Kabel LAN: Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya

2 min read

Fungsi kabel LAN

Bertemu lagi dengan saya yang pada kesempatan kali ini akan membahas secara mendalam mengenai pengertian dan fungsi kabel LAN (local area network) beserta penjelasan terkait lainnya agar menambah wawasan anda seputar jaringan komputer.

Pengertian Kabel LAN

Kabel LAN ialah kabel dalam jaringan komputer yang berperan sebagai media transmisi internet dan menghubungkan beberapa perangkat komputer atau perangkat jaringan lainnya. Penggunaan kabel ini cukup terbatas, seperti kantor, rumah, sekolah dan tempat lainnya.

Baca juga : fungsi protokol pada jaringan komputer

Kabel LAN sering dimanfaatkan untuk membuat jaringan komputer sesuai dengan topologi jaringan yang ada saat ini, seperti topologi mesh, tree, ring dan berbagai topologi jaringan lainnya.

Fungsi Kabel LAN

Berikut dibawah ini beberapa point mengenai fungsi dari kabel LAN dalam jaringan komputer yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Menghubungkan komputer dengan komputer lain

Fungsi utama dari kabel lan yaitu menghubungkan komputer dengan perangkat komputer lainnya. Komputer yang terhubung menggunakan kabel ini dapat berkomunikasi dan berbagi file data, tanpa perlu repot menggunakan media eksternal semacam flash drive, harddisk dan sebagainya. Ini disebut dengan file sharing.

Dengan komputer yang terhubung kita juga bisa melakukan LAN Chat dengan mudah. LAN chat atau dalam bahasa indonesianya yaitu obrolan LAN adalah fitur yang berfungsi untuk berkomunikasi dan mengirim pesan antar pengguna komputer, untuk menggunakannya, anda bisa melalui aplikasi tambahan seperti Winchat, Outlook LAN Messenger, MsgPopup dan program tambahan lainnya.

2. Meremote komputer

Fungsi yang kedua yaitu mempermudah akses komputer yang terhubung lainnya dengan melakukan remote jaringan. Umumnya, untuk meremote komputer tersebut, pengguna memerlukan program tambahan seperti team viewer yang membutuhkan internet.

Dengan menggunakan jaringan LAN, tentu anda bisa melakukannya secara offline menggunakan fitur Remote Desktop Manager. Jadi, manfaatkan dengan baik kelebihan kabel lan ini.

3. Menghubungkan komputer dengan perangkat lainnya

Kabel LAN juga berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan perangkat yang lain, seperti printer, switch, repeater dan perangkat lainnya. Dengan penggunakan topologi jaringan yang tepat, satu perangkat eksternal dapat digunakan oleh banyak komputer sekaligus.

4. Menghubungkan komputer dengan router

Selain dapat menghubungkan komputer dengan komputer yang lain, kabel lan juga berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer dengan router yang mempermudah pengguna dalam melakukan konfigurasi jaringan secara manual.

Selain itu, penggunakan kabel LAN juga memiliki kecepatan internet yang cepat dan lebih stabil dibanding menggunakan jaringan WIFI secara wireless atau nirkabel.

Jenis-jenis Kabel LAN

Berikut dibawah ini beberapa jenis kabel local area network dalam jaringan komputer yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Kabel Coaxsial

Kabel Coaxial adalah jenis kabel yang mempunyai dua buah penghantar berupa kabel padat yang terbuat dari bahan tembaga sebagai intinya, kemudian dilapisi dengan isolasi isolasi dan digulung kembali dengan penghantar berupa kabel fiber yang terbuat dari bahan tembaga atau alumunium sebagai penyambungnya.

Kabel Coaxial atau kabel coaxial dilapisi dengan isolator elastis yang terbuat dari plastik tahan air dan biasa digunakan untuk antena televisi, antena pemancar radio dan kabel jaringan LAN. Kabel LAN koaksial digunakan di Ethernet 10Base2 dan 10Base5 beberapa tahun yang lalu.

10Base5 mengacu pada thicknet sedangkan 10Base2 mengacu pada thinnet karena 10Base5 digunakan untuk menggunakan kabel lan koaksial yang lebih tebal. Kabel LAN koaksial ini mahal dan mencapai kecepatan maksimum hanya 10Mbps. Kabel LAN koaksial ini tidak populer sekarang.

2. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)

Kabel UTP atau singkatan dari kata Unshielded Twisted Pair merupakan kabel yang paling umum digunakan karena relatif murah, mudah dipasang dan cukup dapat diandalkan. Sesuai dengan namanya, Unshielded Twisted Pair artinya kabel twisted pair yang tidak tertutup.

Fungsi kumparan dalam kabel UTP adalah untuk menghilangkan induksi dan kebocoran. Biasanya kabel utp digunakan untuk di dalam ruangan (indoor). Kabel UTP ini termasuk jenis kabel jaringan yang menggunakan alas tembaga mentega, yang tidak dilengkapi dengan pelindung bagian dalam.

3. Kabel STP (Shielded Twisted Pair)

Shielded twisted pair atau STP adalah kabel twisted pair yang memiliki pelindung logam untuk melindungi kabel dari gangguan elektromagnetik eksternal. Cable Stp (Shielded Twisted Pair) adalah media transmisi yang digunakan untuk membuat jaringan berbasis lokal atau biasa disebut LAN (Local Area Network).

Sesuai dengan namanya, Shielded Twisted Pair artinya kabel twisted atau twisted pair dengan proteksi. Hampir seperti kabel UTP, namun kabel STP memiliki selubung lain yang menutupi keempat lilitan kabel yang ada di dalamnya. Kabel STP ini biasanya digunakan untuk outdoor (luar) karena di tengahnya terdapat kabel fiber yang berfungsi untuk melindungi kabel agar tidak mudah putus.

4. Kabel Serat Optik

Kabel Fiber Optic adalah kabel yang terbuat dari fiber glass yang memiliki transfer data sangat tinggi, biasanya digunakan oleh penyedia layanan internet (ISP) untuk terhubung ke backbone NAP. Kabel ini adalah media transmisi terbaru untuk standar Ethernet pada kabel LAN.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya bagikan mengenai pengertian dan fungsi kabel lan dalam jaringan komputer yang perlu anda ketahui. Semoga bisa bermanfaat dan dapat anda pahami dengan baik, cukup sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *