Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal 7 Contoh Media Nasional yang Ada di Indonesia

2 min read

Contoh Media Nasional Indonesia

Media-media pers di Indonesia pada dasarnya sangat banyak, baik berupa fisik maupun digital. Hal tersebut membuat negara ini memang kaya akan berbagai kabar dari segala macam aspek kehidupan. Setidaknya ada 74 contoh media nasional yang telah terverifikasi oleh Dewan Pers Indonesia.

Baca juga : jasa publikasi media nasional melalui press release

Media-media tersebut diundang dalam acara penandatanganan Komitmen Ambon yang juga disaksikan oleh Presiden Jokowi. Beberapa media belum terverifikasi bukan berarti tidak berhak memberikan berita, hanya saja kemungkinan saat mencari sumber agar dipersulit karena kredibilitasnya kurang.

Contoh Media Nasional di Indonesia

Dari total 74 media nasional yang sudah terverifikasi, hanya ada beberapa saja dijadikan andalan masyarakat dalam mencapai tujuan menggunakannya. Selain karena penyampaiannya nyaman didengar, keaktualan serta kelengkapan berita menjadi alasannya. Berikut contoh-contohnya.

1. Kompas – Berita Lengkap dari Seluruh Indonesia

Kompas merupakan salah satu media nasional yang menjadi andalan masyarakat karena kredibilitasnya dalam dunia media pers hingga publikasi karya sastra. Hal tersebut yang membuat kehadirannya di dunia pemberitaan cukup dinantikan. Selain itu mereka juga telah berinovasi menjadi media siaran juga.

Kehadirannya bukan merupakan media nasional yang asing, hadir sejak media cetak koran masih merajai informasi penyampaian berita adalah salah satu alasannya. Reputasi kompas dimata masyarakat sudah tidak dapat dipungkiri lagi nilainya baik tentunya didasarkan pada kualitasnya selama ini.

2. Pikiran Rakyat – Media Nasional Berjaringan, Fakta Independen Terpercaya

Sesuai dengan namanya, pikiran rakyat mempunyai kredibilitas terbaik dalam media cetak yang saat ini telah berkembang menjadi berita digital. Dalam menyampaikan informasi di laman berita onlinenya, penggunaan bahasanya enak sehingga pembacanya mudah saat akan memahami makna isinya.

Baca juga : tujuan penggunaan media nasional secara umum

Begitu juga saat menuliskan beberapa berita di dalam media cetaknya atau koran, berita yang disajikan aktual dengan penyampaian nyaman. Hal tersebut menjadi alasan mengapa pikiran rakyat menjadi salah satu andalan masyarakat ketika menggali informasi termasuk di media-media digitalnya sekarang ini.

3. Suara Merdeka – Suaranya Jawa Tengah

Warga Jawa Tengah tidak ada yang tak mengenal media cetak satu ini, meskipun masih berjalan di dalam penyampaian berita fisik tetapi Suara Merdeka tetap mengikuti zaman dengan membuat website pemberitaan. Disana tentunya ketersediaan berita-berita terkini selalu update setiap harinya.

Layaknya koran, Suara Merdeka tetap menyerukan suara-suaranya melalui media digital dengan lingkup berita lebih luas. Meskipun utamanya adalah daerah Jawa Tengah, untuk memberikan informasi terkini secara baik mereka memperluas jangkauannya menjadi liputan seluruh Indonesia bahkan dunia.

4. Femina – Menyikap Dunia Wanita Modern Indonesia

Sama seperti Suara Merdeka, eksistensinya sebagai majalah wanita modern Indonesia sedikit meredup karena kemajuan teknologi dalam memberikan informasi secara digital. Tenang saja, mereka juga melebarkan sayapnya membuka layanan pemberitaan online layaknya media-media nasional lainnya.

Berbeda dengan media sebelumnya, Femina cenderung memberikan informasi seputar dunia wanita. Dari entertainment hingga tips untuk wanita-wanita modern Indonesia disajikan disana dengan bahasa sederhana namun enak saat membacanya. Luasnya dunia-dunia tentangnya menjadi sumber Femina.

5. Metro TV – Mengupas Berita dengan Tuntas

Siapa yang tidak mengenal Metro TV yang merupakan salah satu media siaran terlengkap dalam mengupas berita. Kebanyakan acaranya memang memberikan pembahasan mengenai informasi seluruh dunia termasuk Indonesia dalam segala aspek tetapi kebanyakan berita-berita berat diluar hiburan.

Baca juga : tips cara diliput media online Indonesia

Hal itulah yang menyebabkan Metro TV menjadi salah satu saluran televisi terbaik dalam memberikan informasi atau berita terkini. Lebih banyak mendatangi lokasi secara langsung untuk liputan sehingga memang semua infonya akurat dikupas secara tuntas dengan tujuan tidak ada lagi tanda tanya disana.

6. TVOne – Menjelajah Dunia dalam Berita

Selain Metro TV, media nasional yang khusus banyak memberitakan aspek diluar hiburan dan entertainment adalah TVOne. Begitu ada berita terkini sedang hangat diperbincangkan, masyarakat tentu akan mencari siaran dari channel televisi ini untuk menemukan pembenaran lebih akurat.

Selain itu, aspek tentang hukum-hukum dan perdebatan orang-orang berkualitas ada di beberapa acaranya dalam TVOne. Hal inilah yang membuatnya dijadikan media nasional andalan masyarakat dalam menjawab tanda tanya untuk beberapa kasus sesuai dengan pemberitaan terkini saat itu.

7. Trans TV – Liputan Segala Aspek Kehidupan

Stasiun televisi milik salah satu pengusaha sukses di Indonesia ini menjadi salah satu media nasional yang kerap menayangkan berbagai acara hiburan. Meskipun begitu, Trans TV juga memiliki beberapa sajian khusus pengungkapan berita terkini, dirangkum secara modern serta berwarna agar menarik.

Selain berita, Trans TV sering memberikan edukasi pengetahuan sosial proses-proses pembuatan makanan hingga benda tradisional khas Indonesia. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat tahu bagaimana memproses dari awal sesuatu yang biasanya langsung pakai sehingga lebih menghargai.

Kesimpulan

Beberapa penjelasan dan contoh media nasional di atas hanya sebagian dari 74 media-media yang sudah diverifikasi oleh Dewan Pers.

Baca juga : kelebihan press release media nasional bagi bisnis

Kehadirannya terbukti sangat dinantikan oleh masyarakat untuk memberikan beragam informasi dan berita terkini maupun dunia hiburan seperti dalam acara-acara tertentu pada saluran TV.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.