Pemasaran: Pengertian, Jenis dan Fungsinya Dalam Bisnis

2 min read

Pengertian pemasaran

Holla, bertemu lagi dengan saya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas secara mendalam mengenai pemasaran, mulai dari pengertian pemasaran, jenis jenis pemasaran hingga fungsi pemasaran dalam dunia bisnis. Simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah proses ataupun kegiatan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mempromosikan suatu produk ataupun jasa yang dimiliki. Pemasaran juga meliputi pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk kepada konsumen atau klien.

Fungsi Pemasaran Secara Umum

Dalam menjalankan promosi, Anda perlu memiliki target yang sesuai dengan produk atau jasa yang ingin dipasarkan. Selain itu, dengan adanya pemasaran dapat membantu para konsumen untuk menemukan produk yang diinginkan. Lalu, apa fungsi pemasaran itu?

1. Untuk Mengenalkan Produk

Pengenalan adal sesuatu hal yang menjadi tujuan utama dari sebuah pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan pemasaran ini, produk akan lebih mudah untuk dikenal oleh pelanggan.

Baca juga : pengertian dan fungsi marketplace bagi pengguna

Pemasaran juga perlu menonjolkan keunggulan produk atau jasa yang dipasarkan, sehingga hal tersebut tentu saja akan lebih menarik perhatian masyarakat.

2. Riset

Pemasaran juga bisa dijadikan sebagai ajang riset untuk mendapatkan sebuah informasi yang tepat tentang pasar target sebuah produk. Beberapa hal yang biasanya perlu dilakukan riset adalah usia, jenis kelasin, hingga keinginan pelanggan. Nantinya produk yang akan diproduksi disesuaikan dengan apa yang sudah di riset.

3. Distribusi

Dengan melakukan distribusi yang baik, maka akan memastikan produk dapat dengan mudah dipindahkan dari lokasi produksi ke pasar yang lebih luas menggunakan jalur darat, air, dan laut. Selain itu juga untuk memastikan bahwa produk dapat dengan mudah didapatkan oleh pelanggan karena proses distribusinya yang sangat mudah.

4. Layanan Purna Jual

Dalam sebuah penjualan produk, layanan purna jual memang sangat diperlukan. Perusahaan perlu membantu pelanggan setelah mereka membeli produk.

Sebut saja seperti produsen sebuah mesin, ketika pelanggan membeli produk tersebut mungkin akan kesulitan terhadap produk yang sudah dibeli. Tugas perusahaan adalah memastikan dan juga membantu agar mesin tersebut berfungsi dengan semestinya.

Fungsi Pemasaran Menurut Ahli

Adapun fungsi pemasaran menurut para ahli, salah satunya adalah Philip Kotler (2002:559) mengatakan bahwa fungsi pemasaran adalah :

  • Mengumpulkan informasi tentang pelanggan, pesaing, hingga pelaku dan kekuatan lain yang ada pada saat ini ataupun yang berpotensi dalam lingkup pemasaran.
  • Mengembangkan dan menyebarkan komunikasi persuasi guna memancing pembelian produk.
  • Mendapat persetujuan akhir mengenai syarat dan harga sehingga transfer kepemilikian bisa dilakukan.
  • Menampung risiko yang saling berhubungan dengan pelaksanaan fungsi saluran pemasaran.
  • Mengatur kesinambungan penyimpanan dan juga pergerakkan produk hingga ke pelanggan akhir.

Jenis-jenis Pemasaran

Adapun pemasaran sendiri terbagi beberapa jenis, berikut jenis-jenis pemasaran yang dimaksud :

1. Branding

Branding adalah bentuk pemasaran yang berfungsi sebagai iklan jangka panjang dan akan membantu produk ataupun layanan dari sebuah merk dapat dikenal oleh banyak orang. Branding sendiri biasanya menyertakan nama, logo, serta slogan.

2. Iklan Siaran

Menggunakan radio untuk media pemasaran adalah salah satu bentuk iklan berbayar yang biasa digunakan. Pemasaran dengan radio ini tentu saja sangat bertarget karena pendengar radio akan benar-vebar mendengarkan apa yang diucapkan oleh penyiarnya. Selain radio, Anda juga bisa menggunakan media lain seperti televisi untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

3. Multi-Level Marketing (MLM)

Jenis pemasaran dengan Multi-lever marketing ini merupakan bentuk penjualan langsung yang melibatkan banyak untuk menjalankannya. Perusahaan akan merekrut dan juga menjual produk-produknya tersebut.

Multi-level marketing atau MLM ini juga biasa disebut dengan network marketing karena tenaga penjualnya akan mendapatkan sebuah komisi setiap kali menjual produknya.

4. Online atau Internet

Kini, internet menjadi salah satu media iklan yang sangat diminati. Karena memang hampir seluruh manusia di bumi kini menggunakan internet. Sehingga target pasar yang ada di internet juga akan semakin luas.

Pemasaran di internet ini bisa dilakukan dengan banyak cara, sebut saja seperti menggunakan website, email, hingga iklan berbayar. Target marketnyanya juga bisa ditentukan karena banyak penyedia jasa iklan daring yang memiliki fitur ini.

Penutup

Demikianlah pembahasan dari saya mengenai pengertian pemasaran, saya berharap artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Sekian dan terimakasih telah berkunjung di web masdzikry, sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *