Pengertian dan Fungsi MAC Address dalam Jaringan

2 min read

Pengertian mac address

Alamat Kontrol Akses Media atau dikenal dengan istilah MAC Address adalah kode unik yang ditetapkan untuk setiap perangkat keras yang terhubung ke Internet. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian dan fungsi mac address dalam jaringan komputer.

Baca juga : fungsi bandwidth dalam jaringan komputer

Mac address terdapat dalam Telepon kabel Internet, Kartu Antarmuka Jaringan untuk komputer desktop atau notebook, Kartu Akses Nirkabel, dan bahkan beberapa kartu memori termasuk di antara perangkat yang ditetapkan ke MAC Address.

Pengertian Mac Address

MAC Address (Media Access Control Address) merupakan alamat jaringan yang diterapkan pada lapisan data link di tujuh lapisan model OSI, yang mewakili node tertentu dalam jaringan.

Dalam jaringan berbasis Ethernet, MAC Address adalah alamat 48-bit (6 byte) unik yang mengidentifikasi komputer, antarmuka pada router, atau node lain di jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai alamat Ethernet, alamat fisik, atau alamat perangkat keras.

Ketika pabrik membuat perangkat keras jaringan, mereka akan menetapkan MAC Address yang biasanya akan diawali dengan kode yang terkait dengan pabrik. MAC Address akan unik untuk setiap perangkat, bahkan untuk dua perangkat dengan tipe yang sama serta tersusun atas 6 pasang dengan kombinasi huruf dan angka heksadesimal.

MAC Address pada Komputer

Di komputer, MAC Address ditetapkan ke kartu jaringan (NIC) yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang bersangkutan ke jaringan. Umumnya, nomer seri MAC Address tidak bisa diganti karena sudah diatur ke dalam ROM. Namun, anda juga bisa menggunakan tutorial cara mengubah mac address pada komputer anda.

Meskipun ini tidak disarankan, beberapa kartu jaringan menyiapkan utilitas yang memungkinkan pengguna untuk mengubah MAC Address.

Jika dalam suatu jaringan terdiri dari 2 kartu jaringan yang mempunyai MAC Address yang sama yang mengakibatkan terjadinya konflik alamat dan komputer tidak dapat saling berkomunikasi. Beberapa kartu jaringan, seperti kartu Token Ring, mengharuskan pengguna untuk menyetel MAC Address (tidak dimasukkan dalam ROM), sebelum dapat digunakan.

Fungsi MAC Address

Mac address

Fungsi utama dari MAC Address adalah mempermudah router dan perangkat jaringan lainnya untuk secara unik mengenali setiap jenis perangkat yang terpasang ke jaringan dengan cara tertentu.

Ini digunakan di sebagian besar bentuk jaringan komputer dan telah berkembang untuk digunakan untuk menunjukkan bahwa Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) telah diadopsi sebagai standar industri.

Jenis utama MAC Address

Perbedaan antara EUI-48 dan MAC-48 adalah bahwa MAC Address-48 ditetapkan ke perangkat keras jaringan alamat sedangkan EUI-48 ditetapkan ke perangkat lunak dan perangkat yang terhubung ke jaringan.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan wifi wireless

Format MAC-48 dapat ditemukan di Ethernet, jaringan nirkabel berbasis 802.11, Bluetooth, dan sakelar jaringan utama lainnya yang digunakan oleh perusahaan telekomunikasi. Alamat EUI-48 masih ditemukan dalam teknologi jaringan Firewire, IPv6, dan segmen kecil jaringan Internet nirkabel pribadi meskipun tidak digunakan dalam banyak hal.

Perbedaan MAC Address dan Alamat IP

Jika Anda ingin mengirim surat, Anda memerlukan alamat rumah penerima. Alamat adalah pengenal yang memberi tahu petugas pos ke mana surat harus dikirim, jadi alamatnya harus unik. Sehingga, setiap rumah memiliki alamat uniknya masing-masing.

Fungsi internet seperti layanan pos. Perangkat mengirimkan “paket data”, kemudian alamat IP dan MAC Address yang mengatur dan menentukan kemana paket data tersebut akan pergi.

Pengertian Alamat IP

Alamat IP adalah sekumpulan angka unik yang mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke internet. Untuk mengetahui dari mana alamat ini berasal, kita harus memahami cara kerja internet. Setiap jaringan disebut Penyedia Layanan Internet (ISP), dan jika Anda membeli layanan dari ISP, Anda dapat menyambungkan ke jaringan ISP tersebut.

Baca juga : fungsi pan (personal area network)

Serta semua jaringan lain yang tersambung ke ISP Anda. Setiap ISP memiliki kumpulan alamat IP yang mereka kelola, dan ketika Anda membeli layanan, Anda diberi alamat IP. Ketika data dari internet perlu sampai ke Anda, jaringan ISP melihat bahwa alamat IP unik Anda adalah tujuan, lalu merutekan data itu ke Anda.

Informasi Tambahan

Singkatnya, MAC Address adalah pengenal unik dari “antarmuka jaringan” pada perangkat Anda. Jika alamat IP ditetapkan oleh ISP dan dapat ditetapkan kembali saat perangkat terhubung dan terputus, MAC Address terikat ke pengalamat fisik dan dibuat oleh produsen perangkat.

Perlu anda ketahui juga MAC Address tersusun atas 12 digit string yang berbentuk angka serta huruf A sampai F. Agar mudah dibaca, string tersebut dibagi menjadi beberapa bagian. Ada tiga format umum, yang pertama adalah yang paling umum dan disukai:

  • 68: 7F: 74: 12: 34: 56
  • 68-7F-74-12-34-56
  • F74,123.456

Enam digit pertama disebut “awalan” yang mewakili produsen n adaptor, sedangkan enam digit terakhir nomor telepon unik untuk adaptor spesifik tersebut. Demikian ulasan tentang fungsi MAC Address semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *