Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Tips Cara Diliput Media Online Indonesia untuk Pemula

2 min read

Cara Diliput Media Online Indonesia

Pada dasarnya menjadi seorang yang berpengaruh, tidaklah mudah. Ada beberapa tahapan hingga akhirnya mereka ternama seperti sekarang. Dari usaha itulah akhirnya berdatangan pekerjaan lain, endorse bahkan masuk ke acara televisi. Bagi pemula cara diliput media online mungkin bisa dicoba.

Baca juga : pengertian dan fungsi press release

Beberapa orang tampaknya sedang berusaha membuatnya dirinya dikenal oleh masyarakat dengan berbagai konten, usaha, kemampuan diri dan lainnya. Semua hal tersebut jika dikelola secara baik akan mendatangkan pemasukan pengikut serta berakhir pada peliputan media secara online maupun offline.

Tips Cara Diliput Media Online Indonesia

Sebenarnya untuk membuat diri sendiri diliput tidaklah sulit, hanya perlu usaha lebih agar bisa mencapai titik tersebut. Sebelum memutuskan ingin menempuh cara-caranya, sebaiknya perhatikan dahulu konsep serta potensi dasar atau passion. Berikut beberapa di antaranya:

1. Tentukan Konsep Dasar yang Menarik

Menentukan konsep tentu saja sangat penting bagi Anda yang ingin diliput media online. Jika tanpa membuat sebuah konsep meskipun amatir, tidak akan mempunyai nilai di mata media-media karena tanpa ada dasar pengambilan tema. Setiap akan meliput sesuatu harus didasarkan pada tema-temanya.

Hal tersebutlah yang membuat konsep dasar sangat penting dibuat sebelum memutuskan untuk menjadi trending melalui media. Tanpa membuat draft mentah meskipun amatir, kemungkinan membuat konten menarik terlalu dini mengharap peliputan oleh media media secara online maupun offline.

2. Membuat Konten Berdasarkan Konsep dengan Jelas

Setelah mempersiapkan semua konsep dasarnya, tentu saja cara keduanya adalah pembuatan konten. Ternyata media online sekarang lebih mengutamakan pengikut banyak dari akun sosmed, sehingga diusahakan membuat kontennya berdasarkan konsepnya semenarik mungkin, atau sedang trend.

Baca juga : jasa diliput media nasional melalui press release

Misalkan saja konsep dasar adalah mempromosikan usaha Anda yang terlihat berbeda dari lainnya, bisa mengambil keseharian saat memulainya. Selain meningkatkan jumlah pengikut, tentu saja semakan ramai usahanya. Disamping itu akan mudah para media online menemukan konten tersebut.

3. Belajar Dasar Edit Video lalu Membaginya melalui Sosial Media

Jangan lupakan untuk belajar editing video meskipun hanya sedikit, namun tetap berguna di zaman short konten seperti sekarang. Setelah melakukan cara kedua, tentunya mengeditnya sesuai keinginan saja tidak perlu idealis yang terpenting bisa menarik perhatian netizen di dunia online media sosial.

Tentunya jika Anda sudah merasa puas dan yakin video tersebut memenuhi kriteria untuk mengundang masa, langsung saja bagikan secara online melalui sosial media. Biasanya pada pertama kali pembagian tidak langsung trending harus mengupayakan beberapa cara lain, salah satunya iklan bagi konten usaha.

4. Gunakan Jasa Press Release Media Nasional

Press Release adalah layanan publikasi media yang tujuannya untuk meningkatkan brand awareness pada masyarakat. Oleh karena itu jika Anda ingin konten yang dibuat lebih cepat dikenal oleh khalayak ramai gunakan jasanya. Biasanya pengguna layanannya tersebut merupakan media-media besar.

Caranya pun hanya perlu menghubungi beberapa penyedia jasa dan Anda sudah bisa dengan mudah mendapatkan urutan untuk siaran pers di salah satu media nasional. Mungkin jika dapat dikatakan seperti iklan baris pada media massa Koran jaman dulu, namun sekarang secara online dan mudah.

5. Manfaatkan Iklan Media Sosial

Disetiap media sosial biasanya menyediakan beberapa fitur iklan, contohnya saja pada Instagram dan Facebook. Khusus konten-konten berbau usaha dapat memanfaatkannya sebagai langkah atau cara ke lima agar diliput media online. Semakin banyak menayangkan iklan brand Anda, pengikut sebanding.

Baca juga : fungsi media nasional bagi masyarakat umum

Oleh karena itu, usahakan pembuatan konten menarik entah dalam bentuk video atau foto. Teknologi canggih saat ini memudahkan masyarakat untuk menghasilkan foto-foto serta videonya berkualitas kamera mahal, sehingga hanya bermodal aplikasi editing saja. Seperti cara ketiga belajar edit dahulu.

6. Tunggu Hingga Jumlah Pengikut Meningkat

Setelah melakukan beberapa cara di atas, Anda hanya perlu menunggu hingga jumlah pengikut meningkat saja. Disaat menunggu ada baiknya membuat konten-konten lain yang lain dengan konsep berbeda, sehingga ketika pengikut mengunjungi laman Anda sudah ada referensi lainnya.

Dari situlah nanti biasanya mereka memberikan keputusan semakin antusias dengan konten-konten tersebut lalu menjadi pengikut setia atau hanya mengunjungi saja. Great attitude make people more interest and good content always bring smiles. Jadikan hasil konten Anda sesuatu yang bermanfaat.

7. Menjadi Konten Kreator Professional

Di zaman yang serba digital ini, memang ada banyak cara untuk menjadi terkenal. Salah satunya yaitu konten kreator, baik itu Youtube, Twitter, Instagram atau yang lagi booming yaitu TikTok.

Dengan menjadi terkenal, tidak menutup kemungkinan Anda akan diliput media. Di sisi lain, Anda juga harus memberi suguhan yang mengedukasi para penonton agar konten terlihat berkualitas.

Penutup

Beberapa cara diliput media online di atas tergantung dari bagaimana Anda menghasilkan atau menyusun konsep dasar dari konten.

Baca juga : keunggulan press release media nasional bagi bisnis

Tidak semua content creator menempuh banyak usaha, terkadang mereka secara tidak sengaja menjadi trending dengan sendirinya. Intinya buatlah sesuatu yang menarik.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.