Memahami Pengertian dan Fungsi Jaringan Komputer

2 min read

Pengertian dan fungsi jaringan komputer

Sebelum membahas lebih jauh tentang pengertian dan fungsi jaringan komputer, Anda juga perlu mengenali dulu tentang apa saja yang berkaitan dengan topik kali ini. Sebelum adanya teknologi yang berkembang seperti saat ini, dulu semua orang hanya mengandalkan radio untuk mendapatkan sebuah informasi.

Namun kini, berkat adanya jaringan komputer dan juga internet yang selalu berkembang, semua orang menjadi lebih mudah untuk mendapatkan berbagai informasi di seluruh dunia.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan email bagi pengguna

Dengan internet inilah yang membuat penyebaran sebuah informasi menjadi semakin cepat diterima oleh masyarakat umum. Bahkan, penyebarannya dapat menjangkau seluruh dunia karena adanya internet.

Jadi, internet sendiri merupakan salah satu jaringan komputer yang paling banyak digunakan orang saat ini. Entah itu untuk melakukan penjualan online, komunikasi, bermain game online, dan lain sebagainya.

Melihat hal tersebut, tahukah Anda mengenai jaringan komputer? Karena jaringan komputer ini sendiri memanfaatkan teknologi kabel dan juga nirkabel yang biasa digunakan untuk tersambung dengan internet.

Sehingga khusus jaringan yang memakai kabel umumnya membutuhkan coaxial cable dan optical fiber. Sedangkan untuk sifatnya sendiri bisa dibuat public dan juga private.

Untuk jaringan private tentu saja membutuhkan user yang bertugas untuk memasukkan krudensial supaya dapat mengakses jaringannya. Dalam hal ini, biasanya proses tersebut dilakukan secara manual oleh pihak administrator jaringan.

Dan juga biasanya proses tersebut didapat langsung melalui kata sandi ataupun krudensial yang lain. Sedangkan untuk jaringan publik adalah layaknya internet dan tak memiliki batasan akses.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang tersusun dari 2 komputer, bahkan dapat terhubung melalui media komunikasi ataupun media transmisi. Sehingga keduanya ataupun seluruhnya dapat saling berbagi file, data, aplikasi, dan juga berbagai hardware komputer. Istilah dari jaringan komputer sendiri bisa dimaknai sebagai kumpulan beberapa terminal komunikasi yang ada.

Entah itu dari dua komputer atapun lebih yang memang saling terhubung. Tujuan dengan dibuatnya jaringan komputer ini adalah agar data informasi yang dibawa oleh transmitter sebagai pengirim dapat terkirim ke pihak penerima dengan tepat dan juga akurat tanpa kesalahan apapun.

Jaringan komputer inilah yang nantinya akan membuat pengguna dapat saling berkomunikasi dengan praktis dan juga mudah.

Fungsi Jaringan Komputer

Jaringan komputer ini memiliki peran penting bagi individu ataupun perusahaan. Karena memang fungsinya sendiri sangat efektif untuk melindungi data-data penting.

Dengan begitu, risiko kehilangan data juga dapat diminimalisir sekecil mungkin. Berikut informasi lengkap tentang fungsi jaringan komputer yang bisa Anda simak di bawah ini :

1. Meningkatkan Transfer Data

Jaringan komputer dapat berfungsi meningkatkan transfer data. Proses transfer data dengan menggunakan jaringan komputer biasanya lebih cepat dibandingkan dengan media lain.

Proses berbagi data menggunakan jaringan komputer ini tentunya dapat mempermudah user untuk mendapatkan informasi tanpa berlama-lama. Maka tak heran selain berfungsi untuk mengamankan data, jaringan komputer juga biasa digunakan untuk proses pengiriman data.

2. Menjaga Informasi

Fungsi jaringan komputer selanjutnya adalah sebagai penjaga segala informasi. Jadi, selain dapat digunakan sebagai pengaman data agar tidak hilang, jaringan komputer juga dapat berguna untuk menjaga data penting selalu valid. Penjagaan informasi ini bisa berupa pemberian batasan akses ketika data sedang diproses.

3. Menghemat Pengeluaran

Fungsi jaringan komputer selanjutnya adalah untuk menghemat uang. Karena kegiatan sehari-hari akan semakin efektif dengan jaringan komputer.

Sebut saja seperti membicarakan dunia kerja, dimana seluruh perusahaan kini tidak perlu lagi menyiapkan printer untuk setiap komputer. Berkat adanya jaringan, maka 1 printer saja bisa digunakan oleh beberapa komputer sekaligus.

4. Sebagai Alat Komunikasi Antar Komputer

Dengan adanya jaringan dapat memungkinkan perangkat komputer untuk melakukan komunikasi data secara realtime, sebut saja jaringan jenis LAN (local area network) yang seringkali digunakan pada fasilitas kantor.

Seperti yang kita tau komputer kantor yang terhubung di jaringan tersebut dapat saling berkomunikasi dengan mudah, oleh sebab itu anda perlu belajar jaringan secara mendalam agar memahami struktur jaringan lebih dalam lagi.

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat dari saya mengenai pengertian dan fungsi jaringan pada komputer, sekian dari saya dan terimakasih, semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *