Modul SFP: Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya

1 min read

SFP Fiber Optic

Saat ini, internet telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dan sangat membantu berbagai aktivitas manusia, baik itu bekerja, belajar, diskusi atau hal lainnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai komponen modul SFP fiber optic yang berperan penting dalam penyebaran jaringan internet.

Baca juga : memahami perbedaan modem dan router

Tentunya didalam jaringan internet juga terdapat komponen pendukung yang memiliki fungsi dan peran yang berbeda-beda, salah satunya yaitu modul SFP yang ada di perangkat router fiber optic. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Modul SFP

Contoh modul SFP fiber optic

SFP atau singkatan dari kata Small Form-Factor Pluggable ialah modul port pada perangkat jaringan router fiber optic yang berperan dalam mengirim (transmite) dan menerima (receive) sinyal informasi melalui serat optik. Port SFP termasuk generasi selanjutnya dari Gigabit Interface Converter (GBIC) atau juga dikenal dengan mini-GBIC.

Perlu anda ketahui GBIC merupakan salah satu port dalam router yang berfungsi untuk melakukan komunikasi secara khusus dengan jaringan internet backbone dengan kapasitas bandwidth yang cukup besar.

Fungsi SFP

Fungsi utama port small form factor pluggable yaitu sebagai media komunikasi antar server atau transmisi paket data melalui gelombang cahaya. Singkatnya, kedua perangkat router server dapat berkomunikasi menggunakan SFP dengan jarak yang cukup jauh.

Jenis-jenis SFP

  • SX, jangkauan maksimum 550 meter
  • LX, jangkauan maksimum 10 km
  • EX, jangkauan maksimum 40 km
  • ZX, jangkauan maksimum 80 km
  • EZX, jangkauan maksimum 120 km

Modul SFP ini bisa diterapkan pada media konverter atau perangkat switch yang memiliki slot port SFP. SFP termasuk hot-pluggable yang akan berjalan otomatis mendeteksi ketika tersambung di perangkat. Saat ini, berbagai produk mikrotik telah mempunyai berbagai macam port SFP untuk seri perangkat Routerboardnya, seperti seri Cloud Router Switch Series, RB 2011UiAS-2HND, Cloud Core Router Series dan sebagainya.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya bagikan mengenai modul SFP, mulai dari pengertian SFP, fungsi dan jenis-jenisnya. Semoga penjelasan diatas tadi dapat bermanfaat dan bisa dapat anda pahami dengan baik, cukup sekian dan seperti biasa terimakasih telah berkunjung di website masdzikry.

Referensi =

  • www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=127
  • community.fs.com/blog/differences-between-qsfp-dd-and-qsfp-qsfp28-qsfp56-osfp-cfp8-cobo.html
  • pemasangan.com/mengenal-modul-sfp-dan-bagaimana-cara-memilihnya/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *