Struktur Cerpen: Pengertian, Unsur dan Ciri-cirinya - Mas Dzikry
Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Struktur Cerpen: Pengertian, Unsur dan Ciri-cirinya

2 min read

Mengenal struktur cerpen

Struktur Cerpen – Cerpen atau singkatan dari cerita pendek ialah sebuah karya sastra pendek yang mempunyai sifat fiktif, dan bercerita mengenai sosok atau tokoh yang didalamnya dan diceritakan secara ringkas dari awal pengenalan sampai akhir dari permasalahan yang telah dialami oleh tokoh di cerita tersebut.

Baca juga : tips cara memperjuangkan beasiswa luar negeri

Dalam teks cerpen biasanya hanya mengisahkan atau menceritakan satu permasalahan yang dialami oleh satu tokoh. Ciri-ciri cerpen pada umunya hanya terdiri tidak lebih dari 10.000 kata. Hal tersebut membuat cerpen dapat dibaca hingga selesai dalam sekali duduk.

Struktur Teks Cerpen

Dalam teks cerpen terdapat 6 (enam) struktur yang diperlukan untuk menyusun sebuah cerpen, dibawah ini merupakan struktur penyusun cerpen yang bisa kalian ketahui, diantaranya yaitu:

1. Abstrak

Struktur penyusun teks cerpen yang pertama ialah Abstrak, merupakan ringkasan, inti cerita yang akan dikembangkan menjadi rangkaian cerita.

Abstrak juga merupakan pemaparan dari awal cerita yang akan diceritakan. Struktur ini bersifat opsional yang berarti sebuah teks cerpen boleh tidak memakai struktur abstrak.

2. Orientasi (Pengenalan Situasi Dalam Cerita)

Merupakan struktur yang menjelaskan tentang pengenalan latar dalam cerita yang berkaitan dengan tempat, waktu dan juga suasana yang berkaitan dengan teks cerpen.

3. Komplikasi

Struktur teks cerpen ketiga yaitu Komplikasi, merupakan struktur cerpen yang menjelaskan urutan kejadian dalam cerita yang dihubungkan secara sebab akibat, sebuah masalah yang dihadapi oleh tokoh dalam cerita.

4. Evaluasi

Dalam struktur teks cerpen ini akan terjadi konflik yang terjadi dalam cerita, konflik tersebut merupakan puncak klimaks dari sebuah permasalahan dalam cerita.

5. Resolusi

Adalah struktur yang dimana pengarang akan mengungkapkan solusi yang dialami oleh tokoh atau akhir permasalahan dalam cerita tersebut.

6. Koda

Pada struktur Koda ini merupakan nilai-nilai atau pesan moral yang dapat dipetik di dalam teks cerpen yang dibaca.

Unsur-unsur Teks Cerpen

Didalam teks cerpen terdapat unsur-unsur yang terdapat didalamnya, ada dua unsur didalam teks cerpen yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

Unsur Intrinsik

Merupakan unsur teks cerpen yang terdiri dari tema, watak, latar, alur, plot, sudut pandang, penokohan dan amanat.

1. Tema (Theme)

Tema berbeda dengan judul, tema sendiri Merupakan pokok pikiran atau gagasan utama yang mendasari jalannya sebuah cerpen.

2. Watak

Watak sendiri merupakan sifat/watak dari pemeran atau tokoh yang ada dalam teks cerpen tersebut. Watak dapat dibagi menjadi tiga bagian yang meliputi:

  • Antagonis, mewakili sifat jahat.
  • Protagonis, mewakili sifat baik.
  • Netral, tidak mewakili sifat baik atau jahat.

3. Alur atau Plot

Unsur teks cerpen yang ketiga adalah Alur/plot yang Merupakan urutan atau kronologi dari peristiwa yang terjadi di dalam teks cerpen. Alur dibagi menjadi tiga bagian yakni, alur maju, alur mundur,  dan alur campuran.

4. Latar

Latar dalam sebuah cerpen dibagi menjadi 3 bagian yang meliputi latar waktu, latar tempat dan latar suasana.

  • Latar Tempat: Tempat kejadian atau peristiwa yang terjadi di dalam teks cerpen.
  • Latar Waktu: Waktu kapan kejadian atau peristiwa yang terjadi di dalam teks cerpen.
  • Latar Suasana: Gambaran suasana yang terjadi di dalam teks cerpen.

5. Sudut Pandang

Pada unsur ini menjelaskan dan berisi tentang pandangan pengarang terhadap cerpen. Di dalam cerita pengarang bisa menjadi orang ketiga atau orang pertama.

6. Amanat

Merupakan pesan moral yang disampaikan atau pelajaran yang bisa kita petik dalam sebuah teks cerpen.

Unsur Ekstrinsik

Unsur ekstrinsik ialah unsur yang membangun sebuah cerpen dari luar, Di dalam teks cerpen terdapat unsur Ekstrinsik berupa latar belakang yang terdapat dalam masyarakat. Misalnya keadaan sosial, ideologi, politik, budaya dan ekonomi masyarakat bahkan legenda yang terdapat di dalam masyarakat itu sendiri.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan koperasi simpan pinjam

Selain itu, unsur Ekstrinsik dari sebuah teks cerpen bisa berupa latar belakang pengarang baik itu berupa riwayat hidup, gaya penulisan, pengalaman pengarang.

Ciri-ciri teks cerpen

  • Fiktif atau (sebatas karangan dari penulis).
  • Tidak lebih dari 10.000 kata.
  • Jalan ceritanya pendek karena dapat dibaca hanya dengan sekali duduk.
  • Terdapat pesan moral di dalamnya.
  • Memiliki alur tunggal.
  • Mudah dipahami karena hanya ada satu jalan cerita.
  • Ditulis berdasarkan peristiwa yang ada di dalam kehidupan.
  • Meninggalkan kesan terhadap pembacanya.
  • Terdapat masalah dan penyelesaiannya yang ada di dalamnya.

Penutup

Itulah tadi struktur teks cerpen, mulai dari pengertian, unsur-unsur dan ciri-cirinya lengkap yang bisa Anda ketahui. Sekian dari saya semoga artikel mengenai struktur cerpen ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *