Pengertian dan Fungsi PAN (Personal Area Network)

2 min read

Pengertian dan fungsi PAN

PAN adalah singkatan dari Personal Area Network, yaitu istilah dalam jaringan komputer yang seringkali disebut dengan jaringan PAN. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya secara mendalam mengenai pengertian dan fungsi pan beserta karakteristiknya yang perlu anda ketahui.

Baca juga : pengertian dan fungsi rekayasa perangkat lunak

Di era digital ini, Kita dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi agar dapat mengoptimalkan fungsinya dan memperoleh manfaatnya. Penggunaan perangkat pribadi berbasis teknologi serta kebutuhan dalam berkomunikasi juga menyampaikan informasi, memunculkan teknologi seperti PAN. Sebab mampu memberi efektifitas juga efisiensi dalam kinerjanya. Untuk lebih memahaminya, mari Kita simak definisi serta fungsi dari PAN berikut ini.

Pengertian dan Fungsi PAN

PAN adalah jaringan telekomunikasi antar device dalam jarak yang dekat. PAN merupakan titik akses pada perangkat atau device perorangan seperti laptop, sistem keamanan rumah berbasis sistem komunikasi data, handphone dan juga PC. Dimana kontrol jaringannya juga menggunakan autoritasnya pribadi. Teknologi untuk menciptakan jaringan PAN diantaranya yaitu bluetooth dan juga WAP atau wireless Application Protocol.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan topologi star

PAN membantu Kita untuk berkomunikasi antar perangkat pribadi maupun menghubungkan perangkat pribadi dengan tingkat yang lebih tinggi serta jaringan internet. Hal ini dapat dimungkinkan dengan adanya komputer bus seperti FireWire dan juga USB. Wireless PAN juga dapat diciptakan melalui teknologi jaringan seperti bluetooth, IrDa, UWB maupun ZigBee.

Pengertian Wireless PAN sendiri adalah teknologi yang memungkinkan Kita dalam menciptakan jaringan nirkabel untuk perangkat sederhana seperti seluler, PDA dan juga laptop. Dimana hal tersebut dapat dimanfaatkan dalam ruang POS dengan jarak jangkauan sekitar 10 meter.

Sesuai dengan pengertian dan fungsi PAN yang diulas secara singkat di atas, maka dapat kita simpulkan fungsi PAN secara umum. Secara umum atau keseluruhan, fungsi PAN yaitu menghubungkan beberapa perangkat pribadi agar tercipta jaringan komunikasi dan juga menghubungkan perangkat komputer.

Contoh penerapan dari jaringan PAN yang sering atau bisa Kita jumpai seperti misalnya sambungan seluler dengan laptop melalui bluetooth dan juga jaringan ad hoc yang menghubungkan satu laptop dengan laptop lainnya.

Karakteristik PAN

Berikut ini merupakan ciri-ciri atau karakteristik dari PAN atau Personal Area Network, diantaranya yaitu:

  • Kontrol jaringan PAN dilakukan melalui authoritas pribadi
  • Sebagai titik akses dalam menghubungkan beberapa perangkat pribadi seperti PC, laptop, telepon seluler, sistem keamanan rumah yang berbasis data komunikasi, televisi dan juga jaringan internet
  • Mentransmisikan data yang bersifat pribadi
  • Jarak jangkauan hanya beberapa meter
  • Menggunakan teknik serta protokol seperti WAP , bluetooth, infrared, WiFi dan lainnya

Kelebihan dan Kekurangan PAN

Setelah membahas dengan lebih mendalam pengertian dan fungsi PAN, sekarang kita beralih pada keunggulan juga kelemahan dalam pemanfaatan PAN. Ada beberapa keunggulan juga kelemahan yang dimilikinya, antara lain:

Keunggulan PAN

  • Mudah cara menggunakannya
  • Sesuai pengertian dan fungsi PAN, biaya yang diperlukan untuk menerapkannya relatif murah
  • Menjadi pilihan yang populer dalam membentuk jaringan komunikasi
  • Perawatan jaringan lebih mudah dan bisa diatasi sendiri

Kelemahan PAN

  • Hanya bisa digunakan dalam jarak dekat
  • Jumlah perangkat yang dapat dihubungkan sangat terbatas
  • Tidak bisa digunakan untuk jaringan skala besar

Contoh Penggunaan PAN

Ada beberapa contoh penggunaan jaringan PAN yang sering kita temui dalam aktivitas sehari-hari. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Menghubungkan satu handphone dengan handphone lainnya
  • Transfer atau pengiriman data antar handphone dengan menggunakan infrared
  • Menghubungkan smartphone dengan laptop menggunakan bluetooth
  • Menghubungkan perangkat tambahan seperti headset bluetooth dengan smartphone
  • Menghubungkan perangkat-perangkat pada komputer, seperti misalnya mouse dengan komputer atau laptop menggunakan bluetooth, atau penggunaan USB untuk mentransfer data dan lain sebagainya
  • Media komunikasi jarak dekat yang bersifat pribadi sesuai pengertian dan fungsi PAN yang sebelumnya sudah Kita pelajari

Teknologi Dalam Jaringan PAN

Dalam penerapan jaringan PAN teknologi Piconet dan WPAN yang termasuk populer digunakan. Keduanya dibedakan dengan jarak jangkauannya. Piconet yang juga memanfaatkan antena dapat menjangkau jarak komunikasi hingga 100 meter di bawah keadaan ideal.

Bahkan muncul inovasi baru dari sekelompok hacker yang disebut flexilis, dimana mereka berhasil membuat sambungan bluetooth hingga jarak lebih dari setengah mil.

Sementara WPAN yang memang merupakan jaringan pribadi yang berpusat di sekitar area keberadaan perangkat lebih pendek jangkauannya. Umumnya jaringan nirkabel ini terbatas hingga jangkauan 10 meter saja. Meski begitu dengan jaringan ini, Kita bisa menjalin jaringan komunikasi dengan cepat ke beberapa perangkat pribadi di sekitar kita. Tentunya dengan authoritas Kita sendiri.

Penutup

Demikian ulasan mengenai pengertian dan fungsi PAN secara mendalam berikut contoh juga keunggulan serta kelemahan dalam penerapannya. Semoga ulasan ini cukup jelas dan mudah untuk dimengerti. Sehingga dapat memudahkan Kita semua untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkan dengan optimal sesuai fungsi yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *