7 Rekomendasi Browser Alternatif selain Google Chrome

2 min read

Rekomendasi Browser Alternatif

Dalam menjelajah internet atau mengakses sebuah situs tertentu, kurang pas rasanya kalau kita tidak menggunakan peramban yang kencang dan ringan. Istilah peramban seringkali diartikan juga sebagai web browser. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa rekomendasi web browser alternatif pengganti google chrome yang bisa anda coba secara gratis.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan internet explorer

Seperti yang kita tau, aplikasi browser berfungsi untuk melakukan pencarian seputar banyak hal terkait informasi masa kini. Umumnya, browser yang digunakan yaitu google chrome atau opera mini yang memiliki beragam kelebihan. Namun, ada juga alternatifnya yang bisa anda coba untuk mendapatkan pengalaman berbeda, simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini.

Rekomendasi Browser Alternatif

Berikut dibawah ini beberapa daftar web browser alternatif  yang bisa anda gunakan sebagai browser utama di PC atau smartphone anda, diantaranya yaitu:

1. Brave

Brave merupakan browser yang memiliki keunggulan pada kecepatan loading page, fitur perlindungan keamanan data pribadi (security protection), fitur Ad-Blocker (built-in), dan Optimasi Data agar menggunakan bandwidth se-efektif mungkin saat berselancar di internet.

Pada website resminya, mereka meng-klaim bahwa Brave browser 3x lebih kencang daripada Chrome dan memiliki perlindungan privacy lebih baik daripada Firefox. Brave browser sudah mendukung untuk di-instal di Smartphone Android maupun Iphone.

2. Vivaldi 

Diantara alternatif browser selain Chrome, Firefox, dan Opera. Browser Vivaldi bisa dianggap sebagai browser terpopuler dan pilihan terbaik. Ini karena browser Vivaldi dibangun oleh co-founder dan mantan CEO dari Opera Browser, Jon Stephenson  von Tetzchner dan Tatsuki Tomita.

Browser Vivaldi tentunya bisa disebut sebagai versi yang lebih lengkap dari Opera. Dan browser ini bisa mendukung instalasi plugin-plugin Google Chrome, dan sudah menyediakan Ad-blocker built-in, sehingga anda tidak perlu repot-repot lagi untuk meng-instal plugin Ad-blocker. Selain itu Vivaldi juga bisa di-instal di smartphone Android anda melalui Play Store.

3. Waterfox

Waterfox merupakan browser dengan performa tinggi yang dikembangkan dari platform yang sama dengan Mozilla. Yang paling mengesankan dari browser ini adalah kecepatannya. Kenapa Waterfox bisa sangat cepat? Jawabannya ialah karena browser Waterfox dibangun dengan compiler Intel C++, salah satu compiler terbaik yang ada saat ini. Dan juga tampilannya tidak kalah keren dengan Google Chrome.

4. Cent Browser

Salah satu browser yang tidak kalah keren ialah CentBrowser. Dari logonya, sudah dapat kita bayangkan bahwa tampilannya akan mirip dengan Chrome atau Chromium. CentBrowser ini memang merupakan pengembangan dari browser Chromium. Browser ini mengutamakan peningkatan pada optimasi memori, kecepatan loading page, mouse gesture dan sudah mencakup hampir segala fitur yang tersedia pada Google Chrome.

5. Maxthon

Maxthon Cloud Browser merupakan browser yang sangat multifungsi. Dilengkapi dengan fitur-fitur yang inovatif, memiliki kecepatan yang bisa diandalkan saat browsing, dan aman.

Salah satu fitur yang menarik ialah Ad Hunter, sehingga secara otomatis akan membloki iklan pop-up ataupun ads yang berkeliaran dan dapat mengganggu ketika berselancar. Yang tidak kalah keren ialah, Maxthon juga support untuk extensi atau plugin dari Google Chrome. Selain itu Maxthon juga sudah bisa anda instal di smartphone Android.

6. Min

Min dikenal sebagai browser yang keren karena kecepatannya, sangat ringan, tampilan desain interface yang minimalis, serta melindungi data privacy bagi user ketika berselancar di internet. Memiliki fitur auto block ad dan data tracking. Selain itu Min juga menyediakan Dark Theme, atau tema gelap untuk membuat tampilannya makin keren.

7. Waterfox

Basilisk merupakan web browser yang open source dan dibangun dengan Gecko sehingga memiliki tampilan dan gaya yang mirip dengan Mozilla. Tentunya browser ini juga sudah support untuk diinstal plugin-plugin milik Mozilla, karena browser ini dibangun diatas UXP (Unified XUL Platform).

Masih banyak sekali jajaran web browser lainnya yang performanya tidak kalah bagus dari browser-browser diatas. Meskipun jarang terdengar namanya, beberapa developer meng-klaim bahwa browser mereka lebih unggul dari Chrome ataupun Mozilla.

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat mengenai web browser alternatif yang dapat anda gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *