Memahami Pengertian dan Fungsi Driver pada Komputer

2 min read

Pengertian dan fungsi driver komputer

Driver komputer ialah komponen perangkat lunak yang berfungsi sebagai penerjemah komunikasi antara perangkat keras (hardware) dan sistem operasi komputer. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas secara mendalam mengenai pengertian dan fungsi driver pada komputer.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan komputer bagi pengguna

Perlu kita ketahui bahwa setiap perangkat keras di komputer bekerja dengan cara dan bahasanya sendiri, sedangkan semua perangkat yang terpasang ke komputer harus bisa berkomunikasi. dengan sistem operasi sehingga perangkat dapat digunakan. Untuk itu diperlukan driver sebagai media untuk menerjemahkan antara satu perangkat dengan perangkat lainnya.

Contoh singkatnya yaitu saat kita mengetik menggunakan keyboard sebagai input dan menggunakan software, kemudian untuk mencetak teks kita menggunakan printer agar ketukan keyboard muncul di aplikasi. Driver keyboard harus diinstal agar Kami dapat memahami apa yang diketikkan di keyboard dan untuk dapat mencetak ke printer diperlukan driver printer agar printer mengerti apa yang diinstruksikan oleh kami agar printer mencetak data sesuai tampilanpada layar Anda.

Fungsi Driver Komputer

Fungsi utama dari driver komputer yaitu memberikan transparansi dan berfungsi sebagai penerjemah perintah antara perangkat keras dan sistem operasi atau aplikasi. Pengembang aplikasi dapat mengontrol perangkat keras dengan mudah hanya dengan mengimplementasikan API (Antarmuka pemrograman aplikasi) yang disediakan oleh driver dengan bahasa pemrograman yang lebih tinggi.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan email bagi pengguna

Contohnya ketika sebuah program komputer dengan bahasa tinggi (High Level Language programming) mengendalikan sebuah port serial maka cukup gunakan fungsi Send data untuk mengirim informasi dan Receive Data untuk menerima informasi. Ini sangat berbeda dari bahasa dan perintah sebenarnya yang digunakan oleh port serial.

Cara Kerja Driver di Komputer

Fungsi driver komputer

Setelah memahami mengenai pengertian dan fungsi driver komputer, anda juga perlu mengetahui cara kerjanya yang bisa anda pahami melalui penjelasan dibawah ini.

A. Komunikasi Driver

Objek driver adalah bagian dari memori yang dialokasikan oleh Windows yang mengatur jalannya driver dan dimuat ke dalam memori beserta informasi yang dapat dibaca Windows tentang driver. Driver melakukan ini dengan melakukan input entri yang disebut Windows Function Dispatch Table, database yang memberi tahu Windows apa yang dilakukan setiap driver.

Ketika Anda ingin mencetak dokumen atau terhubung ke Internet, Windows akan memeriksa tabel pengiriman fungsi untuk melihat kode mana yang dapat melakukan permintaan tersebut. Setelah selesai, Windows kemudian akan memberikan permintaan kepada driver perangkat yang bersangkutan agar hal tersebut dapat dijalankan.

Sehingga printer Anda bisa bergerak dan modem Anda dapat menghubungi nomor ISP. Jadi pada dasarnya begitulah cara kerja Driver, tetapi kenyataannya tentu saja lebih kompleks dari itu. Sebagai permulaan, Anda harus tahu sedikit tentang bagaimana kode program berjalan di PC Anda, dan mengapa ada perbedaan.

B. Kernel dan Mode Pengguna

Sederhananya, ketika Windows menjalankan kode program, ia melakukannya dengan salah satu dari dua cara. Yang pertama adalah apa yang dikenal sebagai mode pengguna ini adalah cara menjalankan aplikasi standar. Saat Anda menjalankan Internet Explorer, misalnya, ia berjalan dalam mode pengguna dan dengan sendirinya hanya dapat memanggil dan mengakses layanan sistem yang disediakan oleh Windows.

Program yang berjalan dalam mode pengguna tidak dapat langsung mengakses perangkat keras jika mereka mencoba melakukan ini, Windows akan menghentikan utas program dan memperingatkan Anda.

Salah satu contohnya adalah ketika Anda menggunakan versi lama dari alat manajemen hard disk di XP, Windows akan memperingatkan Anda bahwa akses perangkat keras langsung tidak diperbolehkan.

 Baca juga : pengertian dan fungsi telnet dalam jaringan

Cara lain untuk menjalankan kode program dalam apa yang dikenal sebagai mode kernel. Ini menjalankan program di bagian terpisah dari memori yang dilindungi, dan ini adalah inti Windows (modern) yang dijalankan sendiri.

Ketika sesuatu dijalankan dalam mode kernel, ia memiliki akses langsung ke memori sistem dan perangkat keras itu sendiri. Seperti yang bisa Anda tebak, driver perangkat hampir selalu berjalan dalam mode kernel.

Saat driver sedang berjalan, ia tidak melakukan apa-apa selain duduk dan menunggu permintaan dari program pengguna, Bisa juga dari Windows itu sendiri dan bahkan driver lain pada sistem.

IRP atau Request Packet adalah komponen informasi yang berisi salah satu kode fungsi yang didukung sehingga Driver tahu apa yang harus dilakukan. Misalnya, driver printer Anda tahu bahwa Anda memintanya untuk mencetak halaman alih-alih melakukan tes atau mengganti kartrid.

C. Melakukan Kontrol

Setelah Driver menerima dan memahami paket yang diterima, dibutuhkan salah satu dari tiga jalur. Jika dia mengerti permintaannya dan bisa langsung ke sana penuhi, ia akan menjawab dan mengatakan bahwa permintaan sudah terlaksana. Jika Driver tidak bisa memenuhi permintaan tersebut jika pemindai Anda sibuk dengan suatu gambar pada saat itu, misalnya ia menaruh IRP dalam antrian dan memberi tahu Windows bahwa permintaan ditunda.

Terakhir, jika Driver tidak dapat memenuhi permintaan tersebut, ia memberitahukan Windows tentang masalah tersebut dan Windows kemudian harus memberikan permintaan tersebut kepada Driver lain yang ditentukan. Begitulah pada kenyataan perangkat Driver melakukan tugasnya.

Penutup

Namun tidak ada yang sempurna di dunia ini dan Driver sering kali gagal melaksanakan tugasnya dengan baik dan sesekali membuat Windows crash cukup parah kami tekankan bahwa diketahui driver yang terbaru untuk perangkat keras Anda, karena versi terbaru dapat menghilangkan berbagai masalah. Demikian ulasan tentang fungsi driver komputer semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *