Pengertian dan 5 Fungsi Marketplace Bagi Pengguna

2 min read

Pengertian dan fungsi marketplace

Pengertian dan fungsi marketplace – Memasuki era digital seperti saat ini mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya marketplace. Karena memang belakangan ini kata marketplace sangat dikenali oleh banyak masyarakat di Indonesia.

Maka tak heran apabila banyak marketplace kini sudah berkembang dengan pesat hingga saat ini. Lalu, sebenarnya apa pengertian dan fungsi marketplace itu?

Sebelum membahas lebih jauh, perlu Anda ketahui bahwa kehadiran marketplace di Indonesia ini memang sangat membantu masyarakat untuk menikmati berbagai kemudahan dalam berbelanja online. Dengan menggunakan marketplace, maka setiap individu dapat berbelanja hanya dengan menggunakan smartphone nya saja di mana pun mereka berada.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft powerpoint

Begitu juga bagi para penjual yang menjadikan marketplace untuk media jualannya, karena memang jangkauan pasar dari sebuah marketplace sangat luas hingga seluruh Indonesia. Hampir seluruh pelosok negeri saat ini sudah memanfaatkan cara baru dalam berbelanja ini.

Mungkin sebagian dari Anda ada yang belum mengetahui lebih jauh tentang apa itu marketplace. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang seluk beluk marketplace mulai dari pengertian dan fungsi markertplace, maka berikut bisa Anda simak di bawah ini :

Pengertian Marketplace

Marketplace adalah sebuah platform jual beli online dimana disitu Anda akan mendapatkan fitur jual beli dengan banyak toko seluruh Indonesia. Umumnya apabila dilihat sekilas, marketplace memiliki konsep yang sama dengan pasar tradisional secara nyata. Namun keberadaan marketplace ini sendiri hadir secara online.

Fungsi Marketplace

Apakah Anda ingin menggunakan marketplace? atau bahkan sudah sering menggunakan marketplace? Kini, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dan juga fungsi marketplace yang bisa dimanfaatkan tak terkecuali untuk bisnis. Berikut fungsi marketplace yang perlu Anda ketahui :

1. Sebagai Tempat Para Pembeli Berkumpul

Marketplace sendiri memiliki fungsi salah satunya adalah untuk para pembeli berkumpul. Tak hanya di satu kota saja, melainkan berbagai pembeli dari seluruh pelosok negeri akan berkumpul dan menjangkaunya.

Dengan begitu, hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi mereka yang menjadi seorang penjual dimana kesempatan akan lebih besar untuk mendapatkan pembeli.

Dengan memanfaatkan marketplace, maka pembeli tentu saja akan lebih mudah mengetahui dan menjangkau toko Anda. Hal ini tentu saja berarti bagi para pedagang atau penjual karena tidak perlu kesusahan lagi untuk mencari calon pembeli.

2. Sebagai Penghubung Antara Penjual Dan Pembeli

Manfaat dan juga fungsi marketplace selanjutnya adalah sebagai penghubung antara pembeli dan juga penjual. Pembeli akan lebih mudah untuk mendapatkan penjual dengan mengakses marketplace yang dipilih. Dengan begitu kebutuhan pembeli juga akan bisa lebih cepat didapatkan walaupun hanya melalui transaksi online saja.

Tak sampai disitu, manfaat yang satu ini juga sangat menguntungkan dari sisi penjualnya. Karena hanya dengan memposting produk yang dijual ke marketplace, maka penjual hanya perlu menunggu dan melayani pembeli karena akan langsung dihubungkan oleh marketplacenya itu sendiri apabila ada yang melakukan transaksi.

3. Sebagai Relasi Antar Pedagang

Siapa yang menyangka apabila marketplace bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan relasi antar pedagang dengan pedagang lainnya. Dengan adanya relasi ini, maka Anda yang mungkin seorang pedagang dan ingin bertukar pikiran dengan pedagang lain akan lebih terbantu.

Anda juga bisa lebih mudah terhubung dengan pedagang lain. Yang paling menguntungkan adalah apabila Anda sebagai sesame pedagang melakukan hubungan kerjasama dalam hal penjualan, maka Anda tentu saja akan mendapatkan keuntungan yang lebih satu sama lainnya.

4. Sebagai Sarana Promosi Gratis

Marketplace adalah salah satu platform jual beli yang bisa Anda manfaatkan untuk media promosi secara gratis. Anda tentu tidak perlu mengeluarkan biaya lain untuk mempromosikan setiap produk yang dipasarkan. Dengan begitu, Anda akan lebih untung karena dapat menghemat biaya.

5. Mempermudah Penjualan Produk Secara Online

Seperti yang kita tau bahwa marketplace saat ini berjalan secara online, dengan menggunakan marketplace yang ada saat ini seperti tokopedia, bukalapak dan lainnya, tentu saja akan mempermudah bagi para pedagang dalam melakukan penjualan barang atau produk secara online dan gratis.

Penutup

Dan itulah beberapa fungsi marketplace dan juga manfaatnya yang bisa Anda ketahui. Tak dipungkiri, kehadiran marketplace sangat membantu berbagai pihak, entah itu pembeli, ataupun penjual. Semuanya saling diuntungkan berkat adanya marketplace ini.

Sekian dari saya dan terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, semoga penjelasan diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi anda para pembaca, sampai jumpa di pembahasan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *