Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Contoh Cloud Computing yang Sering Digunakan Saat Ini

2 min read

Contoh Cloud Computing Masa Kini

Dilihat dari pengertiannya mungkin beberapa orang masih belum bisa memahaminya. Namun jika memeriksa contoh cloud computing lebih bisa mengerti kegunaan sesungguhnya. Masing-masing jenisnya mempunyai kapasitas tersendiri dan dapat selalu dinaikkan bahkan menurunkannya.

Baca juga : mengenal karakteristik cloud computing

Hal tersebutlah yang membuat layanan penyedia cloud computing dibutuhkan perannya. Untuk perusahaan dan bisnis besar akan selalu membutuhkan kapasitas terbesar agar bisa mempunyai ruang  dalam menyimpan segala data-data serta dokumen penting, sehingga aman serta terbackup.

Contoh Cloud Computing Masa Kini

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa untuk lebih memahami apa itu cloud computing serta untuk apa sebenarnya dapat melihatnya melalui contoh. Sebagian besar contohnya dapat menggambarkan secara jelas makna sebenarnya, berikut beberapa contohnya yang sering digunakan.

1.  Google Drive

Siapa yang tidak tahu salah satu aplikasi besutan dari perusahaan ternama, Google Drive. Selain digunakan pada gawai-gawai modern saat ini, ternyata bermanfaat dalam sistem cloud computing pada perusahaan-perusahaan besar atau bisnis. Manfaat dasar darinya adalah penyimpanan data penting.

Hal tersebut sudah sangat relatif dengan fungsi cloud computing, sehingga wajar jika ternyata salah satunya adalah google drive. Saat menggunakannya, secara mudah Anda bisa saling berbagai dokumen dengan orang lain. Kegunaan tersebut juga berlaku pada kinerja di sebuah perusahaan.

2. Dropbox

Tidak berbeda dengan sebelumnya, Dropbox mempunyai fungsi sama sehingga menjadi salah satu contoh cloud computing. Dapat menyimpan berbagai jenis dokumen dan data dengan kapasitas tertentu berdasarkan keinginan penggunanya. Biasanya bisnis-bisnis start up yang sering menggunakannya.

Baca juga : pengertian dan karakteristik jaringan WAN

Perusahaan rintisan atau startup memang cenderung masih mempunyai data dan dokumen dalam jumlah yang tidak banyak, oleh karena itu banyak dari mereka memilih dropbox sebagai pusat cloud computing. Dasar pemakaiannya pun sebagai perantara membagikan data-data antar karyawannya.

3. Media Sosial

Tanpa disadari media sosial yang sering Anda gunakan setiap hari adalah salah satu contoh dari cloud computing. Semua jenisnya mempunyai ruang penyimpanan bagi penggunanya dan bisa berbagai juga dengan pengguna lainnya. Hal tersebut sudah bukan fasilitas rahasia di antara semua perusahaan.

Ambil contoh saja, misalkan perusahaan Anda mempunyai media sosial untuk proses marketing. Lalu membagikan dokumen berupa gambar. Secara otomatis, akan tersimpan pada halaman dan tidak akan terhapus meskipun bertahun-tahun serta dapat dibagikan lagi ke berbagai karyawan sebagai arsip.

4. Teknologi pada Bidang Kesehatan

Pada beberapa alat kedokteran juga sudah menerapkan sistem cloud computing tersebut. Contohnya adalah Telemedicine yaitu alat komunikasi jarak jauh yang digunakan antara tenaga kesehatan dengan pasien serta sebagai perantara mengirim data medis dari satu lokasi ke lainnya.

Selain itu, beberapa aplikasi seperti Halodoc, Alodokter serta aplikasi-aplikasi lainnya mengenai kesehatan juga merupakan contoh dari cloud computing pada bidang kesehatan. Tanpa disadari ternyata kehadirannya juga sangat bermanfaat bagi perusahaan bergerak healthy care seperti di atas.

5. Teknologi dan Informasi Komunikasi pada Bidang Pemerintahan

Tidak perlu dijelaskan secara detail karena sudah sangat jelas bahwa perusahaan bergerak di bidang pemerintahan pasti salah satu penggunanya. Diterapkan dalam jasa alih daya pengelolaan  TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) oleh BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi).

Baca juga : kelebihan cloud computing bagi perusahaan

Tentu saja bidang pemerintah mempunyai banyak data-data dari masyarakat sehingga harus menggunakan cloud computing agar tetap aman segalanya. Penerapannya pada bidang-bidang ini juga digunakan oleh Pengawas Tenaga Nuklir dan Kementerian Riset Teknologi (Kemenristek).

6. Pemakaian pada Bidang Pendidikan

Dua tahun belakangan ini sangat berat bagi semua masyarakat dunia dalam penanganan kasus wabah, hingga mengharuskan beberapa pelajar libur dan belajar di rumah. Nah, salah satu contoh penerapan cloud computing di bidang pendidikan adalah penggunaan Google Talk dan Video for Education.

Selain itu, yang sering digunakan adalah Google Classroom, semua contoh tersebut merupakan penerapan cloud computing secara tidak sengaja. Ketika mengaktifkannya tentu akan memberikan kemudahan bagi guru serta muridnya dalam menerima pembelajaran meskipun secara online.

7. Layanan Gmail

Saat perusahaan menerima kiriman data dan dokumen dari pihak-pihak tertentu, melakukan transfer data menggunakan email adalah jalan terbaik. Salah satu lagi produk dari Google yang diklaim sering digunakan sebagai penerapan cloud computing, gmail atau google mail bahkan semua memilikinya.

Tanpa Anda menghapus email yang masuk di dalam inbox tentu saja selamanya akan berada di sana meskipun dalam bentuk data seperti foto atau video. Hal tersebut sama sudah menggunakan cloud computing secara tidak sengaja karena itulah cara kerjanya, menyimpan data dan dokumen penting.

Penutup

Tujuh contoh cloud computing di atas dirasa sudah cukup bisa dalam memahami seperti apa dan manfaat sebenarnya.

Baca juga : tujuan penggunaan media nasional secara umum

Tanpa disadari semua orang menggunakannya, bedanya jika untuk sebuah perusahaan Anda harus membayar untuk penambahan ruang atau kapasitas penyimpanannya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.