Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Alasan Kenapa Domain ID jadi Domain Paling Laris

2 min read

Alasan Kenapa Domain ID jadi Domain Paling Laris di Indonesia

Bagi kamu pemilik website, pasti telah mengetahui apa itu domain yang berfungsi sebagai alamat dari suatu website. Nah pada kesempatan ini, saya akan membahas mengenai mengapa alasan kenapa domain id jadi domain paling laris di Indonesia.

Baca juga : pemanfaatan era digitalisasi dengan berkarya melalui blog

Selain berfungsi sebagai alamat, domain juga bisa menjadi alat branding atau promosi dari bisnis yang Anda jalankan, baik itu bisnis offline ataupun digital.

Umumnya, domain yang sering digunakan oleh banyak orang yaitu .com, termasuk saya sendiri. Namun, domain .id mulai diterapkan di berbagai website populer di Indonesia.

Perkembangan Domain .id

Dalam catatan sebuah sejarah, nama domain .id baru lahir di tahun 2014. Menurut Yudha Giri Sucahyo yang merupakan ketua dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), pengguna nama domain .id mulai naik drastis ketika tahun 2019 sekitar 45 persen dengan jumlah total 135.812 yang lebih banyak daripada tahun sebelumnya.

Perkembangan yang sangat pesat ini disebabkan karena tren di kalangan pelaku bisnis sebagai langkah awal dalam melebarkan sayap ke dunia digital di Indonesia.

Baca juga : browser alternatif selain google chrome

Bukan hanya itu, penggunaan nama domain .id memiliki jumlah pengguna yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan penggunaan nama domain .co.id yang telah dipasarkan lebih awal.

Domain .id digencarkan pada tahun 2014 di Indonesia yang hingga saat ini mengalami perkembangan cukup pesat. Menurut Yudho, penggunaan nama domain saat ini memiliki arti tersendiri bagi sebuah merek atau bisnis yang penting dan bernilai.

Sebelumnya, domain hanya berfungsi sebagai pengganti alamat ip agar bisa diakses dengan mudah. Tapi, sekarang domain bisa digunakan untuk menjadi merek dagang dan hak cipta di dunia digital.

Alasan Domain Id jadi Domain paling Laris

Adapun beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai kenapa domain .id bisa menjadi domain yang paling di gemari di Indonesia, diantaranya yaitu:

1. Termasuk Domain TLD (Top Level Domain)

Seperti yang kita tau, banyak orang menyukai sesuatu yang dinamis dan serba singkat. Hal ini juga berlaku pada penggunaan nama domain .id yang termasuk domain singkat dan TLD atau jenis domain dengan level tinggi. Contoh lain domain TLD yaitu seperti .net .com .org dan sebagainya.

Penggunaan domain TLD dapat membuat merek atau bisnis yang Anda miliki lebih terlihat professional daripada domain SLD (Second Level Domain).

2. Lebih Pendek dan Mudah Diingat

Secara struktur, nama domain .id lebih pendek dibanding domain lainnya, sehingga lebih mudah dikenal dan diingat orang. Ini termasuk salah satu alasan domain id jadi paling laris di Indonesia dan meningkatnya penggunaan domain id setiap tahunnya.

3. Mempresentasikan Negara Indonesia

Domain .id merupakan singkatan dari Indonesia yang bisa dibilang menggambarkan negara Indonesia. Namun, juga dapat digunakan untuk suatu identitas, ide dan international domain dari suatu merek atau bisnis.

4. Pendaftaran Domain yang Tidak Memerlukan Dokumen

Kini, penggunaan domain .id cukup mudah dibanding .co.id yang tidak memerlukan dokumen apapun. Sama seperti domain lainnya, Anda hanya perlu melakukan pendaftaran di penyedia domain yang dapat dilakukan dengan cepat tanpa ribet.

Baca juga : pengertian dan fungsi modul SFP

Jika dilihat dari data yang dimiliki oleh PANDI di tahun 2019 bulan April, pengguna nama domain .id berjumlah 111.059 nama. Angka ini melampui penggunaan nama domain .co.id dengan total 110.111, sebenarnya nama domain .id sangat tertinggal di pada bulan maret sebelumnya dibandingkan .co.id.

5. Lebih Terlihat Professional

Kelebihan penggunaan domain id yang selanjutnya yaitu dapat membuat merek bisnis yang Anda miliki agar lebih terlihat professional. Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, secara struktur, domain .id cukup singkat dalam mempresentasikan ide atau bisnis Anda di dunia maya.

Informasi Tambahan

Singkatnya, domain .id bisa menjadi sangat populer dan disukai karena cocok untuk berbagai pengguna dan merek bisnis di dunia digital, baik itu di luar negeri ataupun dalam negeri.

Nama domain .id bisa diterapkan di beragam bisnis digital, baik itu keperluan organisasi, web informasi, kebutuhan personal dan lainnya. Berbagai hal inilah yang kemudian dapat menjadi sebuah daya tarik bagi pemiliknya. Jadi tunggu apalagi, cek domain mu sekarang juga.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya tulis seputar domain .id dan beberapa alasan mengapa domain id jadi domain paling laris di Indonesia.

Jika ada pertanyaan akan hal ini, jangan segan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah artikel ini. Cukup sekian dan seperti biasa terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

One Reply to “5 Alasan Kenapa Domain ID jadi Domain Paling Laris”

  1. Hello! I could have sworn I’ve visited this web site before but after browsing through many of the posts I realized it’s new to me. Nonetheless, I’m certainly pleased I stumbled upon it and I’ll be bookmarking it and checking back frequently!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.