasangan asbes yang benar dapat membuat tampilan rumah bagian atas terlihat rapi saat dipandang.

Sebenarnya, ada banyak bahan bangunan yang belum saya sebutkan. Diatas tadi, hanya beberapa dari berbagai material yang sering digunakan dalam membuat bangunan.

Harga bahan bangunan

Harga Bahan Bangunan Terbaru

  1. Batu Koral Rp. 370.000
  2. Keramik Rp. 110.000
  3. Pasir Rp. 350.000
  4. Baja Ringan Rp. 99.000
  5. Batako Rp. 1800/biji
  6. Batu Bata Rp. 500/biji
  7. Batu Bata Ringan Rp. 20.000 – Rp. 60.000
  8. Batu Kali Rp. 320.000
  9. Besi Beton Rp. 15.000 – Rp. 156.000
  10. Semen Rp. 50.000
  11. Kayu Rp. 8ooo – Rp. 128.000
  12. Tripleks Rp. 62.000 – Rp. 173.000
  13. Asbes Rp. 45.000
  14. Pipa Rp. 36.000 0,5 inc

Penutup

Akhir kata, demikianlah informasi singkat yang dapat saya tulis mengenai harga bahan bangunan terbaru dan terlengkap, semoga bisa Anda pahami dengan baik dan bermanfaat bagi banyak orang.

Apabila ada pertanyaan terkait harga material bangunan, Anda bisa berdiskusi dan bertanya melalui kolom komentar di bagian bawah artikel ini. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.