Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Teknik Pemasaran Modern dengan Strategi Digital Marketing

2 min read

Teknik Pemasaran Modern dengan Strategi Digital Marketing

Digital marketing merupakan strategi pemasaran modern yang dilakukan berupa mempromosikan produk atau jasa melalui media digital secara online. Praktek digital marketing dapat meliputi setiap channel dan media digital dengan memanfaatkan jaringan internet.

Pengertian Digital Marketing

Tujuan dari digital marketing adalah menjangkau calon pembeli potensial dan mempertahankan konsumen tetap melalui media digital. Tentunya diperlukan kemampuan untuk dapat berinteraksi secara digital agar strategi digital marketing dapat berjalan secara efisien layaknya marketing konvensional.

Baca juga : Pemasaran: Pengertian, Jenis dan Fungsinya Dalam Bisnis

Interaksi yang dilakukan melalui media digital dapat meliputi berbagai cara, mulai dari pesan Direct Message, mention, membuat infografis, email,dsb. Semua hal tersebut ditujukan agar audiens tertarik dengan bisnis yang sedang dipasarkan.

Interaksi ini sangat penting karena praktek pemasaran tanpa interaksi akan sangat sulit untuk dikonversi menjadi penjualan. Artinya tanpa ada interaksi dengan konsumen maka tidak akan tercipta penjualan yang signifikan.

Teknik pemasaran digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, memiliki jangkauan yang luas, dan mudah untuk dievaluasi. Selain itu, teknik pemasaran ini relatif murah dan efektif untuk membangun citra brand bisnis yang dikehendaki.

Contoh Digital Marketing

Berikut dibawah ini beberapa contoh yang dapat anda lakukan dalam memasarkan produk menggunakan digital marketing, diantaranya yaitu:

1. Email marketing

Email sangat sering digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain secara digital. Oleh karena itu email dapat dimanfaatkan sebagai salah satu channel pemasaran digital.

Email marketing digunakan untuk menyebarkan promosi atau penawaran khusus terhadap suatu produk dan layanan ke beberapa akun sekaligus. Ini pula sebabnya diantara beberapa layanan website seringkali anda diminta untuk mendaftarkan alamat email anda.

2. Website online shop

Penggunaan website resmi sebagai akun bisnis menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki dalam Digital Marketing. Sebuah website dapat menjadi representasi atau wajah utama dari sebuah brand dalam versi digital.

Baca juga : cara menentukan rapat bisnis yang efektif

Kepercayaan konsumen anda akan dipertaruhkan ketika bisnis yang anda pasarkan melalui internet tidak memiliki tampilan website yang baik.

Tampilan website yang baik akan meningkatkan citra brand dan kepercayaan pelanggan. Hal ini akan mendorong untuk mendatangkan lebih banyak penjualan.

3. Blogging

Melakukan aktivitas blogging, atau menulis artikel di internet sangat erat kaitannya dengan pemasaran pada official website. Hal ini karena sebuah website tentu harus memiliki sejumlah konten yang bermanfaat bagi konsumen.

Artikel blogging yang bermanfaat dan relevan dengan bisnis anda juga dapat mendongkrak popularitas website resmi anda pada mesin pencari seperti Google.

Ini artinya akan lebih banyak pengunjung pada website anda dan anda bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli potensial. Mamaksimalkan aktivitas blogging untuk mendongkrak penjualan sangat erat hubungannya dengan teknik SEO (Search Engine Optimization).

4. Pay Per-Click Ads

Metode Pay Per-Click adalah metode instant dalam pemasaran. Hal ini karena anda dapat langsung memasang iklan yang akan mengarahkan calon konsumen menuju halaman promosi atau penjualan anda.

Tentunya metode ini membutuhkan biaya ekstra untuk memasang iklan pada mesin pencari semacam Google Ads atau media sosial populer semacam Facebook Ads dan Instagram Ads.

Dengan demikian produk atau website anda akan langsung dilihat pada beranda orang-orang yang mengakses aplikasi tersebut. Google atau Facebook akan menyesuaikan kata kunci yang relevan dengan bisnis anda.

5. Social Media marketing

Pengguna social media berjumlah ratusan juta orang yang aktif setiap harinya. Dengan jumlah yang sangat besar tersebut, sangat mungkin anda menciptakan penjualan melalui akun social media.

Pemasaran melalui akun sosial media sangat efektif untuk menciptakan brand awareness dan membangun citra brand dari suatu bisnis. Social media memungkinkan anda untuk berinteraksi secara intens dengan calon konsumen potensial, menanggapi keluhan, atau menanggapi pertanyaan terkait bisnis anda.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai pengertian dan beberapa contoh digital marketing yang perlu anda ketahui dalam meningkatkan bisnis anda. Semoga bermanfaat dan seperti biasa terimakasih, sampai bertemu kembali di pembahasan lainnya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.