Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Inilah 7 Fungsi Cloud Computing bagi Perusahaan dan Bisnis

2 min read

Fungsi Cloud Computing bagi Perusahaan dan Bisnis

Tidak semua orang tahu tentang teknik yang satu ini dalam dunia teknologi. Padahal sebenarnya fungsi cloud computing sendiri sangat dibutuhkan dalam komputerisasi khususnya pada perusahaan. Hal tersebut karena cara kerjanya sangat praktis serta mengcover aplikasi komputer berkapasitas besar.

Baca juga : pengertian dan layanan amazon web services (AWS)

Cloud computing artinya adalah sebuah proses dalam mengolah sistem daya komputerisasi melalui jaringan internet lalu menghubungkan dari satu perangkat komputer dengan komputer-komputer lain di waktu yang sama. Dari definisi tersebut, sudah sewajarnya perusahaan menggunakannya.

Fungsi Cloud Computing bagi Perusahaan dan Bisnis

Kekurangan pengetahuan mengenai cloud computing menjadi pangkal masalah mengapa masih saja ada perusahaan yang tidak memanfaatkannya. Hal tersebut membuat fungsi-fungsinya terabaikan sementara keberadaannya sangat penting untuk kelangsungan kinerja, berikut beberapa fungsinya.

1. Interaksi Lebih Efektif dan Efisien pada Kinerja

Cara kerja cloud computing sendiri memang berbasis pada satu kepala, lalu menghubungkan lainnya sehingga tentu saja interaksi yang dilakukan lebih efektif dan efisien. Hal tersebut terutama dalam hal kinerja karyawan di perusahaan tertentu, contohnya desain serta konstruksi yang membutuhkan data.

Data-data tersebut letaknya tidak hanya pada satu komputer sehingga jika tidak menggunakan cloud computing setiap karyawan harus menyalin kesana kemari. Dengan menggunakan teknologi tersebut, tidak perlu melakukannya karena sudah terhubung antara data komputer satu dengan lainnya.

2. Investasi Pemulihan Bencana dengan Backup Otomatis

Pada sebuah perusahaan memberikan pemulihan bencana merupakan hal yang besar sehingga dibutuhkan pengeluaran cukup lumayan. Tetapi menurut sebuah penelitian, penggunaan cloud computing dapat menguntungkan perusahaan atau bisnis kecil pada back up atau pemulihan data.

Baca juga : macam aplikasi berbasis cloud computing

Biaya untuk penyedia jasa cloud computing sendiri tidak tinggi, hal tersebut membuat perusahaan atau bisnis dapat terhindar dari investasi besar pada pemulihan bencana dengan memanfaatkan cloud computing. Saat komputer kantor mengalami masalah, semua data secara otomatis sudah tersimpan.

3. Tabungan dan Investasi pada Biaya

Mempunyai hubungan sedikit dengan fungsi di atas, sudah dijelaskan bahwa dengan menggunakan cloud computing sebuah perusahaan atau bisnis akan terhindar dari investasi besar. Hal tersebut memang karena biaya pembayarannya sangat rendah tergantung paket yang disediakan.

Biasanya perusahaan Anda akan dikenakan biaya per bulan atau terkadang ada juga penyedia jasa yang menawarkan paket pembayaran langsung di awal tetapi jarang. Dengan begitu, dapat menghemat biaya pengeluaran sehingga kedepannya dapat masuk ke dalam tabungan juga investasi lainnya.

4. Fleksibilitas untuk Perusahaan dalam Kinerja

Sebuah perusahaan pasti sangat menginginkan kinerja semua karyawannya totalitas dan berkualitas. Dengan menggunakan cloud computing, bisa membantu mewujudkannya. Sudah sedikit dijelaskan bahwa interaksi yang ada antara pekerja lebih efektif juga efisien, dari situ kinerjanya mengikutinya.

Fungsi fleksibilitas tersebut sangat berpengaruh pada pemakaian data dan dokumen, sehingga ketika seorang karyawan melakukan work from home tetap bisa mengakses data-data kantor. Hal inilah yang akhirnya menjadikan cloud computing sangat fleksibel dalam pemakaiannya di sebuah perusahaan.

5. Dapat Meningkatkan Daya Saing

Sebuah perusahaan dengan tingkat kepentingan konsumen tinggi tentu sangat terbantu dengan adanya cloud computing karena lebih cepat dalam melayani melalui pengambilan data. Hal tersebut secara tidak sengaja akan meningkatkan daya saing bersama perusahaan-perusahaan atau bisnis sejenis.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan cloud computing

Kinerja setiap karyawan dalam melayani konsumen akan terjamin ketepatannya karena semua data serta dokumen sudah berpusat pada satu arsip di dalam sistem. Hal tersebut membuat daya saing naik juga mendatangkan konsumen baru dari pelayanan yang sempurna, cepat dan tepat.

6. Skalabilitas yang Stabil bagi Bisnis

Fungsi yang ini sangat berpengaruh pada perusahaan atau bisnis dengan kapasitas permintaan tinggi. Fluktuasinya kadang stabil ada kalanya naik turun sehingga adanya cloud computing membantu dalam menampilkan semua data-data sesudah maupun sebelumnya agar dapat dengan mudah meninjaunya.

Saat skala fluktuasinya turun, Anda bisa menurunkan kapasitas penggunaan ruang cloud computing begitupun sebaliknya. Penyedia layanan cloud computing bersedia menurunkan serta menaikkan lagi, hal tersebut karena pada perusahaan sudah sewajarnya mengalami skala-skala fluktuasi.

7. Mampu Mengontrol Setiap data Perusahaan

Fungsi dasar dari sebuah cloud computing memang salah satunya sebagai penyimpan data dan dokumen sebuah perusahaan. Selain menyimpan, fungsinya juga mengontrolnya sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan secara otomatis sistem mengamankan semua data-data di dalamnya.

Dalam sebuah sistem sudah hal wajar terjadi penyimpangan pada data-data termasuk karena bencana, salah satunya komputer rusak sehingga tidak dapat mengakses data. Hal tersebut akan langsung tersimpan dengan membackup secara otomatis semua dokumen perusahaan pada unit tersebut.

Kesimpulan

Pada dasarnya fungsi cloud computing bukan rahasia bagi perusahaan hanya saja beberapa belum mengerti cara kerjanya.

Baca juga : mengenal 5 karakteristik cloud computing

Dengan mengetahui beberapa fungsinya diharapkan dapat memahami secara keseluruhan mengapa setiap bisnis atau perusahaan-perusahaan membutuhkannya guna kinerja terbaik.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.