Harddisk: Pengertian, Jenis dan Fungsinya Pada Komputer

2 min read

Pengertian harddisk

Bagi anda yang bergelut di bidang reparasi komputer pasti telah mengetahui salah satu komponen penting pada komputer ini, namun tak sedikit pula yang belum memahami mengenai apa itu harddisk, nah pada pembahasan kali ini saya membahas mengenai komponen harddisk, mulai dari pengertian harddisk, jenis, dan fungsinya pada komputer.

Pengertian Harddisk

Harddisk merupakan komponen perangkat keras dalam rangkaian komputer yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Dalam fungsinya, harddisk berperan sangat penting dalam menyimpan data dan sistem operasi komputer yang sedang berjalan.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan harddisk internal dan eksternal

Tanpa adanya komponen harddisk, tentu saja komputer tidak dapat digunakan dengan normal. Salah satu dampaknya ialah sistem operasi yang tidak dapat dibuka dengan benar, hal ini disebabkan karena OS membutuhkan harddisk sebagai wadah instalasi sistemnya.

Pada mulanya harddisk hanya memiliki kapasitas KB (kilobyte) yang terus berkembang hingga mempunyai ukuran ratusan GB (gigabyte). Harddisk sendiri sangat penting sebagai salah salah satu komponen komputer. Semakin besar kapasitasnya, maka semakin baik juga kinerja CPU ketika membaca program data atau aplikasi ketika dijalankan.

Seperti yang kita tahu, harddisk saat ini sudah menjadi salah satu bagian penting yang dilihat oleh pengguna sebelum membeli sebuah perangkat komputer ataupun laptop. Anda dapat memilih kapasitas hardisk dari yang memiliki kapasitas kecil hingga besar sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Jenis-jenis Harddisk

Harddisk sendiri memiliki beberapa jenis, berikut di bawah ini adalah jenis-jenis harddisk yang wajib kamu ketahui, diantaranya yaitu :

1. Jenis IDE / ATA

Jenis harddisk yang pertama adalah IDE atau ATA. IDE sendiri adalah singkatan dari Integrated Deviced Electronics, sedangkan ATA adalah singkatan dari Advanced Technology Attachment. Harddisk jenis ini merupakan komponen penyimpanan yang memiliki kapasitas kecil dan maksimal kapasitasnya hanya 320 GB saja.

Harddisk jenis ini juga sudah jarang digunakan untuk saat ini dikarenakan kapasitasnya yang kecil tersebut. Dinilai tidak praktis, maka harddisk jenis ini sudah mulai ditinggalkan oleh pengguna komputer.

2. Jenis SATA

Jenis harddisk selanjutnya adalah SATA, yaitu singkatan dari Serial Advanced Technology Attachment. Jenis harddisk ini adalah jenis yang saat ini paling banyak digunakan pada perangkat komputer ataupun laptop konvensional.

Kapasitasnya jauh lebih besar dibandingkan dengan IDE/ATA, yaitu mencapai 2 TB. Harddisk jenis ini juga memiliki banyak kelebihan daripada jenis IDE/ATA, karena itulah jenis SATA saat ini banyak digunakan.

3. Jenis SCSI

SCSI atau biasa disebut dengan Small Computer System Interface. Jenis ini adalah harddisk yang memiliki kapasitas paling besar hingga 5TB dan memiliki kecepatan membaca yang paling tinggi diantara jenis harddisk lainnya.

Fungsi harddisk jenis ini biasanya digunakan pada sebuah komputer server atau komputer penyedia database. Dengan menggunakan harddisk SCSI ini maka Anda dapat melakukan transfer berbagai data jauh lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan menggunakan harddisk jenis IDE/ATA ataupun SATA.

Fungsi Harddisk

Pengertian harddisk

Fungsi harddisk sendiri sangat penting di dalam sebuah perangkat komputer ataupun laptop. Berikut dibawah ini beberapa fungsi harddisk pada komputer yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Sebagai Tempat Menyimpan Data Dari OS

Fungsi harddisk yang pertama adalah untuk menyimpan data dari OS. Biasanya OS yang digunakan pada sebuah komputer adalah Windows. Baik Windows dan juga OS lain tentu saja membutuhkan harddisk untuk bisa mengoperasikan sebuah komputer.

Karena itulah, fungsi utama harddisk adalah untuk menginstal Operating System atau OS. Tanpa sebuah OS maka komputer tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Sebagai Alat Penyimpan Data Dari Software

Harddisk juga memiliki peran untuk menjadi tempat menyimpan data dari software. Agar sebuah aplikasi dapat diinstal di komputer, maka tentu saja diperlukan kapasitas harddisk yang cukup untuk menampung aplikasi yang akan diinstal tersebut.

Apabila harddisk yang digunakan sudah penuh dengan berbagai macam data, maka tentu saja akan berpegaruh terhadap kinerja aplikasi tersebut, bahkan komputer juga akan ikut terpengaruh.

3. Sebagai Alat Penyimpan File Pengguna

Fungsi harddisk yang terakhir adalah sebagai tempat menyimpan berbagai file pengguna. Sebagai pengguna, kehadiran harddisk memang sangat dibutuhkan untuk menyimpan berbagai macam data, dil, ataupun dokumen virtual seperti .doc, .pdf, .mp3, .mp4, dan sebagainya.

Dengan fungsinya yang penting tersebut, maka bisa dibilang harddisk adalah nyawa bagi pengguna didalam komputernya. Apabila harddisk mengalami kerusakan, tentu saja file yang didalamnya pun akan menghilang. Hal tersebut akan menyebabkan pengguna tidak bisa melakukan beberapa hal, sepenting itulah fungsi harddisk bagi pengguna.

Penutup

Demikianlah pembahasan saya mengenai komponen harddisk, mulai dari pengertian harddisk, jenis harddisk dan fungsi harddisk pada komputer. Semoga pembahasan diatas tadi dapat menambah wawasan anda seputar komponen komputer, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *