Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Tips Cara Melihat Prosesor Laptop Windows

1 min read

Cara Melihat Prosesor Laptop Windows

Prosesor pada laptop memiliki peran vital bagi komputer atau laptop, sehingga sangat penting bagi pengguna untuk mengetahui jenisnya. Di pembahasan ini, saya akan membagikan beberapa tips sederhana mengenai cara melihat prosesor laptop pada operasi sistem windows.

Baca juga : mengenal ciri-ciri hardisk laptop rusak

Perlu Anda ketahui, seluruh kinerja laptop atau komputer dapat terganggu ketika komponen processor mengalami masalah. Sehingga pengguna perlu mengetahui metode ini dalam melihat detail spesifikasi prosesor di komputer Anda.

Selain itu bagi pengguna yang ingin memiliki komputer atau laptop dalam kondisi baru dapat melihat terlebih dahulu prosesornya. Jika jenis prosesor yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, maka dapat digunakan dengan efektif dan bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan lebih cepat.

Tips Cara Melihat Prosesor Laptop

Berikut dibawah ini beberapa tips sederhana yang dapat Anda terapkan dalam mengetahui detail prosesor pada laptop atau windows, diantaranya yaitu:

1. Melalui Settings

Cara pertama yang dapat dilakukan oleh banyak pengguna laptop yaitu dengan melihat prosesor tersebut melalui pengaturan. Ketika pengguna telah mengaktifkan laptop, maka langsung saja menuju ke pengaturan yang dapat dikunjungi melalui ikon start. Pada pengaturan yang telah terbuka pengguna bisa memilih opsi sistem kemudian klik about.

Alhasil pengguna akan melihat semua spesifikasi laptop termasuk prosesor yang digunakan. Cara ini sangat mudah untuk ditemukan karena tidak membutuhkan berbagai aplikasi apapun. Pada pengaturan pengguna juga bisa melihat hal lainnya tentang laptop tersebut.

2. Melalui Fitur System Properties

Selain dapat dilihat melalui pengaturan ada cara lain yaitu menggunakan system properties yang tersedia pada laptop. Pertama-tama pengguna bisa menuju my computer yang dapat diakses melalui ikon start. Setelah pengguna menemukan opsi my computer maka dapat Klik Kanan pada mouse maupun laptop.

Baca juga : cara membuat virus trojan sederhana di windows

Setelah itu akan terlihat banyak opsi yang muncul yang salah satunya adalah properties. Klik properties dan pengguna akan melihat prosesor yang digunakan oleh laptop tersebut. Cara ini sangat simple dan juga lebih ringkas dibandingkan sebelumnya.

3. Melalui Terminal Laptop

Selanjutnya ada cara melihat prosesor laptop tanpa ribet yaitu dengan menggunakan terminal. Pengguna dapat mengetikkan Terminal melalui pencarian kemudian buka software tersebut.

Tunggu beberapa saat hingga terminal tersebut muncul dan ketik “sudo lshw”. Setelah itu akan muncul jenis prosesor yang digunakan oleh laptop tersebut.

Di setiap laptop akan memiliki Terminal karena software ini merupakan bawaan yang harus ada pada laptop. Selain terminal biasanya sebagian orang menyebutnya dengan CMD yang bisa digunakan oleh seseorang untuk belajar coding.

4. Melalui CPU-Z

CPU-Z merupakan salah satu software yang bisa memperlihatkan jenis prosesor pada laptop. Untuk menggunakannya pengguna harus mendownload terlebih dahulu kemudian jalankan pada laptop.

Setelah itu buka aplikasinya dan tunggu hingga beberapa saat maka semua informasi dan spesifikasi terkait laptop akan muncul. Pengguna juga akan mengetahui prosesor yang digunakan oleh laptop.

5. Menggunakan DXDIAG

DXDIAG adalah software yang akan digunakan oleh pengguna untuk mengetahui prosesor yang ada pada laptopnya. Berbeda dengan CPU-Z yang harus di-download terlebih dahulu, software ini merupakan bawaan dari Windows. Sehingga pengguna dapat membuka software tersebut dengan mengetikkan namanya melalui pencarian.

Baca juga : tips cara menghapus akun michat

Tunggu beberapa saat hingga software tersebut terbuka dan pengguna bisa melihat berbagai informasi yang salah satunya adalah prosesor laptop. Selain itu ada cara ringkasnya yaitu dengan Klik tombol Windows + R dan ketik dxdiag pada kolom yang tersedia.

Penutup

Itulah beberapa tips cara melihat prosesor laptop tanpa harus menggunakan aplikasi dan mudah dilakukan bagi semua pengguna. Pentingnya mengetahui jenis processor yang ada pada laptop dapat membantu seseorang untuk memilih laptop sesuai kebutuhan.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.