Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Berkarya melalui Blog: Alasan, Contoh Topik dan Tips-tipsnya

7 min read

Pemanfaatan Esensialitas Era Digitalisasi dengan Berkarya melalui Blog

Hadirnya era digital memudahkan semua orang untuk berkarya. Bagi kamu yang jenuh dengan aktivitas bekerja harian bisa menyalurkan bakat dengan memanfaatkan media digital. Salah satunya yang paling mudah dilakukan adalah menulis dengan berkarya melalui blog.

Baca juga : bot telegram yang berguna bagi pelajar

Tantangan yang dihadapi seorang penulis tidak lagi pergi ke penerbit, karena di era ini tulisan bisa diterbitkan langsung melalui blog. Tak perlu lagi menunggu tulisan diterbitkan, kamu yang punya hobi menulis bisa langsung membagikan tulisan kepada pembaca.

Alasan Memilih Blog sebagai Media Berkarya

Blog merupakan website yang berisi konten tulisan, foto sampai video dan link. Konten bisa berupa opini, observasi, pengalaman pribadi dan masih banyak lagi. Penulis dalam blog bisa lebih dari satu orang.

Penting untuk diingat bahwa blog bukan sebagai media sekedar tulisan saja. Apa yang disampaikan oleh penulis baik itu pengalaman pribadi atau opini merupakan fakta dan perlu diketahui oleh pembaca.

Tak heran jika kegiatan blogging adalah cara terbaik untuk menciptakan karya. Ada beberapa alasan mengapa berkarya melalui blog itu sangat menyenangkan.

1. Mengasah Kreativitas Menulis

Jika kamu punya hobi atau ingin mengasah kemampuan menulis inilah saat yang tepat. Bagaimana kreativitas menulismu meningkat jika kamu saja jarang praktek? Kamu bisa menulis dengan rutin dan menentukan topiknya.

Baca juga : pengertian dan fungsi internet protocol

Dalam dunia blog kamu akan dituntut untuk terus melakukan inovasi dan otomatis kreativitas menulis akan terasah. Semakin kamu sering menulis terutama berbagai topik yang mendalam, hasil tulisan akan lebih baik lagi.

2. Membagikan Pengetahuan

Tujuan dari menulis di blog bukan cuma soal diri sendiri tetapi juga untuk orang lain. Ketika kamu memiliki sebuah pengetahuan dan ingin membagikannya kepada orang terdekat, belum tentu mereka akan langsung tertarik.

Berbeda dalam dunia blog yang jangkauannya sangat luas. Pembaca yang mengakses blog milikmu tentu mereka yang tertarik dengan ide atau pengetahuan yang kamu tulis. Nah supaya kegiatan menulis lebih menarik, ada baiknya memilih tema yang disukai.

3. Membangun Kepercayaan dan Jaringan

Apakah kamu termasuk orang yang introvert? Atau kamu sering kesulitan untuk membangun jaringan secara tatap muka langsung? Tulisan yang kamu buat di blog bisa menjembatani dalam membangun sebuah jaringan.

Ketika tulisanmu bermanfaat bagi seseorang dan bisa membangun kepercayaan, kamu akan berhasil mendapatkan jaringan. Pembaca yang menyukai tulisanmu bisa menulis komentar atau mengirimkan email dan dari sinilah jaringan terbentuk.

4. Menghasilkan Uang Melalui Tulisan

Siapa yang tidak tergiur dengan tulisan yang menghasilkan uang? Sambil menyelam minum air, itulah yang bisa diibaratkan ketika kamu menulis di blog. Kunci keberhasilannya adalah menerbitkan tulisan di blog dengan rutin dan berisi sehingga bermanfaat.

Baca juga : jasa press release media nasional Indonesia

Ketika blog kamu mengalami peningkatan visitor, bisa menjadi hal yang ditonjolkan untuk mencari pemasukan. Baik itu melalui Google Adsense atau menjadi affiliate marketing. Banyak sekali cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan penghasilan dari tulisanmu di blog.

Contoh Topik Blog Inspiratif

Apa kamu tertarik untuk mengembangkan skill menulis melalui blog? Dalam mulai menulis di blog, tak perlu langsung menggunakan blog berbayar yang mahal. Kamu bisa memanfaatkan platform blog gratisan seperti blogspot.com sebagai langkah pertama untuk mengasah kemampuan menulis.

Contoh Topik Blog Inspiratif

Nantinya jika sudah siap dengan modal dan ingin mengembangkan lebih jauh lagi, kamu bisa berkarya melalui blog dengan memanfaatkan blog berbayar. Lalu apa saja topik blog inspiratif yang bisa kamu pilih?

Jika kamu termasuk yang sulit menentukan tema atau pembahasan, beberapa contoh berikut bisa jadi gambaran untuk menentukan tema blog, diantaranya yaitu:

1. Blog tentang Traveling

Apakah kamu memiliki pekerjaan yang mengharuskan aku untuk terus bepergian dari satu kota ke kota lainnya? Pengalaman dari perjalananmu bisa lho dibagian sebagai kisah inspiratif dan informatif.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan telegraf

Sama halnya juga bagi kamu yang hobi dengan traveling. Bagikan cerita kepada pembaca bagaimana kamu menjalani perjalananmu. Apakah kamu menggunakan moda transportasi darat, udara dan ceritakan juga tips trik agar liburan jadi lebih menyenangkan.

2. Blog tentang Kuliner

Topik ini bisa juga kamu jadikan cerita dalam blog traveling atau membuat blog khusus kuliner. Ada banyak sekali kuliner yang bisa diulik dengan lebih detail dari kaki lima sampai restoran mewah.

Tergantung bagaimana kamu menceritakannya dengan lebih menarik, blog yang kamu bangun bisa menjadi referensi pembaca dalam menemukan tempat kuliner. Apalagi makanan di setiap daerah di Indonesia sangat beragam dan terus berkembang.

3. Blog tentang Teknologi

Informasi mengenai teknologi masa kini juga bisa jadi ide dasar untuk dikembangkan. Mengingat teknologi terus dikembangkan dan banyak dicari. Ada banyak sekali tema mengenai teknologi yang bisa dibahas.

Apalagi jika kamu memiliki keahlian di bidang ini maka ulasan yang ditulis bisa lebih detail dan menarik. Bisa juga dengan menambahkan artikel mengenai tutorial yang memudahkan pembaca dalam mengoperasikan perangkat.

4. Blog tentang Otomotif

Informasi tentang otomotif juga cukup digemari tidak jauh berbeda dengan teknologi. Kamu mungkin mengikuti komunitas mobil atau motor tertentu. Dari sana ada banyak informasi yang bisa diulik dan disampaikan dalam bentuk tulisan.

Baca juga : pengertian dan manfaat menulis blog bagi pelajar

Contohnya bagaimana cara merawat sepeda motor di kala hujan, ulasan tentang suku cadang dan masih banyak lagi. Dunia otomotif juga terus berkembang yang menjadikannya topik menarik untuk diulas.

5. Blog tentang Parenting

Menjadi seorang ibu rumah tangga muda yang memiliki anak tentu beragam informasi mengenai cara mengasuh anak sangat dibutuhkan. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mencari informasi dari beragam blog. Kamu bisa membuat informasi parenting yang lengkap di blog.

Masih banyak topik lainnya yang bisa jadi kisah inspiratif bagi banyak orang. Keberhasilannya tinggal tergantung bagaimana kamu bisa mengelola blog dan menyampaikannya dengan cara kreatif.

Tips Menjadi Blogger bagi Pemula

Tips Menjadi Blogger bagi Pemula

Menentukan topik untuk blog kamu adalah langkah awal sebagai blogger pemula. Semakin dekat kamu dengan topik yang dibahas akan lebih mudah dalam penyampaiannya. Selain menentukan topik, ada beberapa tips bagi kamu yang ingin menjadi blogger professional, diantaranya yaitu:

1. Menggunakan template yang baik

Baik itu blog berbayar atau gratisan kamu akan dihadapkan dalam pemilihan template. Usahakan untuk menggunakan template yang pas dengan topik. Pilih yang nyaman untuk membuat pembaca membaca tulisan kamu serta ramah mesin pencari.

2. Belajar menulis artikel blog

Karya tulisan di blog tentu memiliki karakter yang bisa jadi ciri khas blog kamu. Belajarlah untuk menulis senyaman mungkin dan enak dibaca. Kamu harus tahu apa yang ingin disampaikan, membangun outline sampai bagaimana cara untuk publish.

3. Mempromosikan konten

Usai menulis bukan berarti kamu berdiam diri, perlu promosi konten tulisan kamu dengan benar. Kamu bisa memanfaatkan sosial media, aplikasi chat dan perkenalkan blog milikmu ke orang terdekat dan khalayak.

4. Belajar desain dan teknik SEO

Penting sekali untuk belajar soal desain blog yang menarik dan kreatif. Selain itu kamu juga perlu belajar SEO sehingga konten tulisan yang dibuat mudah ditemukan orang yang menggunakan mesin pencari.

Baca juga : tips cara memilih backlink berkualitas

Selama nge-blog kamu akan mempelajari begitu banyak hal, baik dari segi tulisan sampai marketing. Jika kamu tekun melakukannya dan tidak pernah berhenti berinovasi tentu ada banyak hal baik menanti.

Jenis-jenis Platform Blog Terbaik

Kamu mungkin sudah memilih topik untuk berkarya melalui blog, belajar SEO sampai mempelajari bagaimana caranya promosi. Masih ada satu hal lagi yang tak boleh dilewatkan yaitu memilih platform untuk nge-blog.

Secara umum ada dua jenis blogging platform. Pertama adalah blog publishing services di mana kamu tidak perlu membayar alias gratis. Kamu akan mendapatkan alamat blog dan bisa langsung mengisinya karena menggunakan server dari penyedia tersebut.

Kekurangannya hanya tema yang terbatas saja tapi sangat cocok untuk kamu yang pemula dan ingin terbiasa dengan fitur-fitur dalam blog. Platform kedua adalah Content Management System atau sering disebut CMS.

Supaya bisa menggunakan CMS kamu harus berlangganan hosting dan mendaftarkan nama domain. Kamu perlu mengeluarkan uang untuk jenis platform ini dan kelebihannya bisa mengelola semua fiturnya secara custom.

Adapun beberapa pilihan platform blog yang bisa digunakan dan terbaik adalah sebagai berikut dibawah ini, diantaranya yaitu:

1. WordPress

Salah satu platform yang sangat terkenal dan saat ini banyak digunakan. Ada dua jenis layanan yang disediakan oleh WordPress. Pertama adalah WordPress.com yang gratis dan WordPress.org yang berbasis CMS.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan CMS wordpress

Ada banyak pilihan paket dari gratis sampai untuk membangun e-commerce. Jika menggunakan yang gratisan kamu memiliki keterbatasan soal tema. Namun semuanya sudah termasuk dalam konten standar dari teks sampai video.

Bagi kamu yang masih pemula, menggunakan WordPress.com adalah langkah tepat untuk belajar. Jika sekiranya ingin mulai monetisasi dan lebih berkembang lagi bisa upgrade ke versi WordPress.org.

2. Blogger

Apabila kamu ingin mencari platform gratisan yang terpercaya, cobalah salah satu layanan dari Google yaitu Blogger. Caranya sangat mudah hanya dengan mendaftarkan alamat email saja kamu sudah bisa membuat blog gratis sendiri.

Pengelolaannya sangat sederhana dengan template terbatas. Jika kamu ingin mengubah tema custom bisa dengan memasukan kode di dalamnya. Ada juga template berbayar yang bisa kamu beli.

Kelebihan dari Blogger adalah kamu bisa lebih mudah untuk monetasi nantinya. Cukup dengan menambahkan kode iklan saja baik itu dari layanan periklanan lain atau Google Adsense.

3. Wix

Bagi kamu yang serius ingin menekuni blogging dan memiliki modal uang bisa menggunakan platform Wix. Fitur yang paling diunggulkan dari platform ini adalah desain yang sangat mudah, cukup dengan drag dan drop saja.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan CMS blogger

Terdapat fitur Wix Artificial Design Intelligence atau Wix ADI yang akan membantu kamu untuk membuat desain hanya dengan menjawab kuesioner saja. Nantinya tampilan website yang diciptakan berdasarkan kuesioner tersebut.

Hasilnya tentu saja sangat artistik dan masalah teknis dan coding kamu juga tak perlu memusingkannya. Karena Wix akan mengambil alih semua bagian yang rumit. Wix juga menyediakan versi gratis, hanya saja fitur-fitur yang bisa digunakan terbatas.

Langkah untuk Mulai Membangun Blog

Usai menentukan platform blog yang sesuai dengan kebutuhanmu, lalu selanjutnya apa? Bagi kamu yang masih awam dengan dunia blog, berikut ini akan dijelaskan secara umum apa saja yang harus dilakukan. Empat langkah mudah berikut ini bisa kamu ikuti baik dalam platform blog gratis maupun berbayar.

1. Menata Navigasi dalam Blog

Dalam berkarya melalui blog ada hal pertama yang harus diperhatikan, yaitu soal navigasi yang isinya adalah menu-menu dari halaman profil, kontak, kategori artikel sampai syarat dan ketentuan pengguna. Navigasi ini sangat penting karena akan memudahkan pengunjung mengetahui fungsi blog.

Selain itu navigasi ini juga berfungsi untuk menekan angka bounce rate yaitu seberapa lama pengguna menghabiskan waktunya berada dalam blog. Semakin tinggi angkanya meskipun visitornya juga tinggi akan mempengaruhi kualitas blog.

2. Menulis Artikel Pertama

Jika kamu menggunakan WordPress biasanya akan muncul tulisan Hello World. Kamu perlu menghapusnya dan menggantinya dengan tulisan atau artikel pertama. Jika kamu membangun blog pribadi bisa memulai dengan artikel yang isinya memperkenalkan diri.

Baca juga : mengatasi wordpress error tidak bisa upload gambar

Hal ini memang terlihat sepele tetapi sangat penting untuk memperkenalkan kepada pembaca dan gambaran tentang apa isi blog kamu nantinya. Apakah kamu akan menjelaskan soal topik teknologi, kuliner atau justru tempat berbagi pengalaman.

3. Memperbaiki Tampilan Blog

Tidak selalu blog yang menarik adalah colorfull, memiliki banyak fitur dan berpenampilan cantik. Pengunjung tidak semuanya akan nyaman dengan tampilan tersebut. Justru hal yang terpenting adalah apakah blog kamu bisa diakses dengan cepat dan mudah.

Apakah tampilan blog kamu mobile friendly atau justru terlalu banyak fitur yang aneh. Semakin banyak fitur loading dari blog lebih lama dan membuat pengguna menutup tab daro blog kamu dan beralih ke yang lainnya.

Lebih baik untuk memasang tema sederhana saja dan juga responsive yang mempermudah pengguna dalam mengakses atau melakukan interaksi di blog Anda.

4. Memasang Plugin

Bagi kamu yang menggunakan platform CMS maka plugin dibutuhkan untuk mempermudah akses blog. Misalnya saja untuk posting kamu membutuhkan SEO plugin seperti Yoast, AIO SEO, Rank Math dan lain sebagainya.

Ada juga plugin seperti iThemes Security yang akan membantu blog jadi lebih aman dari serangan hacker. Kamu juga bisa menambahkan W3 Total Cache yang akan membuat loading blog jadi lebih cepat.

Sesuaikan jenis plugin dengan kebutuhanmu untuk menulis dan juga optimasi. Pilih salah satu plugin yang sesuai, untuk mempermudah kenali kelebihan dan kekurangannya.

Trik Menjadi Blogger Sukses

Selain belajar seperti tips yang tadi telah diungkapkan, ada juga beberapa trik yang bisa diikuti. Berikut ini beberapa trik yang bisa membawa kamu menjadi blogger sukses, diantaranya yatu:

1. Selalu Mempelajari Hal Baru

Menjadi seorang blogger dan berkarya melalui blog, Anda harus terus belajar dan memperoleh informasi baru yang bermanfaat. Jika kamu ingin visitor semakin naik maka konten unik dan menarik harus di-publish. Kamu bisa belajar dengan membaca buku atau melakukan eksperimen. Banyak hal yang bisa dipelajari setiap harinya.

2. Membangun Komunitas

Penting untuk melakukan promosi agar orang banyak yang tahu tentang blog barumu. Caranya adalah dengan bergabung ke dalam komunitas blogger atau komunitas blogger dengan topik khusus.

3. Harus Terus Produktif

Blog yang isinya hanyalah postingan lama tentu tidak akan menarik pengunjung. Banyak sekali pengguna yang haus akan informasi terbaru. Tentu saja kamu harus menyajikannya di blog. Oleh karena itu produktivitas menulis harus rutin dan kontennya pun berkualitas.

4. Konsisten

Satu hal yang perlu diingat adalah kamu harus tekun dan konsisten menulis, posting dan menyediakan konten yang bagus. Supaya konsisten kamu bisa menentukan target kecil yang realistis dan kamu sanggup mencapainya.

Baca juga : fungsi domain dan hosting bagi website

Bisa juga dengan membuat jadwal posting sehingga artikel terus muncul ketika kamu tidak sempat untuk posting pada saat itu. Ukur pencapaian yang sudah kamu dapatkan dan menentukan target selanjutnya.

Penutup

Akhir kata, demikian pembahasan singkat yang dapat saya tulis mengenai pemanfaatan esensialitas era digitalisasi dengan berkarya melalui blog. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.