Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

12 Kelebihan dan Kekurangan CMS WordPress (Self Hosted)

3 min read

Kelebihan dan Kekurangan CMS WordPress

Dalam membuat website, umumnya terdapat platform CMS yang dapat digunakan secara gratis, salah satunya yaitu wordpress. Nah pada pembahasan kali ini, saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan CMS wordpress self hosted.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan CMS blogger

Perlu Anda ketahui, wordpress sendiri memiliki 2 macam, yaitu wordpress hosted dan self hosted. Hosted memiliki fitur berbayar dan tidak memerlukan hosting, sedangkan self hosted sepenuhnya gratis dan memerlukan domain dan hosting untuk digunakan.

CMS atau dalam singkatan dari Content Management System ialah jenis platform online yang berfungsi untuk mengelola website dengan mudah seperti membuat artikel, mengupload gambar, mengatur tema dan sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan CMS WordPress

Umumnya, banyak sekali platform CMS semacam wordpress dengan penggunaan yang sepenuhnya gratis. Namun, wordpress memiliki beragam keunggulan yang patut Anda coba serta mempermudah pengguna dalam mengelola beragam konten website dengan fleksibel dan aman.

Kelebihan CMS WordPress

Berikut dibawah ini beberapa keunggulan wordpress yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya untuk membuat website secara online dan professional, diantaranya yaitu:

1. Gratis, Tidak Perlu Biaya Langganan

Keunggulan wordpress self host yang pertama yaitu gratis dan tidak perlu biaya langganan. Hal ini berbeda dengan wordpress hosted yang perlu membayar beberapa rupiah untuk membuka fitur tertentu.

Meskipun begitu, Anda perlu memiliki domain dan hosting berbayar untuk mulai menggunakan CMS wordpress. Untuk membuatnya, Anda bisa mengakses fitur softaculous yang tersedia di cpanel hosting. Untuk pembelian hosting dan domain, Anda dapat membelinya di penyedia hosting terpercaya.

2. Mudah Untuk Dimodifikasi

WordPress dapat pengguna modifikasi sesuai kebutuhan digital, seperti membuat landing page, fitur daftar isi, menambah keamanan berupa firewall dan sebagainya.

Tentu, ini disebabkan karena wordpress tersedia beragam plugin yang dapat Anda gunakan secara gratis. Namun, ada juga beberapa plugin yang berbayar seperti elementor pro, page generator pro dan masih banyak lagi.

3. Memiliki banyak Fitur Lengkap

Tak kalah bagus dengan CMS lainnya, wordpress dilengkapi beragam fitur untuk membuat website impian Anda. Terlebih dalam hal SEO, wordpress dapat diandalkan untuk kebutuhan promosi dan rebranding secara digital.

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Untuk fitur dasarnya, CMS wordpress memiliki fitur seperti mengatur media gambar/video, role pengguna, mengatur halaman, tema dan masih banyak lagi. Bagus atau tidaknya web wordpress, tergantung dari pemiliknya.

4. Lebih Professional

Dibanding CMS yang lain seperti blogger, wordpress memiliki keunggulan dari segi penggunaan yang lebih prefessional untuk berbagai keperluan digital. Pasalnya wordpress sendiri dapat diterapkan untuk berbagai jenis website sesuai kebutuhan Anda.

5. Tersedia Beragam Plugin yang Serbaguna

Plugin bisa menjadi opsi bagi para developer untuk mengembangkan website dengan mudah yang bisa digunakan secara gratis. Ada banyak plugin serbaguna yang tersedia di wordpress untuk membuat tampilan website keren, seperti elementor pro, cake builder, page generator pro dan masih banyak lagi.

6. Tidak Terikat Aturan Google

Perlu Anda ketahui, ketika membuat website blog berbasis CMS menggunakan blogspot yang merupakan milik google perlu menaati beberapa aturan yang berlaku agar tidak dihapus secara permanen.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan internet gateway

Namun, jika Anda menggunakan wordpress selama jangka panjang untuk SEO, Ada baiknya menaati berbagai peraturan google, seperti tidak digunakan spam, copy paste artikel, duplikasi tulisan dan sebagainya.

7. Keamanan yang Tinggi

Keunggulan wordpress lainnya yaitu memiliki keamanan yang cukup tinggi, namun hal ini juga tergantung dari pengguna itu sendiri. Penggunaan tema dan plugin yang tepat, dapat menciptakan web wordpress dengan keamanan yang tinggi.

Anda pun bisa menggunakan beragam plugin untuk meningkatkan keamanan wordpress Anda, seperti all in one security, jetpack dan sebagainya.

8. Mudah Dipelajari untuk Pemula

WordPress sendiri memiliki fitur dan interface yang bisa dibilang cukup mudah dipelajari untuk pemula, oleh sebab itu Anda perlu belajar perlahan mengenai beberapa fitur didalamnya seperti menginstall plugin, menambah postingan, memasukkan gambar dan masih banyak lagi.

9. Cocok Digunakan untuk Optimasi SEO

Dari sisi SEO atau search engine optimization juga sangat bagus untuk jangka panjang, Anda bisa memanfaatkan plugin secara gratis atau berbayar seperti yoast seo atau rankmath yang memiliki alat bantu berbentuk indikator penilaian untuk membantu Anda dalam membuat artikel secara SEO dengan benar.

10. Memiliki Komunitas yang Cukup Besar dan Solid

Kelebihan dan kekurangan wordpress yang terakhir yaitu terdapat komunitas besar untuk saling bekerja sama menangani berbagai persoalan, seperti optimasi SEO, design, error, berbagi tema dan masih banyak lagi.

Jika Anda kebingungan ketika wordpress yang dibuat memiliki error atau lainnya, Anda bisa langsung bertanya di grup wordpress Indonesia yang ada di facebook atau forum internet yang lain.

Kekurangan CMS WordPress

Adapun beberapa kekurangan platform wordpress dalam membuat website online yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Perlu Domain dan Hosting

Dalam menjalankan wordpress self host, Anda perlu membeli domain dan hosting dengan harga total sekitar 500 ribuan. Bagi pemula yang ingin belajar CMS, ini cukup sulit dilakukan.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan belajar daring

Sebagai alternatif, Anda bisa belajar menggunakan CMS blogspot milik google dengan alamat blogger.com yang bisa dijalankan secara gratis. Namun memiliki fitur yang cukup terbatas dibanding wordpress.

2. Resiko Keamanan jika Penyesuaian Tidak Tepat

Kelemahan wordpress selanjutnya yaitu memiliki resiko kemanan yang dapat dibobol oleh orang lain ketika disesuaikan dengan asal-asalan. Penggunaan plugin nulled (bajakan) atau tema sembarangan bisa memperbesar resiko untuk dihack oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Informasi Tambahan

Menurut saya, wordpress lebih bagus daripada CMS blogger untuk jangka panjang dan optimasi SEO. Hal ini disebabkan karena wordpress memiliki plugin SEO yang membantu para penulis agar lebih maksimal dengan fitur indikator tambahan.

Namun, pemilihan CMS tergantung dari Anda sendiri. Bisa memilih wordpress, blogger, hugo, ghost dan sebagainya. Bila perlu, belajar juga teknik optimasi SEO untuk meningkatkan visitor website Anda, seperti SEO Off-page (backlink) dan SEO on-page (teknik penulisan).

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya tulis seputar beberapa kelebihan dan kekurangan CMS wordpress bagi pengguna dalam membuat website online.

Jika ada berbagai pertanyaan terkait hal ini, jangan segan untuk bertanya pada kolom komentar di bagian bawah artikel ini. Semoga bisa Anda pahami dengan baik dan bermanfaat bagi banyak orang, cukup sekian dan terimakasih. Sampai bertemu lagi di pembahasan selanjutnya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.