Cara Melakukan Ping Diagnosis pada Modem ZTE F609

1 min read

Cara melakukan ping diagnosis

Bagi anda para pengguna layanan provider WiFi berbayar, seperti Indihome, Biznet, Myrepublik atau lainnya pastinya pernah mengalami RTO (Request Time Out) atau error lainnya. Untuk memastikannya anda bisa melakukan ping diagnosis pada wifi tersebut, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tutorial cara melakukan ping diagnosis pada modem ZTE F609.

Baca juga : cara mematikan wps wifi indihome ZTE F609

Perlu anda ketahui, ZTE termasuk merek dagang modem wifi yang menyediakan layanan sistem operasi layaknya sebuah router untuk mengelola jaringan lokal atau wireless. Umumnya, ZTE banyak digunakan oleh layanan indihome dalam menghubungkan pengguna dengan akses internetnya.

Cara Melakukan Ping Diagnosis

  • Hubungkan perangkat smartphone android atau laptop anda ke jaringan wifi.
  • Setelah berhasil terhubung, silahkan akses alamat gatewaynya (default http://192.168.1.1) melalui browser seperti google chrome atau opera mini.
  • Silahkan login dengan username dan password yang anda miliki, default: user, admin.
  • Kemudian pada bagian kiri klik bagian Administration, lalu klik Diagnosis dan pilih Ping Diagnosis.
  • Setelah itu, tulis ip address atau hostname tujuan, bisa google.com, kemudian untuk Egress pilih Internet, lalu klik tombol Submit pada bagian kiri bawah untuk melanjutkan.
  • Tunggu beberapa saat dan akan tampil informasi terkait ping tersebut, jika koneksi buruk akan menampilkan semacam RTO atau request time out. Untuk error itu anda bisa mencoba cara restart wifi indihome ZTE.

Cara melakukan ping diagnosis

Informasi Tambahan

Pada dasarnya, tutorial ini dapat anda lakukan melalui fitur CMD atau command prompt pada perangkat laptop atau komputer windows.

Apabila belum mengetahui alamat ip untuk loginnya, anda bisa melihatnya pada bagian bawah modem atau melalui cmd, anda bisa mengikuti tutorial cara melihat alamat ip indihome melalui CMD, semoga berhasil.

Penutup

Akhir kata, demikianlah tutorial singkat yang dapat saya tulis mengenai cara melakukan ping diagnosis pada wifi indihome dengan modem ZTE F609 yang dapat anda lakukan dengan mudah.

Semoga penjelasan diatas tadi dapat bermanfaat dan bisa dipahami dengan baik, jika ada kesalahan tulisan mohon ingatkan saya melalui kolom komentar. Cukup sekian dan seperti biasa terimakasih, sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *