Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Metode Cara Memindahkan Data dari Android ke Laptop

2 min read

Cara Memindahkan Data dari Android ke Laptop tanpa Kabel

Di era digital saat ini, kita semakin dimudahkan dalam melakukan beragam hal, salah satunya melakukan perpindahan data atau transfer file ke perangkat lainnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar beberapa metode simple cara memindahkan data dari android ke laptop tanpa kabel.

Baca juga : rekomendasi bot telegram yang berguna

Umumnya dalam memindah file dari smartphone ke laptop, pengguna akan menggunakan kabel data atau melalui bluetooth yang cukup memakan banyak waktu. Agar lebih cepat dan mudah, Anda bisa menggunakan beberapa metode dibawah ini.

Cara Memindahkan Data dari Android ke Laptop Tanpa Kabel

Berikut dibawah ini beberapa tips dan metode simple yang sering lakukan dalam memindah file antar perangkat yang berbeda tanpa kabel, diantaranya yaitu:

1. Menggunakan Website Snapdrop

Snapdrop.net ialah website yang memiliki fungsi untuk berbagi atau transfer file dengan banyak perangkat berbeda. Untuk mengaksesnya, Anda bisa menggunakan aplikasi browser seperti google chrome, opera mini dan lainnya.

Dalam penggunaannya, perangkat pengirim dan penerima harus dalam satu jaringan wifi yang sama agar bisa saling berbagi file. Ini merupakan metode yang simple dan tidak menggunakan kuota internet sama sekali ketika melakukan transfer dan menerima file. Agar lebih jelas, Anda bisa mengikuti tutorial cara menggunakan snapdrop.

2. Menggunakan Aplikasi Shareit

Pasti banyak dari Anda telah mengenal aplikasi shareit yang umumnya digunakan untuk berbagi file antar perangkat smartphone android atau ios. Aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk berbagi file dari android ke laptop tanpa menggunakan kabel tambahan.

Baca juga : pengertian dan fungsi microsoft excel

Untuk menggunakannya, perangkat laptop atau komputer perlu mengakses pc.ushareit.com dan scan melalui aplikasi shareit yang terinstall di perangkat android Anda. Untuk mengunduhnya, Anda bisa melalui google play store dan mencarinya melalui kolom pencarian yang tersedia.

Aplikasi sharing file ini bisa dimanfaatkan untuk mengirim dan menerima beragam macam file, seperti dokumen, gambar, video, audio dan sebagainya.

3. Menggunakan Aplikasi PushBullet

Aplikasi push bullet tersedia di google playstore yang bisa Anda gunakan secara gratis dalam berbagi file antar perangkat komputer ke android atau sebaliknya.

Aplikasi ini memiliki fitur utama untuk menerima beragam notifikasi dari smartphone Android yang akan kemudian akan tampil di perangkat komputer atau laptop windows Anda.

Selain itu, pengguna juga bisa mengirimkan SMS dan dapat dengan leluasa mengakses media penyimpanan pada perangkat android melalui fitur yang tersedia di aplikasi PushBullet. Jadi, manfaatkan aplikasi ini dengan bijak.

4. Menggunakan Aplikasi AirDroid

Cara memindahkan data dari android ke laptop tanpa kabel juga bisa dilakukan melalui fitur aplikasi pada AirDroid yang memiliki cara penggunaan seperti Shareit.

Baca juga : cara membersihkan sampah di andoid

Pada dasarnya, AirDroid berfungsi untuk melakukan mirror perangkat android agar bisa tampil ke komputer. Berbagi berbagai jenis file bisa dilakukan melalui aplikasi ini yang tidak terbatas oleh besarnya ukuran file tersebut, semoga berhasil.

5. Menggunakan Resilio Sync (Peer to Peer)

Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh BitTorent dengan fungsi untuk melakukan transfer atau berbagi file antar perangkat menggunakan metode peer to peer. Dalam penggunannya, aplikasi ini tidak memakan kuota internet pengguna serta memiliki kecepatan yang tinggi dalam melakukan pengiriman suatu file.

6. Menggunakan Layanan Cloud

Banyak layanan cloud gratis yang bisa Anda manfaatkan dalam memindah file ke perangkat lain dengan mudah, contohnya seperti One Drive, Google Drive, Dropbox, One Drive dan lainnya.

Pastikan untuk menyimpan beragam file pada layanan cloud berkualitas agar file yang Anda upload tidak berubah dan lebih terjamin keamanannya, semoga berhasil.

7. Menggunakan FTP

Metode cara memindahkan data dari android ke laptop tanpa kabel yang terakhir yaitu menggunakan layanan File Transfer Protocol atau disingkat FTP.

Ini merupakan cara yang cukup cepat dalam mengirim file antar perangkat komputer atau android, asal terhubung dalam satu jaringan yang sama. Umumnya, kode FTP yang terdapat pada smartphone android ini bisa diakses melalui file manager.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya tulis seputar cara memindahkan data dari android ke laptop tanpa kabel dengan mudah.

Semoga bisa bermanfaat dan bisa Anda pahami dengan baik, apabila ada pertanyaan terkait hal ini jangan segan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah artikel ini. Cukup sekian dan terimakasih.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.