Cara Blokir Mac Address pada Wifi Indihome ZTE F609

1 min read

Cara blokir mac address wifi

Bagi anda para pemilik wifi yang menggunakan layanan berbayar seperti indihome seringkali dirugikan dengan adanya perangkat tak dikenal yang terhubung ke jaringan Wi-Fi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial mengenai cara blokir mac address pada wifi indihome atau modem dengan tipe ZTE F609.

Baca juga : fungsi mac address dalam jaringan wifi

Perlu anda ketahui, mac address ialah kode unik pada perangkat yang berfungsi sebagai identitas untuk berkomunikasi dengan jaringan wifi. Pada dasarnya, mac address di setiap perangkat memiliki digit yang berbeda-beda.

Pada dasarnya cac address tidak dapat diubah, namun mac address yang terdapat pada laptop atau komputer windows bisa diganti dengan menggunakan bantuan program technitium mac address changer. Anda bisa mengikuti tutorial pada artikel cara mengganti mac address komputer.

Cara Blokir Mac Address ZTE F609

  • Hubungkan perangkat smartphone android atau laptop anda ke jaringan wifi.
  • Setelah berhasil masuk ke wifi, silahkan akses alamat default gatewaynya. Default http://192.168.1.1 melalui browser seperti google chrome atau opera mini.
  • Login dengan username dan password yang anda miliki, default login (user, admin).
  • Kemudian, klik bagian Network dan pilih Associated Devices, pilih SSID1 atau yang lainnya untuk melihat mac address pada setiap perangkat yang terhubung.
  • Setelah mengetahui alamat macnya, silahkan simpan atau screenshot daftar alamat tersebut.
  • Langkah selanjutnya yaitu melakukan blokir mac address di bagian Access Control List.
  • Pilih SSID dan klik mode disabled atau blokir, isi mac address yang akan diblokir dan klik tombol add untuk melanjutkan.
  • Tunggu beberapa saat dan perangkat dengan alamat mac tersebut akan terputus koneksinya.
  • Lihat gambar dibawah ini agar lebih jelas, selesai.

Cara melihat mac address pada modem ZTE F609

Cara blokir mac address pada modem ZTE F609

Informasi Tambahan

Jika anda tidak mengetahui alamat admin atau login ke router wifinya, anda bisa melihatnya melalui command prompt (cmd) di laptop atau komputer windows dengan perintah ipconfig dan melihatnya pada bagian gateway, lihat artikel cara melihat ip indihome yang dapat anda gunakan pada provider wifi lainnya.

Penutup

Akhir kata, demikianlah tutorial yang dapat saya bagikan mengenai cara blokir mac address pada wifi indihome milik sendiri dengan modem ZTE F609.

Semoga penjelasan tadi dapat bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik, apabila ada pertanyaan jangan segan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah artikel. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *