Komponen Prosesor: Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya

2 min read

Pengertian prosesor – prosesor atau CPU adalah otak dari sebuah perangkat yang memungkinkannya untuk melakukan kalkukasi dan juga beberapa fungsi lain terkait dengan proses pemrograman di dalam komputer. Prosesor sendiri dapat mengubah informasi yang dimasukkan ke dalam sebuah kode biner yang hanya terdiri dari nol dan satu saja.

Setelah kode biner tersebut diubah, maka informasi ini akan masuk ke CPU yang menggunakan Unit Logika Aritmatika atau ALU untuk melakukan operasi matematika ataupun logika.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan komputer bagi pengguna

Selain itu, CPU sendiri membutuhkan sebuah sistem lain di dalam komputer untuk membantunya tetap berfungsi dengan baik. Salah satu pantangan yang perlu dihindari oleh CPU adalah panas, panas yang dihasilkan ketika menjalankan semua fungsi komputer adalah musuh terbesar dari CPU itu sendiri.

Banyak komputer yang menggunakan kipas untuk mendinginkan prosesor, walaupun memang kini sudah ada beberapa komputer gaming kelas atas yang sudah menggunakan sistem pendingin untuk membantu menghilangkan panas yang berlebih pada CPU.

Pengertian Prosesor

Prosesor atau CPU merupakan sirkuit logika yang merespon dan juga memproses instruksi dasar yang menggerakkan komputer. CPU sendiri dipandang sebagai chip sirkuit terintergrasi (IC) utama dan juga terpenting pada sebuah komputer. Karena memang prosesor ini adalah komponen yang bertanggung jawab untuk menafsirkan sebagian perintah pada sebuah komputer.

CPU ini akan melakukan operasi logika, aritmatika, dan juga I/O paling dasar, tak lupa juga mengalokasikan perintah untuk chip dan juga komponen lain yang berjalan di sebuah komputer. Prosesor ini juga tak hanya ditemukan pada sebuah komputer saja, melainkan di smartphone, tablet, ataupun PC lainnya. Dua rival utama prosesor saat ini adalah AMD dan juga Intel.

Fungsi Prosesor Pada Komputer

Fungsi prosesor sendiri terdiri dari empat, yaitu ada fetch, decode, execute, dan juga store. Berikut penjelasan lengkapnya yang bisa Anda simak di bawah ini :

1. Fetch

Fetch adalah sebuah sistem yang menerima instruksi khusus dari memori program atau RAM sistem.

2. Decode

Decode adalah sebuah tempat instruksi yang diubah untuk memahami bagian mana dari sebuah CPU yang diperlukan untuk melanjutkan operasi. Proses ini dilakukan oleh decoder instruksi.

3. Execute

Execute adalah tempat operasi dilakukan. Setiap bagian dari CPU yang memang diperlukan akan diaktifkan disini untuk bisa menjalankan instruksi yang ada.

4. Store

Ketika prosesor sudah menjalankan instruksi dari sebuah program, maka perlu diberikan umpan balik berupa data keluaran. Data keluaran ini lalu ditulis ke memori komputer sebagai referensi di kemudian hari.

Jenis Prosesor

Kebanyakan prosesor yang ada saat ini adalah jenis multi-core, yang berarti bahwa IC berisikan dua atau lebih prosesor guna meningkatkan kinerja, mengurangi konsumsi baterai, dan efisiensi proses beberapa tugas secara bersamaan.

Adapun beberapa jenis prosesor lainnya yang sering digunakan pada komputer, seperti :

  • Prosesor Intel
  • Prosesor Advanced Micro Processor (AMD)
  • Prosesor Transmeta
  • Prosesor Arm
  • Prosesor Apple
  • Prosesor Via
  • Prosesor Cyrix
  • Prosesor Idt

Komponen Dasar Prosesor

  • Unit Logika Aritmatika (ALU), komponen ini berfungsi untuk menjalankan operasi aritmatika dan juga logika pada sebuah operan di dalam instruksi.
  • Unit Titik Mengambang (FPU), komponan ini juga biasa disebut dengan koprosesor matematika atau numerik. Koprosesor ini dapat memanipulasi angka lebih cepat dibandingkan sirkuit mikroprosesor dasar.
  • Register, komponen ini dapat menyimpan instruksi dan juga data lainnya. Selain itu komponen ini juga dapat mendaftarkan operan suplai menuju ALU dan menyimpan hasil operasinya.
  • Memori L1 dan L2cache, Dengan adanya komponen ini di dalam CPU maka akan menghemat waktu dibandingkan harus mendapatkan data dari memori RAM.

Penutup

Demikian penjelasan dari saya mengenai pengertian prosesor, jenis, dan fungsi prosesor pada komputer Anda. Tanpa adanya komponen prosesor, komputer tidak dapat bekerja secara maksimal. Sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pada pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *