7 Perbedaan Modem dan Router yang Perlu Diketahui

3 min read

Perbedaan Modem dan Router

Bagi anda yang berprofesi sebagai teknisi jaringan komputer pasti telah mengetahui hal mengenai perbedaan router dan modem, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih lanjut seputar beberapa perbedaan modem dan router yang perlu anda ketahui.

Baca juga : cara mengatasi wifi menolak akses

Singkatnya, modem berfungsi untuk menghubungkan device anda dengan jaringan internet, sedangkan router berperan untuk membuat dan mengelola jaringan internet tersebut. Anda dapat dikatakan terhubung ke router ketika tersambung ke jaringan Wi-Fi yang menghubungkan akses internet dengan device pengguna.

Tentunya, saat ini telah banyak penyedia layanan internet berbayar (provider) yang menyediakan modem atau unit router multifungsi dalam satu perangkat. Seperti indihome, first media, myrepublic, mnc media dan berbagai penyedia internet lainnya.

Pengertian Modem dan Router

Contoh router

Modem ialah perangkat keras dalam jaringan yang berperan sebagai penghubung antara device dan jaringan internet secara wireless (tanpa kabel) atau kabel LAN. Modem merupakan singkatan dari gabungan dua kata yakni modulator yang berfungsi untuk mengubah sinyal informasi ke sinyal carrier (transmitter) dan demodulator yang berfungsi untuk memisahkan sinyal carrier dari hasil sinyal informasi yang dikirim oleh transmitter dalam menerima informasi (receiver).

Router ialah komponen yang berperan dalam mengelola dan menyaring lalu lintas data sesuai jenis protokol tertentu, perangkat router dibuat untuk mengatur serta membagi jaringan menjadi logikal dengan beberapa subnet. Jadi, singkatnya router berfungsi untuk mengelola jaringan yang menghubungkan banyak komputer atau device pengguna.

Jenis Modem dan Router

Contoh modem

Umumnya, modem dan router terdiri atas beberapa jenis berbeda yang mempunyai kelebihannya masing-masing. Berikut dibawah ini beberapa jenis router dan modem yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

  • Modem GSM, jenis modem ini menggunakan media jaringan telepon seluler untuk proses transfer data antar perangkat yang terhubung. Umumnya, berbentuk USB dengan ukuran kecil yang sangat fleksibel dan dapat dibawa ke banyak tempat. Modem GSM ini masih menjadi favorit bagi banyak pengguna karena memiliki harga yang cukup murah dan mudah untuk dioperasikan.
  • Modem Analog, jenis modem ini memiliki cara kerja dengan melakukan perubahan data menjadi digital dari penyedia layanan internet yang kemudian dikirim ke perangkat komputer melalui transmisi jaringan. Modem analog sering dimanfaatkan dalam koneksi dial-up berbasis jaringan telepon, seringkali modem ini juga dikenal dengan modem dial up.
  • Modem DSL (Digital Subscriber Line), ini merupakan jenis modem yang sering digunakan dalam menghubungkan perangkat komputer ke akses layanan internet dengan kualitas dan kecepatan yang lebih tinggi dibanding modem dial up. Modem jenis ini memiliki kelebihan yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan telepon dan mengakses internet dalam waktu bersamaan.
  • Modem Kabel, ini termasuk komponen pendukung yang berperan untuk menghubungkan perangkat komputer dengan akses internet berbasis TV kabel. Modem ini memerlukan kabel LAN dan port ethernet sebagai penghubungnya, rata-rata kecepatan download mampu mencapai 27 Mbps dan kecepatan upload data hingga 2.5 Mbps, tergolong lebih cepat dibanding penggunaan internet berbasis wireless.
  • Modem CDMA (Code Division Multiple Access), jenis modem ini berjalan secara nirkabel yang memiliki bentuk menyerupai modem GSM, namun beda frekuensi. Modem CDMA menggunakan banyak protokol komunikasi, seperti generasi kedua atau ketiga. Akan tetapi, modem tipe ini kurang diminati pengguna karena kurang kompatibel dengan penyedia internet saat ini.
  • Router Statis, jenis router ini bersifat statis dan mempunyai data tabel routing yang bisa disetting manual oleh operator jaringan dan memiliki konfigurasi sederhana yang perlu diinput secara manual pada entry data tabel yang tersedia dalam jaringan.
  • Router Dinamis, jenis router ini mampu mengelola sendiri rutenya dan cukup efektif dalam meneruskan paket data dari jaringan satu ke jaringan lainnya. Hal ini berarti operator yang bertugas tidak perlu mengatur rutenya secara manual, operator hanya perlu menentukan langkah awal dari cara routing bekerja dalam mempelajari paket data yang tersedia, setelah itu router dinamis akan berjalan secara otomatis.

Perbedaan Modem dan Router

Saat ini, internet terus mengalami perkembangan yang cukup pesat, akan tetapi ada juga sebagian orang yang belum memahami mengenai perbedaan dari modem dan router. Agar lebih jelas, berikut dibawah ini beberapa perbedaan antara modem dan router, diantaranya yaitu:

  1. Modem mempunyai dua data link layer, sedangan router memiliki layer 3 atau sering dikenal dengan networking layer.
  2. Modem menggunakan bantuan software dan operasi sistem dalam menghubungkan komputer ke jaringan, sedangkan router dapat menghubungkan perangkat keras jaringan dengan kartu ethernet.
  3. Modem memiliki dua port koneksi yang berfungsi untuk terhubung ke penyedia layanan internet (ISP) dan untuk menghubungkan ke router, sedangkan router mempunyai jumlah port yang cukup beragam, seperti 8, 4 atau 2 port koneksi. Hal ini juga tergantung dari merek dan tipe router yang anda gunakan.
  4. Modem dapat berjalan sendiri tanpa adanya router, sementara router tidak bisa terhubung ke akses jaringan internet tanpa adanya modem. Namun, router dapat berkomunikasi dan melakukan transmisi data dengan perangkat yang terhubung.
  5. Dalam menjalankannya, modem memerlukan sambungan internet. Sedangan router tidak memerlukan internet karena terdapat keamanan tambahan yang dapat digunakan pengguna untuk melakukan beberapa konfigurasi yang bersifat lokal.
  6. Modem termasuk tipe perangkat inter networking yang mampu menghubungkan jaringan komputer dengan jaringan yang lain, sedangkan router termasuk tipe perangkat perangkat networking yang hanya mampu mengatur jaringannya sendiri.
  7. Fungsi utama modem yakni sebagai media penghubung antar perangkat dengan internet melalui proses transmisi jaringan telepon, sedangkat fungsi utama router yakni mengatur lalu lintas paket data yang diterima dalam jaringan antara komputer atau perangkat keras jaringan lainnya seperti modem atau repeater.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya tulis mengenai beberapa perbedaan antara router dan modem yang perlu anda ketahui. Saya harap penjelasan diatas tadi bisa bermanfaat dan dapat anda pahami dengan baik, cukup sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *